Contoh Pidato Tentang Bahaya Merokok Bahasa Indonesia

Contoh pidato tentang bahaya merokok bahasa Indonesia – Sebelum kita menulis atau membuat contoh pidato, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertian dari pidato. Pidato adalah sebuah keiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, memberikan informasi, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Selain pengertian, sebelum menulis contoh pidato tentang bahaya merokok bahasa Indonesia kita juga harus mengerti fungsi pidato, contoh, praktik, dan metode pidato.

berikut penjelasan masing-masing bagian dari materi pidato.
1. Fungsi pidato
Pada dasarnya apapun yang kita lakukan haruslah memiliki fungsi yang sesuai dan berdampak baik untuk semuanya.  Ada tiga fungsi pidato dalam pembelajaran, yaitu
a. Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan
b. Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi
c. Menciptakan suatu keadaan yang kondusif dimana hanya perlu satu orang saja yang melakukan orasi atau pidato.

2. Contoh pidato
a. Pidato kenegaraan
b. Pidato wisuda
c. Pidato kepemimpinan
d. Pidato keagamaan
e. Orasi
f. Pidato pengarahan
g. Pidato pemberian informasi

3. Praktik pidato
a. Dipraktikan oleh pemimpin organisasi
b. Dipraktikan oleh pejabat
c. Presiden
d. Seseorang yang pakar atau menguasai topik pidato
e. Seseorang untuk menenangkan massa

4. Metode pidato
a. Impromptu adalah metode pidato yang serta merta atau tanpa adanya persiapan.
b. Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah terlebih dahulu.
c. Naskah yaitu dengan hanya membacakan teks pidato yang telah disiapkan.
d. Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar atau konsep dasar pidato.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat lebih mudah untuk membuat contoh pidato tentang bahaya merokok bahasa Indonesia. Berikut ini contoh pidato tentang bahaya merokok bahasa Indonesia. 

Contoh Pidato Tentang Bahaya Merokok Bahasa Indonesia

Yang terhormat ketua Yayasan Bunda Kasih
Yang saya hormati semua kepala sekolah, para dewan guru, orangtua, wali dan anak-anak yang saya banggakan

Assalamualaiku warahmatullahi wabarakatuh 
Selamat pagi, dan salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya lah kita dapat berkumpul di tempat ini.

Bapak, ibu, dan hadirin yang berbahagia

Sekarang ini, kata rokok sudah tidak asing lagi ditelinga. Kita mengerti benar bahwa rokok adalah barang yang sama sekali tidak memiliki manfaat bagi kesehatan badan. Justru dengan menghisap rokok sama dengan memasukkan zat beracun ke dalam tubuh. Setiap asap rokok yang dihisap tidak kurang dari 4000 unsur zat kimia yang akan masuk dan berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa zat yang terkandung dalam rokok yang berbahaya adalah nikotin, tar, dan karbonmonoksida. Nikotin adalah jenis zat yang terdapat pada tembakau, bersifat beracun dan menyebabkan ketergantungan atau ketagihan. Zat ini dapat mempenaruhi kerja syaraf otak dan jantung. Tar adalah zat yang sangat cepat menyebabkan penyakit kanker. Karbon monoksida yaitu gas beracun yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan penghisapnya mengalami napas pendek dan kurang stamina. 

Baca juga artikel terkait berikut ini:

2. Contoh pidato tentang bahaya narkoba terbaru

Dari penjelasan di atas, kita bisa mengetahui dengan jelas bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Kita sebagai orangtua, wali, sekaligus pendamping memiliki peran penting dalam mencegah, mengurahi, dan mengobati mereka yang telah menjadi perokok. Kita harus selalu mengingatkan kepada anak-anak, generasi muda bahwa merokok tidaklah ada gunanya. Para orangtua juga bisa mengawasi pergaulan yang bisa saja mengakibatkan anak mengenal rokok, menjadi perokok pasif pada awalnya, dan akhirnya menjadi perokok aktif.

Bapak, ibu, dan hadirin yang berbahagia

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah, mengurahi, bahkan mengobati seseorang yang telah menjadi pecandu rokok. Cara yang paling sederhana adalah niat dari diri sendiri untuk berhenti, melakukan banyak aktivitas yang bermanfaat (olah raga, bekerja, dan belajar), dan mengurahi jumlah rokok secara konsisten dari hari ke hari. 

Bapak, ibu, dan hadirin yang berbahagia

Kita pasti memiliki harapan-harapan yang sama untuk generasi muda. Memiliki generasi yang bebas narkoba, rokok, dan kriminalitas. Tetapi harapan itu akan menjadi harapan yang klise bila kita acuh tak acuh pada kondisi ini. Dengan mengurangi atau berhenti merokok berarti sudah melakukan satu gerakan hidup sehat.

Ingatlah perjalanan mengejar dan mencari ilmu masih panjang, berdoa, berusaha, berjuang, dan bertahan merupakan kunci kesuksesan. Jadikanlah hidup kalian lebih baik dari hari ini dan percayalah tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras, kedisiplinan, dan kesungguhan. Masa depan akan tetap indah dengan hidup sehat. 

Demikian pidato dari saya, Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikian contoh pidato tentang bahaya merokok bahasa Indonesia, diharapkan dapat membantu pembaca dalam melengkapi dan menambah pengetahuan pidato tentang bahaya merokok dalam bahasa Indonesia. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Contoh Pidato Tentang Bahaya Merokok Bahasa Indonesia | ikhwan mukhlisi | 5