Cara Membuat Kata Penutup Makalah dan Contohnya

Bahasa Indonesiaku - Cara membuat kata penutup makalah dan contohnya – Sebelum kita membuat kata penutup makalah, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimasud dengan makalah. Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibicarakan / dibacakan di muka umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan; karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi (KBBI, 700: 2005). Makalah dibagi menjadi tiga jenis, yaitu makalah deduktif, makalah induktif, dan makalah campuran.

Menulis makalah berbeda dengan menulis karangan. Dalam menulis makalah ada sistematika atau susuanan yang perlu diperhatikan. Sistematika penulisan makalah adalah sebagai berikut:

a. Judul 
b. Pendahuluan
Pendahuluan adalah bagian dari makalah yang mengemukakan persoalan yang akan dibahas (latar belakang, rumusan masalah, prosedur pemecahan masalah, dan sistematika uraian).
c. Isi 
Bagian ini berisi penjelasan dan penjebaran tentang jawaban dari rumusan masalah yang ada dibagian pendahuluan. Selain itu, bagian ini juga berisi kajian teori atau bahan referensi apa saja yang dipakai dalam pembuatan makalah.
d. Kesimpulan
Bagian ini berisi menyimpulkan apa saja yang telah ditulis dalam makalah. Kesimpulan lebih pada aris besar penjelasan dari rumusan masalah.

Dalam menulis setiap bagian dari sistematika makalah haruslah menggunakan referensi yang jelas. Pada tulisan ini hanya akan berfokus pada kata penutup dalam kesimpulan makalah. Dalam  menulis kesimpulan untuk makalah, ada beberapa unsur yang harus masuk di dalamnya gaar sesuai dengan stndard umum pembuatan makalah, yaitu

a. Isi dalam kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema yang mana bentuknya dapat berupa implikasi (kesimpulan berdasar data) dan dapat jua berupa inferensi.

b. Isi dalam kesimpulan sebaiknya mengandung saran-saran yang ditujukan kepada pembaca.

c. Kesimpulan makalah sebaiknya dibuat dengan menggambarkan secara singkat isi dari karya ilmiah yang telah dijelaskan sebelumnya
d. Dalam membuat kesimpulan karya tulis ilmiah, hindari menyimpulkan materi yang tidak dibahas dalam pembahasaan.

Baca juga artikel terkait berikut i.ni:
1. Contoh Kata Pengantar Makalah Proposal Terbaru
2. Contoh Paragraf Eksposisi Terbaru
3. Contoh kalimat homonim, homograf, dan homofon terbaru

Berikut cara membuat kata penutup makalah dan contohnya.

a. Memilih kata, ejaan, kalimat, dan adanya kata penegas hubungan dengan isi makalah (dengan demikian, berdasarkan penjelasan di atas, jadi; dapat disimpulkan).
b. Singkat dan jelas.
c. Sesuai dengan isi makalah
d. Permintaan maaf
e. Permintaan kritik dan saran

Contoh kata penutup makalah

Contoh 1

BAB 3
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa bahasa sangatlah penting dalam berkomunikasi. Tanpa bahasa, orang akan kebingungan saat akan menyampaikan sesuatu. Selain itu, penggunaan bahasa juga perlu diperhatikan. Dalam makalah yang berjudul “Penggunaan Bahasa yang Baik dan Benar” dikatakan bahasa yang baik dan benar adalah baik berarti sopan santun, sesuai dengan kaidah kebahasaan, sedangkan benar berarti tepat pada tempatnya. Kita dapat menggunakan bahasa yang baku jika memang sedang berada dalam keadaan formal bukan dalam keadaan nonformal. Begitu juga sebaliknya.
3.2 Saran
Penulis menyadari bahwa masih jauh dari kata sempurna, hingga penulis merasa masih perlu belajar lagi dalam membuat makalah. Dengan demikian, penulis berharap kepada pembaca mau memberikan saran dan kritik terhadap makalah ini. Penulis juga meminta maaf jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan dalam penulisan makalah ini. Selain itu, penulis berharap makalah ini dapat menjadi referensi dan membantu pembaca dalam menyelesaikan tugasnya tentang “Penggunaan Bahasa yang Baik dan Benar”.


Contoh Kalimat Penutup Makalah 2

BAB 3
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan di atas tentang “Penggunaan Bahasa yang Baik dan Benar”, dapat ditarik kesimpulan bahawa penggunaan bahasa sangatlah penting. Tidak hanya bahasa yang digunakan dalam kondisi formal, melainkan juga dalam kondisi nonformal. Baik bahasa lisan maupun tulisan tetaplah harus memenuhi kaidah kebahasaan yang ada. 
3.2 Saran
Demikian pemaparan tentang “Penggunaan Bahasa yang Baik dan Benar” oleh penulis. Penulis sadar masih ada kekurangan dalam penulisannya. Untuk itu, penulis berharap kepada pembaca bersedia memberikan saran maupun kritik kepada penulis mengenai makalah ini. Meskipun demikian, penulis berharap makalah ini bermanfaat bagi para pembaca.


Demikian penjelasan cara membuat kata penutup makalah dan contohnya, semoga dapat menjadi referensi dan menambah wawasan kalian semua. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ada banyak sekali artikel yang bermanfaat seputar materi bahasa Indonesia. Terimakasih.

Cara Membuat Kata Penutup Makalah dan Contohnya | ikhwan mukhlisi | 5