Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Singkat dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Singkat - Setelah mempelajari contoh kalimat eksposisi beserta pengertiannya, kali ini kita akan membahas tentang paragraf eksposisi. Tentu kalian masih ingat apa itu arti 'eksposisi' kan? What? Lupa? Yaudah deh silakan dibaca lagi artikel sebelumnya disini: Pengertian dan contoh kalimat eksposisi lengkap. Bagaimana? sudah dibaca? Yup, kalau sudah, kita akan langsung belajar tentang paragraf eksposisi dan macamnya. Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi tentang sejumlah informasi yang disampaikan kepada pembaca. Dalam menyusun paragraf eksposisi, kita harus menentukan topik yang akan kita bahas. Selanjutnya memberikan beberapa kalimat pendukung, bisa berupa data faktual atau opini yang menguatkan topik tersebut. Ada 8 jenis paragraf eksposisi, berikut ini adalah penjelasan singkat dan contoh paragrafnya:

Contoh paragraf eksposisi singkat dan pengertiannya
Google Image

Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Singkat 


1. Eksposisi Definisi

Eksposisi definisi adalah paragraf yang menjelaskan suatu definisi atau pengertian suatu topik yang dibahas.

Contoh: 

Kemoterapi adalah metode terapi untuk membunuh atau menghambat perkembangan kanker dengan memasukkan zat kimia tertentu pada tubuh penderita kanker. Tujuan utama kemoterapi adalah untuk membasmi sel kanker hingga ke bagian akarnya yang tidak dapat dijangkau oleh pisau bedah. Selain itu, kemoterapi juga mempunyai fungsi sebagai pengontrol sel kanker agar tidak berkembang biak secara liar.


2. Eksposisi Proses

Paragraf eksposisi proses adalah paragraf yang menerangkan atau menjelaskan proses terjadinya sesuatu secara detail.

Contoh:

Perlu proses yang panjang untuk menghasilkan kopi luwak yang nikmat. Biji kopi yang benar-benar segar dan berwarna merah yang akan digunakan. Selanjutnya, biji kopi disortir untuk memisahkan biji kopi yang segar dan busuk dengan cara direndam. Biji kopi yang baik akan tenggelam, sedangkan yang busuk akan mengapung. Kemudian biji kopi tersebut diberikan kepada musang atau luwak jenis binturong dan bulan (luwak pemakan kopi). Dalam proses ini, luwak mempunyai peran yang sangat penting dimana indra penciumannya hanya akan memilih biji kopi yang sempurna. Setelah musang atau luwak memakan biji kopi tersebut, selanjutnya biji kopi mengalami fermentasi di dalam lambung musang yang kemudian akan dikeluarkan kembali bersama kotoran musang. Setelahnya, biji kopi (kotoran luwak) tersebut dicuci terlebih dulu untuk mensucikan kopi tersebut, hal ini sesuai dengan anjuran MUI. Kemudian dijemur dan digiling. Sebelum akhirnya diproses menjadi kopi luwak yang lezat.

Baca juga artikel bermanfaat lainnya berikut ini:
1. Contoh kata pengantar makalah proposal terbaru
2. Cara membuat kata penutup makalah dan contohnya
3. Jenis-jenis paragraf dan contohnya lengkap
4. Contoh karangan eksposisi tentang pendidikan terbaru
5. Definisi dan contoh paragraf deduktif, induktif, dan campuran lengkap

3. Eksposisi Pertentangan

Paragraf eksposisi pertentangan adalah paragraf yang menjelaskan sesuatu yang saling bertentangan. Umumnya berupa dua ilustrasi yang saling bertentangan.

Contoh:

Orang sukses selalu berpikir positif di setiap proses yang sedang dijalani. Mereka mampu melihat setiap peluang yang ada dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Sebaliknya, orang gagal selalu mengeluh dan mudah putus asa dalam menjalani proses. Mereka selalu melihat setiap hal dengan pandangan negatif dan tidak mampu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.


4. Eksposisi Klasifikasi

Paragraf eksposisi klasifikasi adalah paragraf yang menjelaskan atau memaparkan suatu topik dengan cara mengelompokkan (mengklasifikasikan).

Contoh:

Proses pendidikan anak harus dibedakan berdasarkan umur. Hal ini dikarenakan proses pola pikir anak yang berbeda. Tingkatan pertama adalah pendidikan anak usia 0-3 tahun. Dalam usia tersebut anak masih sangat membutuhkan perhatian lebih orang tua. Sebaiknya orang tua jangan terlalu memaksakan mereka untuk mengikuti apa yang kita contohkan. Tingkatan kedua adalah pendidikan anak usia 4-10 tahun. Dalam usia tersebut anak akan sangat mudah sekali meniru apa yang orang lain lakukan, baik tutur kata, perbuatan, dan lain sebagainya. Disini, peran orang tua sangat pentig dalam memberikan contoh yang baik untuk anak dan menjaga mereka dari pengaruh lingkungan. Tingkatan yang ketiga adalah usia 10 tahun keatas. Dalam usia ini, anak sudah mulai mampu berpikir lebih dewasa. Mereka cenderung sudah mempunyai privasi dan kehidupan pribadi. Disini peran orang tua sangat besar dalam mendidik anak, karena orang tua adalah cerminan dari karakter anak.


5. Eksposisi Ilustrasi

Paragraf eksposisi ilustrasi adalah paragraf yang menjelaskan suatu topik dengan menggambarkan (mendeskripsikan) suatu hal yang memiliki kesamaan atau kemiripan dengan topik tersebut.

Contoh:

Hubungan antara muslim dengan muslim lainnya ibarat satu anggota tubuh. Mereka akan merasakan sakit apabila salah satu anggota tubuh lainnya sakit. Sehingga benar apa yang disabdakan nabi,”sesama muslim adalah saudara”.


6. Eksposisi Berita

Paragraf eksposisi berita adalah paragraf yang memberikan informasi tentang suatu peristiwa secara akurat dan detail.

Contoh:

Banjir bandang yang melanda desa Toto Harjo, Jawa Tengah pada hari kamis kemarin telah merendang ratusan rumah warga dan 7 orang dinyatakan hilang. Banjir tersebut terjadi pada dini hari di saat orang tengah terlelap. Banjir terjadi disebabkan hujan yang telah mengguyur desa Toto Harjo dari pagi sampai sekarang belum berhenti. Akibatnya sungai tidak mampu menampung volume air.


7. Eksposisi Analisis

Paragraf eksposisi analisis adalah paragraf yang menjelaskan suatu topik dengan memberikan beberapa pandangan atau analisa ilmiah (bisa berupa contoh atau data faktual yang berhubungan dengan topik tersebut).

Contoh:

Malaysia Airlines MH17 Boeing 777 yang jatuh di Ukraina masih belum dievakuasi oleh pemerintah setempat. Hal ini disebabkan pesawat tersebut terjatuh tepat di daerah konflik. Muncul spekulasi bahwa pesawat tersebut jatuh bukan karena kerusakan mesin, melainkan karena ditembak jatuh oleh para pemberontak Ukraina yang mengira pesawat tersebut adalah pesawat milik pemerintah Ukraina.


8. Eksposisi Perbandingan

Paragraf eksposisi perbandingan adalah paragraf yang menjelaskan atau memaparkan suatu topik dengan membandingkan hal lain yang masih berkaitan.

Contoh:

Hukuman bagi para koruptor di Indonesia terbilang masih sangat lemah. Bahkan penegak hukum dengan mudahnya disuap untuk meringankan proses hukuman. Banyangkan saja, koruptor ratusan miliyar hanya mendekam di penjara selama 3 tahun saja. Pantas saja korupsi di Indonesia semakin meningkat. Berbeda dengan pemerintahan China yang menerapkan hukuman mati bagi para koruptor. Sehingga tingkat pidana korupsi di China sangat sedikit.

Nah, itulah contoh paragraf eksposisi singkat dan beserta jenis paragrafnya. Semoga bisa membantu kalian dalam mempelajarinya. Terimakasih.

Jangan lupa baca juga 2 contoh paragraf eksposisi terbaru nih..
Pengertian dan Contoh Paragraf Eksposisi Singkat dalam Bahasa Indonesia | ikhwan mukhlisi | 5