Contoh Surat Pribadi Untuk Teman dan Keluarga Terbaik

Bahasa Indonesiaku - Contoh surat pribadi untuk teman dan keluarga – Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Surat memiliki beberapa fungsi, yaitu sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran dan gagasan, alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Ada lima jenis surat yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu surat pribadi, resmi, niaga, dinas, lamaran pekerjaan. 

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tertulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi, bukan sebagai wakil atau utusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.  Contoh surat pribadi untuk teman dan keluarga – Surat pribadi berbeda dengan surat resmi yang mmeiliki pola tertentu dan menggunakan bahasa yang baku/ formal. Selain itu, dalam menulis surat pribadi hanya perlu memikirkan aturan diluar kebahasaan bahasa Indonesia. 

Dalam menulis surat pribadi yang perlu diperhatikan adalah tata etika atau sopan santun dalam bersurat, khususnya digunakan untuk mengirimkan surat kepada yang lebih dewasa dan orang yang baru dikenal. Ada dua hal yang perlu diperhatikan penulis/ pengirim dalam menulis surat pribadi, yaitu penerima surat dan tujuan pemberian surat. Dalam hal penerima surat ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu usia penerima surat, jenis kelamin penerima surat, dan hubungan yang ada antara pembuat dengan penerima surat (akrab, tidak akrab, atau baru kenal). Dalam hal tujuan surat ada tujuh hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengundang, mengajukan permohonan (berupa barang atau informasi), menjawab undangan (menolak atau menerima), merencanakan sesuatu, memohon maaf, mengucapkan selamat atas sesuatu hal atau mengucapkan simpati atau suatu musibah, dan mengucapkan terima kasih.

Baca artikel terkait contoh surat berikut ini ya:

1. Contoh surat resmi dan tidak resmi lengkap
2. Pengertian dan contoh surat dagang beserta macamnya lengkap
3. Pengertian dan contoh surat berita acara lengkap

Berikut adalah pola dan Contoh surat pribadi untuk teman dan keluarga yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Pola surat pribadi 

(1) Alamat Surat
(2) Tanggal Pembuatan Surat
(3) Pembuka
(4) Pengantar: Salam
(5) Kalimat pembuka paragraf pertama
(6) isi surat
(7) penutup


(8) Salam akhir
(9) Nama dan Tanda tangan


Contoh Surat Pribadi Untuk Teman dan Keluarga

Hal- hal di atas digunakan untuk memperhatikan ragam bahasa yang akan digunakan dalam menulis surat pribadi. Berikut ini adalah contoh surat pribadi untuk teman dan keluarga dengan berbagai tujuan.

1. Contoh surat pribadi untuk teman dan keluarga yang bertujuan mengundang/ undangan

Sragen, 24 April 2045
Hallo, Eno
            Apa kabar Eno? Aku dengar kamu akan pindah di Bandung ya dan sedang sibuk mencari tempat kos. Kalau kau sempat, mampirlah ke rumahku, kau bisa tinggal sementara kau belum mendapatkan tempat tinggal. Jangan kawatir, aku sudah bicarakan dengan kedua orantuaku dan mereka menyetujuinya. Senang sekali jika kita bisa bermain bersama lagi.
            Sekian dulu ya Enyo aku tunggu kabar baik darimu.

Sahabatmu

 Shelly Dirgantari


Beberapa uangkapan yang digunakan dalam mengundang adalah singgahlah ke rumahku, kamu juga bisa tinggal..., bagaimana kalau kamu tinggal di rumahku..., dan saya pikir sebaiknya kamu tinggal di rumahku..., atau jika surat undangan ditujukan kepada seseorang yang usianya lebih tua atau seseorang yang belum kamu kenal dapat menggunakan ungkapan seperti Kami sekeluarga mengundang Bapak/ Ibu/ Om/ Tante untuk menghadiri...., kami sangat mengharapkan kedatangan Bapak/ Ibu/ Om/ Tante...., 


2. Contoh surat pribadi untuk teman dan keluarga yang bertujuan mengundang/ undangan

Dalam menulis surat pribadi ada lima bentuk ragam bahasa yang digunakan, yaitu bentuk santun, bentuk formal, bentuk informal, meminta penjelasan, dan bentuk ragu-ragu. Contoh dalam bentuk santun adalah sebelumnya, saya minta maaf. Jika tika tidak keberatan, saya hendak..., kalau memungkinkan dan tidka merepotkan, saya hendak....,bentuk formal melalui surat ini, saya ingin meminta tolong..., jika tidak keberatan, saya hendak..., bentuk informal kalau sempat, tolong dong bantu..., kalau kamu nggak sibuk bisa..., tolong ya bantuin aku.... meminta penjelasan jika kamu memiliki waktu, kamu bisa jelaskan awal mula kejadian itu..., saya berharap kamu dapat mencerikan kejadian itu kepada saya...., dan yang terakhir adalah bentuk ragu-ragu mungkinkah jika saya tinggal di rumahmu.., saya tetap tidak bisa berharap banyak , tetapi jika memungkinkan....,

Bandung, 20 April 2019
Assalamualaikum. Wr. Wb. Tante Ratna
            Hai tante Ratna, bagaimana kabarnya?  Semoga baik-baik saja. Rencananya, minggu depan aku akan mengadakan pesta ulang tahunku yang ke 17 tahun, jika memungkinkan atau ada waktu luang aku mengharapkan kedatangan tante dan keluarga pada hari Senin 27 April 2019. Kedatangan tante sangatlah berarti buat aku.
            Sekian dulu surat dari aku tante, aku tunggu kabar baik dari tante.
Keponakanmu


Farida Subarjati


3.      Contoh surat pribadi untuk teman dan keluarga yang bertujuan mengundang/ undangan

           Contoh model surat yang digunakan untuk membalas, yaitu model penolakan dan model penerimaan. Berikut ini adalah contoh dari masing-maisng model. Ungkapan yang sering digunakan untuk menerima undangan adalah saya gembira sekali mendapatkan tawaran...., saya sangat senang memiliki kesempatan untuk datang, terima kasih sudah mengundang saya, dengan senang hati saya akan datang pada....,. Ungkapan yang sering digunakan untuk menolak surat undangan mohon maaf sebesar-besarnya jika saya belum dapat memenuhi undangan Anda untuk...., saya sangat menyesal untuk menatakan ini, saya tidak dapat..., saya minta maaf karena berhalangan hadir ....,

Demikian penjelasan dan Contoh surat pribadi untuk teman dan keluarga. Semoga artikel ini dapat menambah referensi kalian dalam membuat surat pribadi untuk sahabat yang baik dan benar. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian manfaatkan lho. Terimakasih.
Contoh Surat Pribadi Untuk Teman dan Keluarga Terbaik | ikhwan mukhlisi | 5