Contoh Teks Prosedur Kompleks terbaik dan Pengertiannya

Bahasa Indonesiaku - Contoh teks prosedur kompleks dan pengertiannya – Sebelum kita membuat contoh teks prosedur kompleks, ada baiknya kita mengerti apa pengertian teks prosedur kompleks. Teks prosedur komplek adalah teks yang berisi langkah-langkah atau tahap-tahap yang harus dilakukan oleh seseorang untuk memudahkan seseorang dlaam melakukan sesuatu. Dalam menyusun teks prosedur komplek, penulis harus mengetahui terlebih dahulu apa saja hal yang perlu diperhatikan. Dalam menulis teks prosedur kompleks, ada dua hal yang yang perlu diperhatikan, yaitu struktur teks dan kebahasaan.

Struktur teks yang ada dalam teks prosedur kompleks adalah judul, tujuan, dan langkah-langkah. Judul merupakan suatu penanda untuk memudahkan seseorang melakukan sesuatu. Dengan melihat judul atau memberikan judul pada teks prosedur kompleks, maka pembaca akan lebih cepat menemukan dan melakukan suatu kegiatan. Judul haruslah dibuat semenarik mungkin, agar pembaca teks prosedur lebih tertarik untuk membaca dan melakukannya. Tujuan/ pembuka  adalah  merupakan suatu tulisan yang berisi mengenai tujuan atau hasil apa yang akan dicapai melalui suatu proses. Langkah-langkah adalah tahapan yang harus dilakukan oleh seseorang agar tujuan seseorang itu tercapai sesuai dengan yang diinginkan dengan tepat dan cepat. Dalam langkah-langkah terdapat bahan atau alat yang digunakan untuk mempermudah melakukan suatu hal. Dengan mengikuti prosedur yang ada, seseorang dapat lebih mudah melakukan sesuatu dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Contoh Teks Prosedur kompleks dan Pengertiannya – Selain struktur teks, ada unsur kebahasaan yang perlu diperhatikan dalam menulis contoh teks prosedur kompleks dan pengertiannya. Unsur kebahasaan yang ada dalam teks prosedur kompleks adalah sebagai berikut.

1. Kalimat imperatif, yaitu kalimat yang mengandung perintah.
2. Kalimat deklarasi, yaitu kalimat yang berisi pernyataan
3. Kalimat introgatif, yaitu kalimat yang berisi pertanyaan
4. Bilangan urutan, yaitu angka/ numeral/ bilangan yang menyatakan urutan (pertama, kedua, ketiga, dll.)
5. Verbal material, yaitu verba atau kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik yang diungkapkan dengan ungkapan verbal
6. Pastisipan secara umum
7. Verba tingkah laku, yaitu verba yang mengacu pada sikap yang dinyatakan dengan ungkapan verbal. (bukan sikap mental yang tampak.)
8. Konjungsi temporal, yaitu mengacu pada urutan waktu sekaligus menjadi sarana kohesi teks.
9. Menggunakan kata baku
10. Menggunakan konjungsi syarat

Setelah mengetahui unsur kebahasaan yang digunakan dalam teks prosedur, sekarang kita akan lansung membuat contohnya bersama-sama. Berikut ini contoh teks prosedur kompleks dan pengertiannya.


Contoh Teks Prosedur kompleks dan Pengertiannya

Teks prosedur komplek membuat SIM C 

1. Persyaratan 
· Usia pemohon harus minimal 16 tahun 
· Pas foto 5 r
· KTP asli dan foto copian KTP sebanyak 4 lembar
· Surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari pihak dokter.

2. Tata Cara Pembuatan SIM C

· Datanglah ke samsat terdekat.
· Mintalah formulir permohonan dan isilah dengan lengkap dan jelas formulir tersebut.
· Mengikuti ujian teori berdasarkan bimbingan petugas
· Mengikuti ujian praktek sesuai dengan jenis SIM yang diajukan (bila lulus ujian teori)
· Jika kedua ujian tersebut lulus, pemohon akan diarahkan untuk pembuatan SIM dan menunggu kapan SIM akan diberikan.

Fungsi Lajur Kanan dan Kiri Jalan
Suatu siang, di sekolahku mendapatkan kunjungan dari satlantas polresta. Kami semua diberikan arahan tentang bagaimana tertib berlalu litas itu. Dari sekian banyak tata tertib berlalu lintas, anjuran untuk menggunakan jalur kiri saat berjalan, menggunakan sepeda, atau berkendara dengan kecepatan yang lambat.  Karena penasaran, salah satu temanku bertanya “mengapa kami seharusnya memakai jalur sebelah kiri? Bukanlah jalur sebelah kanan Pak Polisi?”

“Pertanyaan yang bagus sekali. Kalian harus menggunakan jalur sebelah kiri karena kalian masih bersepeda. Selain itu, jalur kiri digunakan khusus bagi pengguna jalan yang cenderung berkecepatan lembat. Namun, jika ada jalur khusus sepeda atau jalan kaki, sebaiknya kalian harus memilih jalur-jalur tersebut. Tujuannya agar lebih aman. Kalau kalian hendak menyeberang jalan, menyeberanglah dizebra cross atau di jembatan penyebrangan yang ada di sekitar kalian”. Terang Pak Polisi itu.

Nah, dari kunjungan satlantas hari itu, kami semua menjadi lebih paham di dalam berperan sebagai pengguna jalan yang masih menggunakan sepeda. Sekarang, kami mengerti sebagai pengguna jalan yang berjalan kaki dan bersepeda, bahwa kami harus menggunakan jalur sebelah kiri atau jalur khusus sepeda dan jalan kaki. Tujuannya agar aman dan tidak mengganggu sesama pengguna jalan.  Selain itu, kita tidak boleh melawan arah saat kita hendak menuju suatu tempat. Tidak lupa, Pak Polisi juga mengingatkan kami kalau memakai helm dan pelindung tubuh yang lain juga penting agar kita dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, jika kami ingin selamat di jalan dan sampai tujuan dengan selamat, kita harus menggunakan standar keselamatan di jalan dan mematuhi peraturan yang ada.

Demikian penjelasan tentang contoh teks prosedur kompleks dan pengertiannya. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan teman-teman dalam mempelajari teks prosedur yang sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net yaa. Ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya tentang pelajaran bahasa Indonesia. Terimakasih.
Contoh Teks Prosedur Kompleks terbaik dan Pengertiannya | ikhwan mukhlisi | 5