Contoh Karangan Argumentasi dan Pembahasannya Terbaik

Bahasa Indonesiaku - Contoh karangan argumentasi dan pembahasannya – Argumentasi adalah bentuk retrorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. Argumentasi merupakan suatu dasar yang paling fundamental dalam ilmu pengetahuan. Dalam menulis karangan argumentasi ada beberapa dasar dan sasaran yang harus diperhatikan sebagai tolak argumentasi. Berikut ini ada lima dasar/ prinsip yang harus diperhatikan dalam menulis contoh karangan argumentasi dan pembahasannya.

Contoh karangan argumentasi dan pembahasannya

1. Pembicara atau pengarang harus mengetahui serba sedikit tentang subjek yang akan                             dikemukakannya, sekutang-kurangnya mengenai prinsip-prinsip ilmiahnya. 
2. Pengarang harus bersedia mempertimbangkan pendangan-pandangan atau pendapat-pendapat             yang bertentangan dengan pendapat sendiri.
3. Pembicara atau penulis argumentasi harus berusaha untuk mengemukakan pokok persoalnya               dengan jelas. 
4. Pembicara atau penulis harus menyelidiki persyaratan mana yang maish diperlukan bagi tujuan-         tujuan lain yang tercakup dalam persoalan yang dibahas itu, dan samapai mana kebenaran dari             pernyataan yang telah dirumuskan itu.
5. Dari semua maksud dan tujuan yang terkandung dalam persoalan itu, maksud yang mana yang           lebih memuaskan pembicara atau penulis untuk menyampaikan masalahnya.

Selain prinsip atau dasar, dalam menulis contoh karangan argumentasi dan pembahasannya juga harus memperhatikan adalah sasaran. Sasaran harus diperhatikan untuk membatasi persoalan dan menetapkan titik “ketidaksesuaian” dan untuk diamankan oleh setiap pengarang argumentasi. Ada empat sasaran dalam karangan argumentasi yaitu,

1. Argumentasi harus mengandung kebenaran untuk mengubah sikap dan keyakinan orang                       mengenai topik yang akan diargumentasikan.
2. Pengarang harus berusaha untuk menghindari setiap istilah yang dapat menimbulkan prasangka           tertentu.
3. Sering muncul ketidaksepakatan dalam istilah-istilah.
4. Pengarang harus menetapkan secara tepat titik ketidaksepakatan yang akan diargumentasikan.

Baca juga artikel terkait berikut ini:

Dalam menulis karangan argumentasi, ada tiga bagian yang perlu diperhatikan, yaitu pendahuluan, tubuh argumen (isi), dan kesimpulan atau rinkasan.

1. Pendahuluan
Pendahuluan adalah bagian yang berguna untuk menarik perhatian pembaca, memusatkan pikiran pembaca kepada argumen-argumen yang akan disampaikan. Pada bagian pendahuluan, harus banyak mengandung bahan yang digunakan untuk memaparkan argumen.

Dalam bagian pendahuluan ada beberapa segi yang harus diperhatikan, yaitu:
a. Penulis harus menegaskan mengapa persoalan itu dibicarakan pada saat ini.
b. Penulis/ pembicara harus menjelaskan juga latar belakang historis yang memiliki hubungan langsung dengan persoalan yang akan diargumentasikan, dengan demikian pembaca/ pendengar dapat memperoleh pengertian dasar menegnai hal tersebut.
c. Dalam bagian pendahuluan penulis kadang harus mengakui adanya persoalan-persoalan yang tidak dimasukkan dalam argumentasi.

2. Tubuh argumentasi (isi)
Dalam menyusun tubuh argumentasi, kebenaran dalam jalan pikiran dan konklusi itu harus mencakup beberapa kemahiran tertentu. Seperti, kecermatan mengadakan seleksi fakta yang benar, penyusunan bahan, secara baik dan teratur, kekritisan dalam proses berpikir, penyuguhan fakta, evidensi, kesaksian, premis, dan sebagainya dengan benar. Dalam membuat tubuh argumentasi, semua itu harus melalui observasi, eksperimen, penyusunan fakta, evidensi, dan jalan pikiran yang logis.

3. Kesimpulan dan ringkasan
Kesimpulan dan ringkasan haruslah masih menjaga tujuan awal penulisan argumentasi dan menyegarkan kembali ingatan pembaca tentang apa yang telah dicapai.

Selain penjelasan di atas, dalam menulis contoh karangan argumentasi dan pembahasannya haruslah menggunakan metode yang cocok untuk pembicara atau penulis. Ada 7 metode yang digunakan untuk menulis argumentasi, yaituenus atau definisi, sebab dan akibat, srkumstansi, persamaan, perbandingan, pertentangan, kesaksian dan autoritas.

Berikut salah satu contoh karangan argumentasi tentang lingkungan yang menggunakan metode perbandingan.

Lingkungan

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam. Lingkungan berperan besar dalam kelangsungan hidup manusia. Namun, saat ini kerusakan lingkungan telah terjadi di mana-mana, bahkan hampir di seluruh dunia seperti lingkungan sungai, laut, pantai, hutan, dan danau sudah mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan oleh dua hal, yaitu faktor alam dan faktor manusia yang tidak bertanggungjawab atas tindakannya. Manusia-manusia yang tidak bertanggungjawab banyak yang mengambil manfaat dari lingkungannya tanpa mau merawat atau mereboisasi lingkungan yang telah mereka rusak. Mereka bersikap sangat egois dan tidak peduli dengan dampak yang akan terjadi dari apa yang mereka lakukan. Meskipun, banyak dari mereka yang paham betul dampak-dampak yang akan terjadi dari tindakan mereka, tapi mereka cenderung pura-pura tidak tau dengan alasan ekonomi.

Tidak hanya kerusakan hutan, sungai dan lautpun mengalami pencemaran lingkungan. Tidak heran jika saat ini banyak bencana alam yang terjadi di dunia. Bukan karena alam tidak sayang dengan kita, tapi karena kita yang tidak bisa menyayangi alam dengan baik. Tanah longsor, salah satu benca alam yang terjadi akibat ulah manusia yang menebang pohon sembarangan. Perbuatan itu menyebabkan tidak adanya cukup akar yang menjadi penahan dan daya serap air dan akhirnya menggerus tanah. Membuang sampah sembarangan yang menyebabkan menumpuknya sampah dan menutup/ menyumbat aliran air, hingga terjadi banjir.

Banyak bencana yang tanpa disadari berasal dari manusia. Bencana-bencana yang terjadi tidakkah menyadarkan kita bahwa semua perlu diperbaiki bila perlu dihentikan. Alam seakan membalas atas apa yang manusia lakukan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, esok, dan selamanya, kita harus merawat, menjaga, dan melestarikan lingkungan sekitar kita. Bersahabat dengan alam berarti hidup tenang dan nyaman. 

Demikianlah contoh karangan argumentasi dan pembahasannya, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca dalam melengkapi tugas dan menambah wawasan tentang karangan argumentasi. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ada banyak sekali artikel-artikel yang bermanfaat lainnya tentang materi pelajaran bahasa Indonesia. Terimakasih.
Contoh Karangan Argumentasi dan Pembahasannya Terbaik | ikhwan mukhlisi | 5