Contoh Majas Simile beserta Arti dan Pengertiannya

Bahasa Indonesiaku - Contoh Majas Simile - Tentu kita tidak asing lagi dengan kata 'majas' dalam pelajaran bahasa Indonesia. Bahkan sadar atau tidak, kita sering kali menggunakan majas dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, apa sih arti kata majas itu? Sesuai dengan KBBI arti kata majas adalah "cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakannya dengan sesuatu yg lain" atau biasa disebut dengan 'Kiasan".  Artinya, kita menggunakan majas untuk menggambarkan sesuatu dengan sesuatu yang lainnya.
contoh majas simile
Google Image

Ada banyak sekali jenis majas dalam bahasa Indonesia. Salah satunya adalah majas simile. Majas simile adalah majas yang  membandingkan sesuatu (makhluk hidup atau benda mati) dengan sesuatu yang lainnya, dengan menggunakan kata penghubung tertentu. Berikut ini adalah kata penghubung yang digunakan dalam majas simile:

1. Layaknya...
2. Seperti...
3. Bagai(kan)...
4. Laksana... 
5. Bak...
6. Semisal...
7. Seumpama...
8. Serupa...

Itulah kata penghubung yang digunakan pada majas simile. Tentu kalian sudah bisa menggambarkan bagaimana membuat contoh majas simile dengan kata penghubung tersebut, kan?? Contoh: Langkahnya begitu gagah berani layaknya tank baja yang siap bertempur.

Contoh di atas membandingkan keberanian seseorang yang pemberani dengan tank baja yang siap bertempur. Artinya, contoh majas tersebut mengungkapkan keberanian seseorang sehingga menggunakan perumpamaan tank baja yang keras. Bagaimana? Sudah bisa membuat contoh majas simile sendiri? Intinya adalah kalian membandingkan sesuatu dengan menggunakan kata penghubung yang telah disebutkan tadi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini saya berikan beberapa contoh majas simile lainnya. Disimak ya.

Contoh Majas Simile


Berikut ini adalah beberapa contoh majas simile yang bisa kalian jadikan referensi dalam membuat contoh majas lainnya. 


1. Sulit sekali membedakan Evita dan Devita. Wajah mereka bagaikan pinang dibelah dua.
Artinya: Sulit sekali membedakan kedua wajah Evita dan Devita, karena mereka kembar indentik.

2. Senyuman adinda layaknya mentari di pagi hari.
Artinya: Senyuman adinda sangat menyenangkan sehangat sinar mentari di pagi hari.

3. Suara lantangnya bak petir di saat hujan lebat.
Artinya: Suaranya sangat lantang dan menakutkan, seperti petir di saat hujan deras. 

4. Wajahnya yang cantik seumpama bidadari langit ke tujuh.
Artinya: Wajahnya sangat cantik sehingga diibaratkan bidadari langit.

5. Cinta ibu kepada anaknya laksana rembulan di gelapnya malam. 
Artinya: Cinta dan kasih sayang ibu sangat luas seperti sinar rembulan di tengah gelap gulita.

6. Tingkah lakunya seperti malaikat pencabut nyawa.
Artinya: Perilakunya sangat menakutkan atau kasar.

Nah itulah beberapa contoh majas simile beserta artinya yang bisa saya berikan. Untuk menguasai berbagai jenis majas, kalian hanya perlu rajin membaca dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Alangkah benar ungkapan 'buku adalah jendela dunia', sedang 'membaca adalah membuka jendela dunia'. Yuk kita tingkatkan semangat membaca kita. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menginspirasi kalian semua. Terimakasih.
Contoh Majas Simile beserta Arti dan Pengertiannya | ikhwan mukhlisi | 5