2 Contoh Percakapan Antara Guru dan Murid di Kelas

Bahasa Indonesiaku - Contoh percakapan antara guru dan murid di kelas – Percakapan dapat terjadi antara dua orang atau lebih. Percakapan dapat dibagi berdasarkan dua kondisi yaitu formal dan informal. Percakapan formal akan terjadi jika berada di tempat formal atau dengan orang yang lebih tua. Adapun untuk percakapan informal dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Percakapan antara guru dan murid merupakan contoh dari percakapan formal. Berikut ini beberapa contoh dari percakapan antara guru dan murid yang terjadi di dalam kelas.

Contoh percakapan antara guru dan murid di kelas 

Contoh percakapan guru dan murid di kelas 1

Suatu pagi di sebuah ruang kelas di sekolah SMP Sejahtera. Semua murid sedang mengerjakan tugas membuat pidato yang telah diberikan oleh guru bidang studi. Dalam proses mengerjakan tugas, seorang anak menanyakan sesuatu kepada guru berkaitan dengan tugas tersebut.

Murid : Maaf Pak, saya mau bertanya.
Guru : Iya, silakan apa yang ingin kamu tanyakan?
Murid : Mengapa kita harus mempelajari pidato? Bukankah dalam kehidupan sehari-hari kita  tidak menggunakannya?
Guru : Kita memang tidak sewaktu-waktu melakukan pidato, tapi masih ingatkah kalian tentang materi berbicara di depan umum? Pidato termasuk jenis berbicara di depan umum. Dengan belajar berpidato, kita sekaligus mempelajari bagaimana teknik berbicara di depan umum. 
Murid : Contoh lain selain berpidato apa yang termasuk berbicara di depan umum Pak?
Guru : MC, menjelaskan sesuatu di depan kelas, memberikan pengumuman, moderator, atau seminar termasuk dalam contoh berbicara di depan umum. Jadi, supaya kalian tidak grogi atau hilang kepercayaan diri kalian harus belajar bagaimana teknik berbicara dengan baik.
Murid : Baiklah Pak, sekarang saya mengerti. Terima kasih Pak.
Guru : Iya, sama-sama. Sekarang kerjakan kembali tugasmu.
Murid : Baik Pak.

Contoh percakapan antara guru dan murid di kelas -- Sekolah adalah salah satu tempat formal sehingga percakapan yang terjadi menggunakan bahasa yang baik dan benar. Contoh percakapan di atas tepat digunakan di lingkungan sekolah. Dalam percakapan tersebut terlihat penggunaan kata-kata baku dan menggunaan kata sapaan untuk orang yang lebih tua.

Contoh percakapan antara guru dan murid di kelas 2

Suatu siang di kelas bahasa Indonesia. 

Guru : Apa tugasnya sudah selesai?
Murid : Belum Bu! (teriak beberpa murid)
Guru : Apa kalian mengalami kesulitan? 
Murid : Iya Bu, saya kesulitan dalam mengerjakan soal tentang struktur teks fabel. Bagimana membedakannya Bu?
Guru : Untuk mengerjakannya, kalian harus tahu terlebih dahulu apa pengertian dari masing-masing struktur teks dalam teks fabel. Coba kamu sebutkan apa saja struktur teks yang ada dalam fabel!
Murid : Struktur teks dalam fabel ada empat pertama orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Tetapi saya lupa pengertiannya, Bu.
Guru : Coba di baca lagi buku paketmu tepat di materi fabel, ada lengkap di sana.
Murid : Baik Bu. 
Guru : Apa sudah menemukan materi dan penjelasan tentang masing-masing struktur teks fabel?
Murid : Sudah Bu, iya ternyata ada di dalam buku. Maaf ternyata saya tidak teliti.
Guru : Jadi, apa penjelasan masing-masing struktur teks fabel? Coba kamu bacakan agar teman-teman yang lain juga dapat mendengar dan memahaminya.
Murid : Baik Bu. Jadi, orientasi adalah gambaran umum atau pengenalan tokoh yang ada di dalam cerita. Komplikasi adalah bagian cerita di mana tokoh utama bertemu dengan permasalahan. Resolusi adalah bagian penyelesaian masalah-masalah yang ada di dalam cerita (komplikasi). Terakhir koda, adalah bagian akhir sebuah cerita pesan moral atau nasihat apa yang dapat di ambil dari sebuah cerita. Sudah Bu.
Guru : Iya, betul sekali. Sekarang sudah paham ya apa perbedaan masing-masing struktur teks. Kerjakan kembali tugas kalian.
Murid : Iya Bu. Terima kasih.

Contoh percakapan antara guru dan murid di kelas -- Contoh kedua juga sama dengan contoh pertama. Kedua contoh tersebut menggunakan kata-kata yang baku dan sopan. Ada baiknya jika percakapan antara guru dan murid selalu menggunakan kata yang baku/ formal dan sopan. 

Demikianlah Contoh percakapan antara guru dan murid di kelas, diharapkan dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah. Selain itu, untuk menambah wawasan kalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silakan baca juga artikel terkait berikut ini atau kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net. Terimakasih

Artikel terkait:
2 Contoh Percakapan Antara Guru dan Murid di Kelas | ikhwan mukhlisi | 5