Pengertian dan Contoh Karangan Narasi beserta Jenisnya

Bahasa Indonesiaku Pengertian karangan narasi, jenis, dan contohnya – Sebelum  mengetahui apa pengertian karangan narasi, jenis, dan contohnya akan dijabarkan  terlebih dahulu pengertian dari masing-maisng katanya. Karangan adalah hasil mengarang; cerita; buah pena (KBBI, 2005: 506). Narasi adalah pengisahan suatu cerita atau kejadian (KBBI, 2005: 774).  Jadi, karangan narasi adalah suatu bentuk wacana (hasil mengarang) yang mengisahkan sutau kejadian atau peristiwa dalam serangkaian waktu sehinga tampak seolah-olah pembaca melihat atau mengalami sendiri peristiwa tersebut (Gorys Keraf, 2003: 135-136). Unsur yang terpenting dalam membuat karangan narasi adalah perbuatan, kejadian, dan rangkaian waktu.

Menurut Gorys Keraf dalam bukunya yang berjudul Argumentasi dan Narasi (2003: 135) karangan narasi dibagi menjadi dua jenis yaitu narasi ekspositoris dan narasi suestif. 

Pengertian dan Contoh Karangan Narasi beserta Jenisnya

1. Narasi ekspositoris 
Narasi ekspositoris adalah suatu bentuk wacana yang mengisahkan secara runtut tahap-tahap suatu kejadian atau peristiwa kepada pembaca atau pendengar. Tujuan utama dari narasi ekspositoris adalah untuk memperluas pengetahuan pembaca. Narasi ekspositoris dibagi lagi menajdi 2 bagian berdasarkan sifatnya, yaitu narasi ekspositoris bersifat khas/ khusus dan bersifat generalisasi. 
a. Narasi ekspositoris yang bersifat khas adalah narasi yang berusaha menceritakan suatu peristiwa yang khas, yang hanya terjadi satu kali.  
Contoh : 
- Peristiwa pengalaman pertama masuk perguruan tinggi.
- Peristiwa pengalaman pertama kali melahirkan.
- Kejadian pengalaman pertama mendarat di bulan.

Pengalaman pertama seperti contoh di atas tidak semua orang pengalaminya dan kejadian tersebut tidak terjadi berulang-ulang dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, contoh di atas termasuk dalam narasi ekspositoris yang bersifat khas atau khusus.

b. Narasi ekspositoris yang bersifat generalisasi adalah narasi yang menyampaikan suatu proses yang umum, yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dapat dilakukan berulang-ulang.
Contoh :
- Karangan narasi yang menceritakan tentang proses pembuatan roti di pabrik roti.
- Karangan narasi yang menceritakan tentang proses mencukur rambut.
- Karangan narasi yang mengisahkan tentang petani jagung.

Semua contoh narasi yang ada di atas adalah contoh dari narasi ekspositoris yang bersifat generalisasi. Hal itu dikarenakan semua peristiwa di atas dapat terjadi kapan atau siapa saja dapat melakukan dan terjadi berulang-ulang bahkan dalam waktu yang singkat.

2. Narasi sugestif
Narasi sugestif adalah suatu rangkaian peristiwa yang disajikan sekian macam sehingga merangsang daya khayal para pembaca. Narasi sugestif bertujuan untuk menjadikan kejadian atau peristiwa yang dinarasikan sebuah pengalaman pribadi melalui daya khayal. Dengan membaca pembaca akan dapat menarik makna baru di luar apa yang diungkapkan secara eksplisit. Dalam narasi sugestif semua objek dipaparkan sebagai suatu rangkaian gerak dan kehidupan para tokoh dilukiskan dalam gerak yang dinamis.

Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel perbedaan antara narasi ekspositoris dan narasi sugestif!

No.
Narasi Ekspositoris
Narasi Sugestif
1
Memeperluas pengetahuan.
Menyampaikan suatu makna atau suatu amanat yang tersirat.
2
Menyampaikan informasi mengenai suatu kejadian.
Menimbulkan daya khayal.
3
Didasarkan pada penalaran untuk mencapai kesepakatan rasional.
Penalaran hanya berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan makna, sehinggakalau perlu penalaran dapat dilanggar.
4
Biasanya lebih condong kebahasa informatif dengan menitikberatkan pada penggunaan kata-kata denotatif
Bahasanya lebih condong ke bahasa figuratif dengan menitikberatkan pada penggunaan kata-kata konotatif.

Contoh dari kedua jenis narasi di atas adalah sebagai berikut.

Contoh karangan narasi ekspositoris.

Narasi tentang  pembuatan kapal. Rasio pembuat kapal akan menghantar dan membimbing teknisinya untuk merencanakan bagian-bagian tertentu yang harus dilakukan, sehingga dapat diperoleh sebuah kapal dengan struktur yang besar dan kuat. Penulis akan menjabarkan secara rinci semua informasi tentang pembuatan sebuah kapal. Mulai dari pemilihan papan, kayu, perkakas yang digunakan, dan cara pembuatan kapan hingga kapal itu siap digunakan untuk berlayar.

Contoh karangan narasi sugestif.

1.  Narasi tentang kehidupan seseorang atau biografi seseorang. Biografi Ki Hajar Dewantara yang berasal dari keluarga keraton Jogjakarta. Meskipun demikian, Ia sangat sederhana dan ingin dekat dnegan rakyatnya. Perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar di tandai dengan perjuangan dan pengambiannya kepada bangsa dan negara. Ia tidak dapat menamatkan pendidikannya di STOVIA atau sekolah dokter bumiputera karena sakit. Dia juga bergabung dengan beberapa surat kabar nasional. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif dan tajam, sehingga mampu meningkatkan semangat antikolonial bagi pembacanya.

Semasa hidupnya Ki Hajar Dewantara aktif dalam organisasi sosial dan politik. Organisasi yang dididirikanya di tolak oleh Belanda karena dianggap dapat menumbuhkan rasa nasionalisme rakyat dan menentang pemerintahan Belanda. Tetapi, semangat Ki Hajar Dewantara begitu menggebu akhirnya Ia membuat kritikan tajam kepada pemerintahan Belanda. Akibatnya, pemerintahan Belanada menjatuhkan hukuman membuang Ki Hajar ke Pulau Bangka tanpa proses pengadilan. Setelah itu, ia kembali dibawa ke Belanda bersama rekannya dan dibebaskan.

Ki Hajar Dewantara bersama rekannya mendirikan perguruan bercorak nasional. Ia juga pernah menjabat sebagai Mentri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan yang pertama. Ia tidak hanya di anggap sebagai tokoh atau pahlawan pendidikan, tetapi juga sebagai Pahlawan Pererakan Nasional.

2. Cerita dongeng yang menceritakan tentang seorang wanita cantik namun anak dari seorang petani yang akhirnya berhasil menjadi istri dari pangeran kerajaan. Cerita dongeng tersebut termasuk dalam narasi sugestif.

Demikianlah artikel tentang pengertian dan contoh karangan narasi yang bisa kami bagikan untuk kalian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kalian. Jangan lupa baca juga artikel terkait berikut ini ya:

Pengertian dan Contoh Karangan Narasi beserta Jenisnya | ikhwan mukhlisi | 5