2 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris Terbaru

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris – Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seseorang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam buku-buku maupun majalah-majalah. Penulis cukup mengutip pendapat yang dianggapnya benar itu dengan menyebutkan di mana pendapat itu dibaca, sehingga pembaca dapat mencocokkan kutipan itu dengan sumber aslinya. Walaupun kutipan atas pendapat seorang ahli itu diperkenankan tidaklah berarti  bahwa sebuah tulisan seluruhnya  dapat terdiri dari kutipan-kutipan. Penulis juga tidak diperkenanakan mengutip keseluruhan kata atau pendapat dari sebuah buku.

Menurut jenisnya, kutipan dapat dibedakan menjadi kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Kutipan langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli. Sebaliknya, kutipan tidak langsung adalah pinjaman pendapat dari seorang pengarang atau tokoh terkenal berupa inti sari atau ikhtisar dari pendapat tersebut. Perbedaan antara kedua jenis kutipan tersebut haruslah benar-benar diperhatikan karena akan membawa konsekuensi yang berlainan bila dimaksukkan dalam teks. Kutipan langsung yang dicatat pada kartu tidak harus dimasukkan dalam tanda kutip, sedangkan semua kutipan tak langsung tidak diapit oleh tanda kutip. Dengan demikian, penulis tidak akan mengalami kesulitan dalam mengambil kutipan.

Dalam menulis kutipan ada beberapa cara yang dilakukan berdasarkan jenis kutipan. Cara menulis kutipan langsung yang lebih dari empat baris adalah sebagai berikut. 
1. Kutipan itu dipisahkan dari teks dalam jarak 2,5 spasi;
2. Jarak antara baris dengan baris kutipan satu stapsi;
3. Kutipan itu boleh atau tidak diapit dengan tanda kutip;
4. Sesudah kutipan selesai diberi nomor urut penunjukkan setengah spasi ke atas, atau dalam kurung ditempatkan nama singkat pengarang, tahun, dan nomor halaman tempat kutipan itu di ambil.
5. Seluruh kutipan itu dimasukkan ke dalam 5 – 7 ketikan; bila kutipan itu dimulai dengan alinea baru, maka baris pertama dari kutipan tersebut dimasukkan lagi 5-7 ketikan.

Terkadang ada masalah yang muncul selama akan mengutip, seperti kutipan yang didalamnya terdapat kutipan. Dalam masalah ini ada dua cara yang dapat digunakan yaitu:
1. Menggunakan tanda kutip ganda [“...”] bagi kutipan asli dan tanda kutip tunggal [‘. . .’] bagi kutipan dalam kutipan itu, atau sebaliknya.
2. Bagi kutipan asli tidak dipergunakan tanda kutip, sednagkan kutipan dalam kutipan itu mempergunakan tanda kutip ganda.

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris -- Untuk jelasnya, perhatikan ketiga contoh berikut ini. Masing- masing memperlihatkan kutipan langsung yang menggunakan tanda kutip, yang tidak mempergunakan tanda kutip, dan yang menggunakan dua jenis tanda kutip.

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris -- Contoh 1. Menggunakan tanda kutip
..........................................................................................................................................................
Terjemahan karya ilmiah dalam bahasa Indonesia banyak yang tidak memuaskan karena para penerjemah tidak terlatih dalam ilmu penterjemahan (suatu aspek linguistik yang telah menjadi disiplin ilmiah tersendiri).
Misalnya salah satu terjemahan buku ilmu pengetahuan populer diprakatai dengan:

“Suatu pikiran yang telah tersebar dengan luas sekali di kalangan orang banyak menggambarkan buku-buku sebagai benda-benda yang tak berjiwa, tidak efektif [sic!], serba damai yang pada tempatnya sekali berada dalam kelindungan-kelindungan sejuk dan ketenangan akademis dari biara-biara dan universitas-universitas dan tempat-tempat pengasingan diri yang lain yang jauh dari dunia yang jahat dan materalistik ini” (Asrul Sani 1959: 7)


Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris -- Contoh 2. Tidak mempergunakan tanda kutip

Contoh di atas dapat pula dituliskan atau di tempatkan dalam bagian tersendiri dengan tidak mempergunkaan tanda kutip. 
..........................................................................................................................................................
Terjemahan karya ilmiah dalam bahasa Indonesia banyak yang tidak memuaskan karena para penerjemah tidak terlatih dalam ilmu penterjemahan (suatu aspek linguistik yang telah menjadi disiplin ilmiah tersendiri).
Misalnya salah satu terjemahan buku ilmu pengetahuan populer diprakatai dengan:

Suatu pikiran yang telah tersebar dengan luas sekali di kalangan orang banyak menggambarkan buku-buku sebagai benda-benda yang tak berjiwa, tidak efektif [sic!], serba damai yang pada tempatnya sekali berada dalam kelindungan-kelindungan sejuk dan ketenangan akademis dari biara-biara dan universitas-universitas dan tempat-tempat pengasingan diri yang lain yang jauh dari dunia yang jahat dan materalistik ini (Asrul Sani 1959: 7)

Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris -- Contoh 3. Mempergunakan dua jenis tanda kutip

Bila dalam sebuah kutipan terdapat kutipan lain, maka keduanya dibedakan dengan menggunakan tanda kutip yang berbeda. Perhatikan contoh kalimat berikut.
............................................................................................................................................................
Masih ada pendapat lain tentang konflik itu. Untuk tidak salah tanggap, pembicara kutip di sini sepenggal Mh. Rustandi Kartakusuma tentang apa itu sebenarnya yang disebut Dramatik, dalam prakata dramanya: merah semua putih semua:

“Dramatik timbul oleh pertentangan (konflik); pertentangan dengan Alam atau Tuhan, dengan diri sendiri, dengan manusia sesama, dengan lingkungan. Pertentangan menimbulkan lakon, menimbulkan plot (alur) atau intrigue.
Akan tetapi, pertentangan sendiri dimungkinkan oleh apa? Apa sumber pertentangan?
Syahdan sumber pertentangan tiadalah lain selain jiwa manusia. Jiwa manusia sebagai benda benda logam yang berat bermuatan listrik. Bila bertemu dengan benda lain yang berlistrik maka timbullah dramatik: ‘sebelum kutarik handle ini dan elektron berloncatan dari kutub ke kutub ungu gelora panas-bangis . . .’
Jadi dasar dramatik yang paling dalam adalah kejiwaan manusia, ‘benda bermuatan listrik’, yang voltasenya lebih dari seribu.”
................................................................................................................................................

Demikianlah contoh kutipan langsung lebih dari 4 baris diharapkan tulisan ini dapat membantu adik-adik yang sedang menyelesaikan tugas membuat kutipan langsung. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan artikel ini sebagai salah satu referensi dalam membuat tugas. Terma kasih  sudah membaca artikel dengan judul Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris.

Baca juga artikel terkait berikut ini:

2 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 baris Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5