2 Contoh Paragraf Esai Tentang Pendidikan

Bahasa Indonesiaku - Contoh Paragraf Esai Tentang Pendidikan – Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang saling berhubungan antara satu dan yang lain. Paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru atau alinea (KBBI,2005:828). Esai adalah sebuah opini atau pendapat yang dimiliki oleh penulis tentang suatu permasalahan yang sedang hangat terjadi. Penulisan esai yang baik adalah esai yang berisikan lengkap dan berbobot. Berbobot dalam kata lain yaitu memiliki isi yang baik dalam sebuah paragraf dan sudah dapat dipastikan kebenarannya. Dengan makna lain yaitu, paragraf esai bertujuan untuk membantu pembacanya memahami apa yang sedang disampaikan seorang penulis lewat apa yang mereka tulis tentang pembahasan yang sedang terjadi sebelumnya.

Contoh Paragraf Esai Tentang Pendidikan

Berikut ini adalah contoh paragraf esai yang kami dapat sampaikan.

CONTOH 1
Penanaman karakter yang baik kepada anak bangsa

Sekarang ini, cara bergaul yang dilakukan para remaja sangatlah melenceng dari norma-norma yang ada baik itu remaja putri dan putra. Banyaknya perilaku mereka yang memalukan anak bangsa seperti, Seks bebas dan pemakaian narkoba. Hal tersebut dapat terjadi karena tidak adanya penanaman karakter yang baik pada remaja. Rendahnya karakter yang baik pada remaja saat ini dikarenakan kurangnya perhatian dari pihak keluarga maupun sekolah. Maka dari itu penulis berpendapat bahwa penanaman karakter yang baik itu haru di lakukan sejak dini karena penanaman karakter yang terlambat pada anak dapat berakibat buruk untuk kehidupannya mendatang. Perincian manfaat karakter itu sendiri ialah pendidikan karakter yang baik dan tepat akan sangat membantu seseorang untuk berperilaku baik. Hal itu dikarenakan mereka bukan hanya dididik dengan ilmu dunia saja tetapi juga mereka akan mendapatkan ilmu agama yang dapat memperbaiki jiwa mereka. Jika mereka mendapatkan pelajaran seperti itu sejak dini mereka akan menjadi remaja yang baik dan dapat diterima oleh masyarakat. Remaja yang memiliki mental yang kuat dan kepercayaan diri yang tinggi apabila seseorang memiliki hal semacam itu dalam hidupnya alhasil mereka akan hidup dengan baik seperti apa yang mereka inginkan dan keluarga mereka harapkan. Oleh karena hal itu pendidikan sangatlah penting untuk siapa saja tanpa terkecuali, hal ini dikarenakan memberikan manfaat yang banyak bagi kehidupan dengan menciptakan perilaku yang bermoral dengan mental yang kuat.


Contoh Esai Tentang Pendidikan

CONTOH 2

Akankah pendidikan gratis terjadi?

Sekarang ini kemiskinan terjadi dimana-mana bukan hanya di daerah pedesaan saja bahkan di perkotaan terjadi kemiskinan dari mulai banyaknya kantor yang bangkrut tutup, phk terjadi dimana-mana dan masih banyak lagi hal yang dapat menimbulkan kemiskinan. Oleh karena itu dijaman sekarang ini bukanlah hal yang asing bagi para calon pemimpin yang menggunakan trik khusus untuk mendapatkan hati warga dengan cara memberikan janji, baik itu pemimpin pusat maupun daerah mereka semua memberikan janji untuk adanya sekolah gratis, Akan tetapi penerapan ini kuranglah tepat untuk dilakukan karena hal ini dapat menimbulkan permasalahan antara orangtua dan guru seperti halnya di sekolah para siswa tetap saja mengeluarkan uang mereka untuk keperluan sekolah seperti seragam, dan keperluan sekolah lainnya. Hal itu disebabkan karena bantuan yang diberikan pemerintah hanya bantuan operasional saja seperti biaya listrik, air dan buku-buku.

Semua itu tidaklah cukup karena sekolah memerlukan biaya operasional yang diperlukan setiap harinya seperti biaya untuk fotokopi, spidol dan lain-lain. Hal itulah yang dapat menyebabkan sekolah mau menarik biaya kepada siswa mereka. Maka dari itu pemberian kata gratis kuranglah tepat karena berbagai hal yang masih sangat kurang di dalam penerapannya bagi masyarakat yang memang benar-benar membutuhkannya.

Demikianlah artikel tentang Contoh Paragraf Esai Tentang Pendidikan apabila terdapat kekurangan di dalam artikel ini kami mohon maaf dan terima kasih atas waktu untuk membaca artikel ini dan semoga artikel ini dapat berguna untuk menambah wawasan kalian. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Kalian dapat membaca puluhan artikel tentang materi pelajaran bahasa Indonesia yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Semoga bermanfaat dan terimakasih. 
2 Contoh Paragraf Esai Tentang Pendidikan | ikhwan mukhlisi | 5