Contoh Majas Alegori beserta Arti dan Pengertiannya

Bahasa Inggrisku - Contoh Majas Alegori beserta Pengertiannya - Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang contoh majas simile. Masih ingatkan apa itu majas simile? Yup benar sekali, majas yang menggambarkan sesuatu dengan menggunakan kata penghubung (seperti, ibarat, layaknya, laksana, dll). Untuk lebih jelasnya silakan kalian baca kembali artikelnya disini: Pengertian dan contoh majas simile. 

Kali ini kita akan belajar tentang pengertian majas alegori. Alegori berasal dari bahasa Inggris 'Allegory' yang bermakna 'kiasan'. Majas alegori umumnya disajikan dalam bentuk paragraf yang berfungsi untuk memberikan kiasan atau gambaran (perumpamaan) lain terhadap sesuatu yang sedang kita jelaskan. Misalkan kita ingin menjelaskan tentang arti kehidupan dengan menggambarkannya seperti berpetualangan di sebuah hutan yang lebat sekali. Kehidupan sendiri adalah hutannya, sedangkan kita adalah petualangnya, dan seterusnya. Penasaran dengan contoh selengkapnya? Yuk langsung saja kita pelajari bersama.

Contoh Majas Alegori beserta Arti dan Pengertiannya
Contoh majas alegori
Google Image

Contoh Majas Alegori beserta Arti dan Pengertiannya


Contoh 1 

Kehidupan seperti air yang mengalir dari sungai menuju lautan yang luas. Sebelum sampai pada lautan luas, air akan melewati banyak sekali halangan dan rintangan ketika menelusuri aliran sungai. Mengalir melalui tebing dan mengalir deras pada sebuah jurang, yang di bawahnya terdapat bebatuan yang tajam. Namun sesulit apapun rintangan, air akan terus mengalir sampai menemukan kebahagiaan, yaitu lautan yang luas. 

Artinya: Dalam contoh tersebut saya mencoba menjelaskam kehidupan merupakan sebuah perjalanan yang panjang dan sulit yang harus kita lalui. Ada banyak sekali cobaan yang kita hadapi. Namun cobaan hidup hanyalah sekedar cobaan sesaat saja. Kita harus menghadapi cobaan tersebut dengan sabar dan ikhlas. Selain itu, kita harus pandai mengambil pelajaran atau hikmah bahwa dibalik cobaan hidup tersebut ada sebuah kebahagiaan yang akan kita raih. Kita harus belajar dari air yang terus mengalir meski harus melewati berbagai medan untuk menuju ke lautan luas. Sama seperti kita, harus menghadapi cobaan demi mendapatkan kebahagiaan. 


Contoh 2:

Pernikahan seperti sebuah gunung. Gunung terlihat indah dan menawan dari kejauhan. Langit biru dan awan putih semakin menambah keanggunan sebuah gunung. Ditambah dengan hijaunya pepohonan. Air terjun dan salju semakin membuat kita terperangah akan indahnya sebuah pegunungan. Namun, untuk menikmati keindahan gunung perlu persiapan yang sempurna. Karena banyak sekali misteri di dalamnya. Banyak sekali jurang-jurang yang curam yang siap menerkam kita di saat kita lengah. Itulah pernikahan.

Artinya: Pernikahan memang awal dari kebahagiaan. Banyak sekali kebahagiaan yang diraih dengan pernikahan. Namun sebagian orang tidak melihat bagaimana meraih sebuah kebahagiaan dalam pernikahan. Mereka hanya memandang keindahannya saja. Kemesraan setiap kali melihat sepasang suami istri keluar. Padahal, perlu pengorbanan dalam sebuah pernikahan. Perlu persiapan yang sempurna untuk mewujudkan pernikahan yang sakinah mawadah wa rohmah. Disinilah saya menggambarkan pernikahan dengan gunung yang menawarkan sejuta pesona dalam kejauhan. Namun ketika kita mendakinya, banyak sekali rintangan yang harus kita lalui, seperti jalan terjal, jurang, tebing, cuaca ekstrim, dan masih banyak sekali yang harus kita hadapi sebelum mencapai puncak gunung (kebahagiaan). 

Nah itulah contoh majas alegori beserta pengertiannya yang bisa saya berikan. Bagaimana? Sudah bisa menyusun sendiri ya? Bisa dong.. Intinya dalam membuat contoh majas alegori harus menggunakan perumpamaan. 
Contoh Majas Alegori beserta Arti dan Pengertiannya | ikhwan mukhlisi | 5