Contoh Pidato tentang Bahaya Narkoba bagi Pelajar Terbaru

Contoh pidato tentang bahaya narkoba bagi pelajar – Sebelum kita menulis atau membuat contoh pidato, ada baiknya kita mengerti terlebih dahulu pengertian dari pidato. Pidato adalah sebuah keiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, memberikan informasi, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Selain pengertian, sebelum menulis contoh pidato pendidikan tentang bahaya narkoba bagi pelajar kita juga harus mengerti fungsi pidato, contoh, praktik, dan metode pidato.

Berikut penjelasan masin-masing bagian dari materi pidato.

1. Fungsi pidato
Pada dasarnya apapun yang kita lakukan haruslah memiliki fungsi yang sesuai dan berdampak baik untuk semuanya.  Ada tiga fungsi pidato dalam pembelajaran, yaitu
a. Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan
b. Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi
c. Menciptakan suatu keadaan yang kondusif dimana hanya perlu satu orang saja yang melakukan orasi atau pidato.

2. Contoh pidato
a. Pidato kenegaraan
b. Pidato wisuda
c. Pidato kepemimpinan
d. Pidato keagamaan
e. Orasi
f. Pidato pengarahan
g. Pidato pemberian informasi

3. Praktik pidato
a. Dipraktikan oleh pemimpin organisasi
b. Dipraktikan oleh pejabat
c. Presiden
d. Seseorang yang pakar atau menguasai topik pidato
e. Seseorang untuk menenangkan massa

4. Metode pidato
a. Impromptu adalah metode pidato yang serta merta atau tanpa adanya persiapan.
b. Memoriter yaitu metode berpidato dengan menghapalkan naskah terlebih dahulu.
c. Naskah yaitu dengan hanya membacakan teks pidato yang telah disiapkan.
d. Ekstemporan yaitu metode berpidato dengan terlebih dahulu menyiapkan garis-garis besar atau konsep dasar pidato.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat lebih mudah untuk membuat contoh pidato singkat tentang bahaya narkoba bagi pelajar. Berikut ini contoh pidato tentang bahaya narkoba bagi pelajar.

Baca juga artikel terkait berikut ini:

Contoh Pidato tentang Bahaya Narkoba bagi Pelajar

Bahaya Narkoba Bagi Pelajar

Yang terhormat kepala sekolah Gilang Gemilang.
Yang saya hormati semua dewan guru, orangtua, wali dan para undangan yang berbahgia, serta anak-anak yang saya banggakan

Assalamualaiku warahmatullahi wabarakatuh 
Selamat siang, dan salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya lah kita dapat berkumpul di tempat ini.

Para hadirin yang saya banggakan

Narkoba adalah obat, bahan, dan zat yang penggunaannya mendapat pengawasan khusus dari setiap orang. Penggunaan narkoba secara berlebihan dapat menyebabkan kecanduan dan merusak kesehatan. Mengonsumsi narkoba secara berlebihan dan tanpa diawasi oleh dokter dapat menyebabkan kerusakan syaraf otak, jantung, peredaran darah terganggu, pernapasan, dan lain-lain. 
Untuk saat ini pengguna narkoba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal yang sangat disayangkan adalah usia yang menjadi korban narkoba antara usia 11 tahun sampai dengan 25 tahun  ke atas. Itu artinya, narkoba sudah mengancam generasi muda yang masih dalam usia produktif. 

Para hadirin yang saya banggakan

Penyalahgunaan narkoba akan bedampak buruk bagi kesehatan tidak hanya kesehatan secara psikologis tetapi juga gangguan fisik pagi pelajar atau generasi muda. Dampak psikolgis yang muncul dapat berupa berpikir tidak normal, berperasaan cemas atau tidak tenang, lemas, dan tidak bersemangat. Dampak secara fisik bagi pengguna narkoba adalah gangguan pada sistem syaraf (menimbulkan dampak halusinasi, kejang, dan gangguan kesadaran), gangguan jantung,  gangguan kulit, dan dapat terinveksi virus HIV  dan AIDS akibat penggunaan jarum suntik secara bersama-sama. 

Selain dampak itu, ada juga dampak yang akan ditimbukan dari penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja/ pelajar. Seperti, seringnya membolos, menurunkan kedisiplinan dan nilai-nilai pembelajaran, susah berkonsentrasi, mudah tersinggung dan cepat marah, sering mengantuk, tidak memiliki sikpa peduli dengan diri sendiri atau dengan orang lain, dan lambat laun akan menjadikan anak sebagai pencuri hanya untuk mendapatkan uang untuk membeli narkoba.

Para hadirin yang saya banggakan

Dari penjelasan di atas, kita mengerti benar tak ada dampak baik yang dihasilkan dari penyalahgunaan narkoba. Jadi, kita selaku orangtua, pembimbing, dan keluarga marilah bersama-sama menjaga dan bekerja sama memerangi narkoba dikalangan pelajar. Dengan bekerja sama kita akan dapat mewujudkan harapan kita dimana Bangsa Indonesia menjadi negara yang bersih dan generasi pelajar bebas dari narkoba.

Demikian pidato saya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat siang.

Demikianlah contoh pidato singkat tentang bahaya narkoba bagi pelajar. Diharapkan  informasi ini dapat menambah pengetahuan pembaca tentang bahaya narkoba dan contoh pidato tentang bahaya penggunaan narkoba dikalangan pelajar. Silakan kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Banyak sekalia artikel bermanfaat yang bisa kalian baca untuk menambah wawasan kalian tentang pelajaran bahasa Indonesia. Terimakasih
Contoh Pidato tentang Bahaya Narkoba bagi Pelajar Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5