3 Contoh Percakapan Antara Dua Orang Di Telepon

Bahasa Indonesiaku - Contoh percakapan antara dua orang di telepon – Percakapan dapat terjadi antara dua orang atau lebih. Percakapan dapat dibagi berdasarkan dua kondisi yaitu formal dan informal. Percakapan formal akan terjadi jika berada di tempat formal atau dengan orang yang lebih tua. Adapun untuk percakapan informal dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Percakapan antara dua orang di telepon merupakan contoh dari percakapan formal dan bisa juga termasuk dalam percakapan tidak formal. Berkomunikasi melalui telepon termasuk dalam jenis komunikasi tidak langsung. Meski begitu, kalimat yang diucapkan melalui pesawat telepon harus mencerminkan etiket kesantunan dan juga keefektifan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi melalui telepon, yaitu salam pembuka pembicaraan, menyatakan identitas diri, saat menerima telepon, menutup pembicaraan,waktu bertelepon, sikap bertelepon, dan efisien.

Berikut ini beberapa contoh percakapan dua orang di telepon.

Contoh Percakapan Antara Dua Orang Di Telepon

Contoh percakapan antara dua orang di telepon -- Contoh 1.

Dina   : Halo, Selamat siang, BU. Saya Dina, bisa berbicara dengan Jelita?
Ibu         : Bisa, tunggu sebentar ya.
Dina : Iya, Bu.
Jelita : Halo, ada apa Dina?
Dina  : Maaf ya aku mengganggu jam istirahatmu. Aku hanya mau mengingatkan jangan lupa nanti sore untuk membawa semua nota pengeluaran kegiatan kemah kemarin. Karena, hari ini mau aku rekap.
Jelita : Iya tidak apa Dina, nanti aku akan membawa semua nota dan catatan yang diperlukan saat rapat. Terima kasih ya sudah mengingatkan.
Dina         : Iya, sama-sama. Sudah ya. Selamat siang. Terima kasih.
Jelita : Iya, sama-sama. Selamat siang.

Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam membuat percakapan dalam telepon. Kita tidak diperbolehkan menebak siapa si penerima telepon tanpa mengecek terlebih dahulu. Langsung berbicara tanpa mengecek siapa si penerima dapat menyebabkan ketidaksopanan. Contoh di atas, merupakan contoh percakapan melalui telepon yang benar dan sesuai dengan etika kesantunan. Berikut ini, adalah contoh percakapan dalam telepon yang kurang atau tidak santun.

Baca juga artikel terkait berikut ini:


Contoh percakapan antara dua orang di telepon -- Contoh 2.

Shelly : Halo, ini Jelita ya?
Ibu         : Maaf ini siapa? 
Shelly : Oh, ini Shelly. Jelita ada? Bisa panggilkan?
Ibu         : Jelita belum pulang, dia masih mengikuti bimbingan belajar. Ada pesan?
Shelly : Yah, ya udah deh, pesan aja ya kalau besok jangan lupa bawa buku paketnya soalnya saya mau pinjam. Sampaikan ya Bu.
Ibu         : Iya, nanti saya sampaikan.
Shelly : Makasi ya.
Ibu         : Iya. Sama-sama.
Pada contoh kedua, terlihat jelas bahwa penelpon bersikap dan menggunakan kata-kata yang tidak sopan. Percakapan pada contoh kedua tidak sesuai dengan etika kesantunan. Berikut ini satu lagi contoh percakapan antara dua orang di telepon.

Contoh percakapan antara dua orang di telepon -- Contoh 3.

Percakapan ini terjadi pada pukul 22.30.

Jelita : Halo, Selamat malam Pak.
Bapak : Selamat malam. Ini siapa dan ada apa? 
Jelita : Maaf Pak, ini Jelita. Saya mau menanyakan tentang PR yang harus dikumpulkan besok. Saya kurang jelas. Jadi, saya minta Dina untuk membantu saya menjelaskannya.
Bapak : Tapi Dina sudah tidur. Karena besok ujian, Dina tidur lebih awal.
Jelita : Baiklah, kalau begitu. Mungkin besok pagi saya coba telepon kembali. Terima kasih dan selamat malam Pak.
Bapak : Iya, sama-sama. Selamat malam.

Contoh di atas menunjukkan tidak adanya etika kesantunan dalam berkomunikasi melalui telepon. Pertama, penelepon tidak menyampaikan permohonan maaf kepada penerima telepon. Kedua, penelepon menelpon lebih dari jam 22.00 dengan keperluan yang tidak mendesak atau tidak begitu penting. Apakah menepon di atas jam 22.00 tidak di izinkan? Dizinkan tetapi dengan beberapa catatan, seperti keperluan mendesak dan penting, menyampaikan permohonan maaf, dan menggunakan waktu dengan sangat efisien.

Demikianlah Penjelasan dan Contoh percakapan antara dua orang di telepon, diharapkan dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas dan menambah wawasan kalian. Terima kasih sudah membaca artikel dengan judul Contoh percakapan antara dua orang di telepon semoga bermanfaat. Kunjungi juga blog kami di bahasaindonesia.net ya. Ada banyak sekali artikel tentang pelajaran bahasa Indonesia yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Terimakasih.
3 Contoh Percakapan Antara Dua Orang Di Telepon | ikhwan mukhlisi | 5