2 Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Contoh paragraf induktif analogi lengkap – Analogi atau kadang-kadang disebut juga analogi induktif adalah suatu peoses penalaran yang bertolak dari dua peristiwa khusus yang mirip satu sama lain, kemudian menyimpulkan bahwa apa yang berlaku untuk suatu hal akan berlaku pula untuk hal yang lain. sebab itu sering timbul salah pengertian antara analogi induktif atau analogi logis sebagaimana yang dikemukakan di atas dengan analogi deklaratif atau  analogi penjelas yang termasuk dalam persoalan perbandingan. Analogi induktif atau analogi logis sebagai suatu proses penalaran bertolak dari suatu kesamaan aktual antara dua hal. Berdasarkan kesamaan aktual itu, penulis akan dapat menurunkan suatu kesimpulan bahwa karena hal itu mengandung kemiripan dalam hal-hal yang penting, maka mereka akan sama pula dalam aspek-aspek yang kurang penting.

Untuk lebih jelas perhatikan Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap berikut ini.

Contoh Paragraf Induktif Analogi 


Jelita adalah tamatan dari Fakultas Ekonomi Universitas Omega. Ia telah memberikan banyak prestasi yang sangat luas biasa pada perusahaan Omikron, tempat di mana dia bekerja sekarang. Jelita telah berhasil menyumbangkan dan mengajukan banyak banyak usul mengenai berbagai cara dalam pemecahan masalah atau berbagai kesulitan yang ada dalam perusahaannya. Kemampuan Nina membuat direktur perusahaannya tertarik untuk membuka lowongan kerja dan mencari pegawai baru untuk membantu Nina. 

Pada waktu penerimaan pegawai-pegawai baru, Direktur Perusahaan langsung saja menerima Tomi, karena Tomi adalah alumnus dari Fakultas Ekonomi Universitas Omega, seperti halnya Nina. Semua pelamar lain diabaikan begitu saja tanpa ada klarifikasi. Menurut logika direktur perusahaan, karena Tomi tamatan atau lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Omega, maka pasti dia akan memiliki kecerdasan dan ketekunan atau kualitas kerja yang lebih atau sekurang-kurangnya akan memiliki kemampuan kerja yang sama terhadap Nina.

Penjelasan - Dalam hal ini dia tidak mengambil keputusan karena data-data yang mengungkapkan siapa itu Tomi, tetapi ia hanya melihat bahwa Tomi berasal dari Fakultas Ekonomi Universitas Omega seperti halnya dengan Nina yang telah dikenalnya sejak lama (awal kerja Nina di perusahaan). Direktur memiliki pemikiran bahwa Universitas Omega atau sekurang-kurangnya Fakultasnya dibina dan dibimbing oleh tenaga dosen yang berkualitas, ahli, dan berwibawa dalam masalah perekonomian. Selain itu, direktur juga berpikir bahwa Fakultas Ekonomi itu juga mempunyai sistem disiplin yang sangat bagus dan tinggi.  Alumninya juga sangat terkenal di mana-mana. Hal itu telah dibuktikan dengan prestasi yang diperhatikan Nina. Denan demikian, Tomi pasti juga akan bisa memberikan prestasi yang sama dengan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Omega lainnya. 

Perhatikan contoh kedua berikut ini

Contoh Paragraf Induktif Analogi 

Awal bulan ini adalah bulan yang yang tidak menyenangkan bagi Dina. Bagaimana tidak, baru saja berpacaran dengan laki-laki selama 3 bulan Dina langsung diputuskan tanpa sebab. Perkenalan itu dimulai dari facebook beberapa bulan yang lalu. Karena hal tersebut Dina menjadi sakit hati. Hal itu terbukti, ketika ada beberapa lelaki yang mencoba mendekati Dina, Dina tidak menanggapinya atau bahkan lebih tepatnya mengabaikannya. Dina berpikir bahwa laki-laki yang ia kenal lewat facebook tidak baik dan cenderung lebih membuatnya sakit hati. Dia beranggapan laki-laki itu akan sama dengan laki-laki yang pernah dia kenal dan kemudian dekat melalui facebook. 

Penjelasan - Berdasarkan contoh kedua dapat pula dilihat jelas analoginya. Bahwa Dina tidak percaya lagi dengan laki-laki yang dia kenal mellaui facebook. Dia beranggapan bahwa semua laki-laki yang mendekatinya lewat facebook akan sama dengan laki-laki yang pernah menyakiti hatinya. 

Dari dua contoh di atas dapat kita lihat bahwa analogi dapat dilihat sebagai suatu proses penalaran untuk menurunkan suatu keismpulkan berdasarkan kesamaan aktual antara dua hal. Dua hal tersbeut dapat dirinci menjadi tujuan-tujuan sebagai berikut. Pertama, untuk meramalkan kesamaan. Kedua, untuk menyingkapkan kekeliruan. Ketiga, untuk menyusun sebuah klasifikasi. Analogi juga dapat mengalami tumpang tindih dengan hipotese. Tidak ada garis yang tegas untuk membedakan satu dari yang lain. analogi induktif untuk meramalkan kesamaan bisa juga merupakan hipotese, dan untuk menyusun klasifikasi jelas ia dapat juga dimasukkan dalam klasifikasi.

Demikian penjelasan tentang Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap, Semoga artikel ini bermanafaat bagi kalian yang sedang mempelajari materi tentang pengertian dan contoh paragraf induktif analogi. Jangan lupa baca juga artikel terkait berikut ini ya. Terimakasih

2 Contoh Paragraf Induktif Analogi Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5