2 Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia

Contoh narasi pengalaman pribadi – Pengalaman adalah kejadian atau peristiwa yang pernah dialami (dijalani, dirasai, dan ditanggung) oleh seseorang. Narasi pengalaman pribadi berarti menceritakan kejadian yang pernah dialami. Dalam menulis pengalaman ditentukan oleh tujuan, struktur, dan pilihan bahasa yang digunakan. Tujuan berarti menceritakan kembali kejadian atau peristiwa masa lalu sesuai dengan urutan kejadian. Struktur teks yang ada dalam penulisan pengalaman pribadi adalah 1) pengantar/ pendahuluan/ orientasi, 2) rangkaian peristiwa/ kejadian, 3) terkadang, memiliki, komentar akhir. Bahasa yang digunakan adalah “kata kerja” untuk menunjukkan kejadian-kejadian yang sedang diceritakan, misalnya, bangun, mandi, makan, dan pergi. Menggunakan kata penghubung untuk menempatkan peristiwa secara berurutan, misalnya kemudian, lalu, setelah itu, esoknya. 

Setelah memahami penjelasan di atas, maka akan lebih mudah dalam menulis Contoh paragraf narasi pengalaman pribadi. Berikut contoh narasi pengalaman pribadi.


Contoh Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia


Contoh teks narasi pengalaman pribadi 1 

Kemah Bersama Teman-Teman

Liburan semester ganjil yang lalu, aku dan teman-teman dari kelas 7 sampai dengan kelas 8 mengikuti perkemahan sekolah di Jayagiri, di kaki gunung Tangkuban Perahu. Aku dan rombongan sekolah berangkat menggunakan 2 bus. Perjananan kami tempuh selama kurang lebih 3 jam.

Sesampainya di sana, aku dan teman-teman mencari tempat untuk mendirikan tenda. Kami menelusuri setiap titik tempat yang bagus dan layak untuk mendirikan tenda. Kurang lebih 2 jam pencarian tempat, akhirnya kami menemukan tempat yang cocok untuk mendirikan tenda. Tempat tersebut berada agak di atas kaki gunung Tangkuban Perahu. Tempat tersebut memiliki pemandangan yang bagus dan kondisi tanahnya yang datar memudahkan kami untuk mendirikan tenda dengan cepat.

Pada hari kedua, aku dan teman-teman melakukan pendakian ke gunung Tangkuban Perahu. Kegiatan ini sangat melelahkan bagi kami. Namun, kegiatan ini juga sangat menyenangkan. Karena kami dapat menikmati pemandangan kebun teh yang sangat luas dan indah, menghirup udara yang sangat segar, serta mendengar kicauan burung dan gemercik air air yang mengaris diantara bebatuan suangai.

Baguku, saat yang paling menyenangkan adalah saat kami tiba di lokasi kawah Tangkuban Perahu. Rasa lelah dan peluh keringan terasa hilang digantikan oleh rasa puas dan menyenangkan yang sukar untuk dilukiskan dengan kata-kata.

Esok paginya, kami harus bersiap-siap untuk kembali ke sekolah. Kemudian kami harus membongkar lagi tenda yang kami bangun. Setelah semua beres dan rapi, kami semua menaiki bus yang telah siap. Selama perjalanan pulang, banyak dari kami yang tertidur di mobil. Hanya beberapa temanku yang masih sibuk melihat foto-foto kegiatan perkemahan yang baru saja kami lakukan. Sesampainya di sekolah, aku dan teman-teman sudah ditunggu oleh orangtua kami masing-masing. 

Saya merasa puas dengan acara perkemahan tahun ini. Tempat yang baru dan indah, serta kegiatan yang memiliki pembelajaran yang baik untuk aku dan teman-teman.


Contoh teks narasi pengalaman pribadi 1 

Bangun Kesiangan 

Semalam, aku bermain game bersama teman-teman hingga larut malam. Hingga esok harinya,  aku begitu terkejut saat bagun dipagi hari. Bagaimana tidak karena saat aku melihat jam di kamarku telah menunjukkan pukul 6.30 pagi. Aku langsung bergegas bangun dan menuju kamar mandi yang ada tepat di samping kamarku. Karena terburu-buru aku sampai lupa membawa handuk. Aku pun kembali lagi ke kamar untuk mengambil handuk. Karena panik juga, aku hampir saja jatuh karena terpeleset di dalam kamar mandi. 

Tanpa membuang waktu, aku langsung saja mandi dengan cepat. Setelah mandi, aku berpakaian sekolah dan sarapan pagi secukup waktuku. Setelah itu, aku langsung pergi ke sekolah dengan mengendarai sepeda motor.

Sesampainya di sekolah ternyata upacara bendera telah dimulai. Aku datang dengan agak berlari untuk bergabung dengan barisan kelasku. Tiba-tiba datanglah satu guru yang menghampiriku dan memintaku untuk berada di antara anak-anak yang tidak lengkap membawa atribut dan datang terlambat. Guru itupun juga memotong rambutku yang dinilai panjang dan aku lupa untuk menolaknya. Padahal aku sudah diperingatkan dari minggu lalu. 

Kemudian, upacara pun selesai. Aku di minta untuk tetap tinggal di lapangan dan mendengarkan pengarahan yang diberikan oleh guru kedisiplinan tentang tata tertib sekolah. Setelah itu, aku masuk ke dalam kelas. Entah apa yang aku pikirkan, aku juga lupa mengerjakan pr yang diberikan guruku untuk di kumpulkan hari ini. Karena tidak mengerjakan, akupun mendapat hukuman untuk membuat kliping tentang iklan dari koran. 

Hari menunjukkan pukul 3 sore, sudah waktunya pulang. Dengan rambut yang tidak karuan dan rasa menyesal yang dalam aku pulang ke rumah. Hari ini benar-benar hari yang berat buatku. Perasaan menyesal dan kesal bercampur menjadi satu. Tapi, aku menajdi belajar dari kejadian ini. Setelah meletakkan tas dan mengganti baju, aku langsung pergi ke salon untuk memotong rambjutku. Kemudian, aku mandi dan setelah itu aku mengerjakan tugas kliping yang tadi diberikan oleh guruku. Aku akan berusaha untuk tidak mengulangi lagi ketidakdisiplinanku. 

Demikianlah Contoh paragraf narasi pengalaman pribadi, diharapkan contoh di atas menjadi referensi adik-adik yang sedang mengerjakan tugas. Selain itu dapat menambah wawasan kalian tentang Contoh narasi pengalaman pribadi. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian jadikan referensi belajar bahasa Indonesia. 

Baca juga artikel terkait berikut ini ya:
1. Contoh teks narasi sugestif dan ekspositoris terbaru
2. 2 contoh paragraf narasi sugestif terbaru
2 Contoh Teks Narasi Pengalaman Pribadi Bahasa Indonesia | ikhwan mukhlisi | 5