Pengertian dan Jenis Esai Bahasa Indonesia Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan Jenis Esai Bahasa Indonesia – Esai merupakan karangan yang berbentuk prosa. Selain itu, esai merupakan karangan singkat yang berisi pendapat mengenai sebuah topik. Jadi, biasanya tidak begitu panjang dan mengupas suatu topik yang terbatas lingkupnya atau karangan yang berusaha mendorong pembaca untuk menerima suatu pandangan tertentu. Pada umumnya, esai ditulis oleh pengarang yang ingin memberikan komentar atau pendapatnya terkait masalah atau fenomena yang sedang hangat (banyak diperbincangkan publik). Pengarang atau pembuat esai disebut dengan esais. Esai bukanlah sebuah hasil dari imajinasi, melainkan berdasarkan fakta-fakta yang ada dan dapat dipercaya. Sebuah esai yang baik hendaknya berisikan beberapa bagian, yaitu

1. Pendapat atau pandangan
        Bagian awal yang berisi pendapat atau pandangan penulis tentang suatu hal atau topik.
2. Pembuktian atas pandangan tersebut
        Bagian dari esai yang berisikan tentang pembuktian yang mendukung pandangan tersebut.
3. Fakta atau contoh yang mendukung pandangan tersebut.
     Bagian dari esai yang memberikan atau memaparkan fakta-fakta yang mendukung pandangan tersebut. Dengan demikian, esai akan menjadi kuat dan terpercaya.  Selain itu, pembaca jua akan menjadi semakin yakin dan mengikuti apa yang dituliskan pengarang melalui esai tersebut.

Contoh kerangka penulisan esai adalah sebagai berikut.

Topik
1. Pendapat 1
a. Penjelasan/ pembahasaan
b. Pembuktian
c. Contoh 

2. Pendapat 2
a. Penjelasan 
b. Pembuktian
c. Contoh 
3. dan seterusnya

Jadi, menulis sebuah esai hendaknya memuat ketiga hal tersbeut. Dengan demikian, esai yang akan dibuat akan memiliki kualitas yang baik. Selain itu, esai akan mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.

Pengertian, tipe esai, dan bagian-bagiannya – Esai terdiri dari dua tipe atau jenis, yaitu berdasarkan bentuknya dan berdasarkan tujuannya. Esai yang berdasarkan bentuknya dibagi menjadi empat, yaitu

a. Esai formal 
Esai formal adalah esai yang memiliki tujuan dan situasinya resmi, misalnya mengupas atau membahas tentang topik yang ditujukan kepada pembaca yang serius. Dalam menulis esai formal, penulis harus mengupas atau membahas secara ilmiah, sehingga gaya penulisannya pun menggikuti aturan penulisan yang formal dan sistematis.

b. Esai informal 
Esai informal adalah esai yang tujuan dan situasinya tidak resmi, melainkan santai, misalnya mengupas atau membahas sesuatu kepada pembaca umum. Penulis akan menulisnya secara femiliar, ringan, dan bisa juga dibubuhi humor.

c. Esai kritik
Esai kritik adalah esai yang menilai baik dan buruk, manfaat tidaknya, kelebihan dan kekurangan suatu karya. Misalnya, seseorang hendak menulis kritik tentang suatu karya sastra, ia dapat membicarakan dan menilai berbagai unsur membentuk karya sastra tersebut, baik yang intrinsik maupun yang ekstrinsik.

d. Artikel penelitian
Artikel penelitian adalah esai yang berisi tentang pengetahuan dari hasil penelitian. 

Pengertian, tipe esai, dan bagian-bagiannya—Esai  yang berdasarkan tujuannya terdiri dari esai paparan, esai argumentasi, esai cerita, esai lukisan, dan esai ajakan. Berikut penjelasan masing-masing jenisnya.

a. Esai cerita
Esai cerita adalah esai yang bertujuan menghadirkan barang, orang, atau sesuatu yang dilukiskan itu di depan angan-angan pembaca sehingga pembaca seperti melihat bentuknya, mendengar suaranya, merasakan kelembutannya, mencecap kemanisan atau kepahitannya, mencium baunya. Jadi, barang, orang, atau sesuatu yang dilukiskan haruslah bersumber pada kesan utama yang hendak disampaikan kepada pembaca.

b. Esai paparan 
Esai paparan bertujuan menjelaskan atau memeparkan suatu hal kepada pembaca. 
c. Esai argumentatif
Esai argumentatif bertujuan meyakinkan pembaca untuk menerima ide, pandangan , sikap, atau kepercayaan penulis. Penulis berusaha menunjukkan kebenaran suatu ide dengan motif agar pembaca pada akhirnya berpihak kepada penulis, kemudian berbuat sesuatu.

d. Esai lukisan 
Esai lukisan adalah esai yang bertujuan melukiskan atau menggambarkan sesuatu kepada pembaca sehingga pembaca memahami hal yang disampaikan.

e. Esai ajakan
Esai ajakan merupakan esai yang bertujuan untuk mengajak pembaca agar mengikuti pendapat yang disampaikan penulis. 

Pengertian, tipe esai, dan bagian-bagiannya – Beberapa contoh judul esai yang ada adalah sebagai berikut,
1. Esai dengan judul “Mahasiswa, Narkoba, dan Dunia Malam” karya Toha Effendi Mochtar.
2. Esai dengan judul “Pesona Jogja sebagai Kota Wisata dan Pelajar” karya Zeinita Affrianti.
3. Esai dengan judul “Maraknya Kecelakaan Menjelang Hari Raya” karya Fitria Handayani.
4. Esai dengan judul “Busway, Solusi Alternatif Kemacetan Kota Jakarta” karya Sunanto Ardhi Prabowo.
5. Esai dengan judul “Olahraga Obat Alternatif Penyehat Jiwa dan Raga” karya Maria Ulfa.
6. Esai dengan judul “Bali, Pulau Terindah Asia yang Dimiliki Indonesia” karya Endah Lelyana Dewi.

Demikian penjelesan tentang Pengertian dan Jenis Esai Bahasa Indonesia, diharapkan artikel ini dapat membantu adik-adik yang sedang mengerjakan tugas. Selain itu, artikel tentang Pengertian, tipe esai, dan bagian-bagiannya juga dapat menjadi salah satu referinsi kalian dalam tugas tersebut. Terima kasih telah membaca artikel kami dan jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Banyak sekali artikel lainnya yang bisa kalian baca. Semoga bermanfaat.
Baca juga artikel berikut ini ya:
Pengertian dan Jenis Esai Bahasa Indonesia Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5