2 Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Bahasa Indonesiaku - Contoh surat pembaca tentang kebersihan lingkungan sekolah di majalah sekolah – Surat pembaca adalah adalah surat yang dimuat dalam surat kabar atau majalah yang ditulis oleh pembaca surat kabar atau majalah. Surat pembaca merupakan sarana untuk menyatakan kritik, saran, pendapat, himbauan, usulan, dan sebagiannya ditujukan kepada instansi pemerintah, perusahaan, swasta, atau pribadi. Penulisan surat pembaca haruslah singkat, jelas, dan menarik perhatian pihak yang dituju dalam surat tersebut.

Surat pembaca biasanya diterbitkan setelah surat tersebut diterima oleh pihak redaksi. Selain itu, setelah surat pembaca diterbitkan, sebaiknya dibahas secara tertulis melalui surat kabar atau majalah yang sama oleh pihak yang dituju. Hal itu dikarenakan agar penulis surat pembaca mengetahui adanya respon atau klarifikasi dari surat yang telah dibuat. Dalam kesempatan kali ini, saya akan mencoba berbagi contoh surat pembaca tentang kebersihan lingkungan sekolah yang dimuat pada majalah sekolah. Yuk kita simak contoh suratnya berikut ini.

Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Contoh surat pembaca tentang kebersihan lingkungan sekolah 1

Membuang Sampah Tidak Pada Tempatnya

Sudah satu bulan yang lalu saya memperhatikan banyak sampah yang dibuang tidak pada tempatnya. Banyak sudut sekolah yang terlihat kotor. Selain itu, setiap kali hujan datang selokan depan sekolah selalu saja mampet dan menimbulkan genangan air. Meski pernah melakukan gotong royong bersama membersihkan sekolah, namun kegiatan itu hanya berlangsung sekali dalam beberapa bulan sehinga tidak berdampak panjang. Musim hujan kali ini menyebabkan genangan air yang lebih besar lagi dari sbeelumnya. Akibatnya, kegiatan pembelajaran menjadi tidak nyaman dan lingkungan sekolah menjadi tidak bersih. 

Sebagai salah satu siswi SMP Berkarakter Bandar lampung, saya mengajak teman-teman dan juga keterlibatan bapak dan ibu serta warga sekolah untuk bekerja bakti membersihkan selokan dan lingkungan sekolah kita. Saya berharap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin sekolah yang berlangsung setiap hari Jumat pagi. Selain itu, saya juga berharap usulan saya ini mendapat tanggapan yang positif dari teman-teman, guru, maupun semua warga sekolah. Tidak hanya agar udara dan lingkungan sekolah menjadi lebih nyaman, segar, dan bersih, tetapi juga untuk kenyamanan belajar kita di sekolah. Sudah saatnya mewujudkan dengan nyata bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman. 

Shelly Anggraini
Siswi kelas VII SMP Berkarakter Bandar Lampung

Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Kelas dan Mushola 2

Kebersihan Kelas dan Musola

Assalamualaikum wr. wb. 

Kelas adalah tempat untuk kita belajar di sekolah. Saat belajar kita membutuhkan suasana yang nyaman dan bersih. Sama halnya dengan musola. Musola adalah tempat untuk berdoa. Itu artinya kedua tempat itu adalah tempat yang penting yang dapat digunakan oleh siapa saja di lingkungan sekolah. Tapi, belakangan ini saya mengamati kalau kondisi kelas seperti tidak berpenghuni dan kondisi musola berantakan. Konsidi meja dan kursi sering kali berantakan dan banyak kertas yang berserakan. Selain itu, di laci setiap meja juga pasti terdapat sampah kertas, bungkus makanan, dan minuman. Padahal jadwal piket telah terpasang di mading kelas. Hal yang sama terlihat di musola, meski kondisinya tidak separah ruang kelas. Hanya saja, di musola mukenah dan sajadah berserakan di lantai tempat sholat. Banyak anak-anak yang tidak merapikan atau memasukkan perlengkapan solat ke dalam lemari setiap selesai memakiannya. Selain itu, usulan saya kepada pihak sekolah untuk menambah jumlah mukenah yang ada di musola sekolah. Aar proses sholat dapat berjalan dengan lancar tanpa proses antri.

Maka dari itu, saya mengharapkan kerja sama semua pihak sekolah untuk dapat memperhatikan kebersihan dan kerapian setiap kelas dan musola. Karena keduanya memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran di sekolah. Marilah saling mengingatkan atau untuk yang berwenang seperti Ibu kepala sekolah dan wali kelas lebih menegaskan siswanya untuk menjaga kebersihan sekolah. Saya juga mengharapkan usulan saya ini mendapat respon dari pihak sekolah dan teman-teman. Ini semua untuk kenyamanan bersama.

Demikian penjelasan dan Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah di Majalah Sekolah. Semoga dapat membantu kalian yang sedang mengerjakan tugas sekolah dan dapat menambah pengetahuan kalian tentang surat pembaca. Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah di Majalah Sekolah semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya tentang materi bahasa Indonesia yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Terimakasih.
2 Contoh Surat Pembaca Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah | ikhwan mukhlisi | 5