2 Contoh Kesimpulan dan Saran dalam Makalah Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesiaku - Contoh kesimpulan dan saran dalam makalah – Makalah adalah tulisan resmi tentang suatu pokok yang dimaksudkan untuk dibacakan di depan umum dalam suatu persidangan dan yang sering disusun untuk diterbitkan. Selain itu, makalah juga berarti karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai hasil/ laporan pelaksanaan tugas dari sekolah atau pun perguruan tinggi. Makalah biasanya memiliki sistematika penyusunan yang baik dan benar. Namun, pada dasarnya makalah memiliki tiga bagian penting, yaitu pendahuluan, isi, dan penutup. Pendahuluan berisi latar belakang pembuatan makalah dan rumusan masalah yang akan di bahas dalam bab 2 yaitu bagian isi. Isi merupakan bagian dari pembahasan masalah serta penyelesaiannya. Penutup berisi kesimpulan dan saran yang diberikan oleh penulis kepada pembaca atau yang bersangkutan. 

Menulis makalah berbeda dengan menulis karangan. Dalam menulis makalah ada sistematika atau susuanan yang perlu diperhatikan. Sistematika penulisan makalah adalah sebagai berikut:

a. Judul 
b. Pendahuluan
Pendahuluan adalah bagian dari makalah yang mengemukakan persoalan yang akan dibahas (latar belakang, rumusan masalah, prosedur pemecahan masalah, dan sistematika uraian).

c. Isi 
Bagian ini berisi penjelasan dan penjebaran tentang jawaban dari rumusan masalah yang ada dibagian pendahuluan. Selain itu, bagian ini juga berisi kajian teori atau bahan referensi apa saja yang dipakai dalam pembuatan makalah.

d. Kesimpulan
Bagian ini berisi menyimpulkan apa saja yang telah ditulis dalam makalah. Kesimpulan lebih pada aris besar penjelasan dari rumusan masalah.

Dalam membuat kesimpulan dan saran pada bagian penutup ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu 

1. Isi dalam kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka atau teori yang ada di dalam bab pembahasan.
2. Isi dalam kesimpulan sebaiknya mengandung garis besar isi makalah.
3. Bahasa yang digunakan sebaikanya singkat, efektif dan sesuai dengan pembahasan.
4. Isi saran sebaiknya berkaitan dengan isi pembahasan makalah. 
5. Saran harus jelas ditujukan kepada siapa.

Contoh Kesimpulan dan Saran dalam Makalah Bahasa Indonesia


Berikut ini adalah salah satu contoh dalam membuat kesimpulan dan saran dalam penulisan makalah.
Contoh kesimpulan dan saran dalam makalah -- Contoh 1

1. Kesimpulan atau Rangkuman
Dari seluruh isi makalah monologika ini kami menyimpulkan bahwa didalam berbicara terdapat beberapa macam berbicara seperti  pidato, MC, moderator, wawancara, dan mendongeng yang hampir semuanya memiliki jenis-jenis dan ciri-ciri yang sama. Dalam berbicara diperlukan persiapan yang cukup sebelumnya. Dan setiap ahli mengemukakan pendapatnya dengan versi yang berbeda-beda dan memiliki tujuan yang baik.

2. Saran 
Setelah kami membuat seluruh isi dari makalah monologika ini kamu bermaksud memberi sedikit saran kepada pembaca untuk memperhatikan bagaimana cara berbicara dan memperhatikan tempat serta kondisinya. Sebelum berbicara juga harus mempersiapkan segala sesuatu yang merupakan persiapan dari berbicara. Ini ditujukan agar sewaktu berbicara tidak akan terjadi kesalahan yang tidak diinginkan.  

Baca juga artikel terkait berikut ini:


Contoh kesimpulan dan saran dalam makalah - Contoh 2.

1. Kesimpulan 
Berdasarkan pembahasan pada bab II dapat di simpulkan bahwa berita adalah laporan tercepat mengenai fakta atau ide terbaru yang benar, menarik dan atau penting bagi sebagian besar khalayak, melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi, atau media on-line internet.  Unsur yang harus ada di dalam berita adalah What (apa): apa yang terjadi di dalam berita?, Who (siapa): siapa yangterlibat di dalamnya?, Where (dimana): dimana terjadinya peristiwa tersebut?, When (kapan): kapan terjadinya peristiwa tersebut?, Why (mengapa); mengapa peristiwa tersebut?, dan How (bagaimana): bagaimana peristiwa itu terjadi?. Selain unsur berita, konstruksi piramida terbalik juga dapat digunakan untuk memudahkan penulis dalam menulis teks berita. Keguanaan dari piramida terbalik adalah memudahkan penulis mengetahui mana bagian berita mulai dari yang terpenting hingga yang tidak penting.

2. Saran 
Dengan mengetahui semua tentang berita, mulai dari definisi, unsur, dan juga konstruksi piramida terbalik ada baiknya jika dalam penulisan berita semua itu digunakan. Seorang penulis berita seharusnya mengedepankan fakta dari pada opini sehingga pembaca lebih dapat memahami isi dari berita tersebut. Kelengkapan berita juga perlu diperhatikan, banyak penulis yang menulis berita dengan tidak menyertakan semua unsur berita. Sehingga menimbulkan persepsi atau tanggapan yang berbeda-beda.

Demikianlah Contoh kesimpulan dan saran dalam makalah, diharapkan setelah membaca artikel ini dapat menambah pengetahuan dan dapat membantu menyelesaikan tugas sekolah. Terima kasih kalian telah membaca artikel dengan judul Contoh kesimpulan dan saran dalam makalah. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali materi bahasa Indonesia yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Terimakasih.
2 Contoh Kesimpulan dan Saran dalam Makalah Bahasa Indonesia | ikhwan mukhlisi | 5