2 Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat Singkat

Bahasa Indonesiaku - Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat – Paragraf induktif adalah adalah paragraf yang gagasan utamanya berada di akhir paragraf. Penataan ini dilakukan dengan cara menyusun ide-ide khusus dan dilanjutkan dengan penyusunan ide-ide yang bersifat umum. Biasanya paragraf ini dimulai dengan kalimat-kalimat penjelas dari ide khusus/ ide pokok yang berada di akhir paragraf. Adapun paragraf induktif sebab akibat adalah hubungan sebab ke akibat yang mula-mula bertolak dari suatu peristiwa yang dianggap sebagai sebab yang diketahui, kemudian bergerak menuju kepada suatu kesimpulan sebagai efek atau akibat yang terdekat. Efek yang ditimbulkan oleh sebab tadi dapat merupakan efek tunggal, tetapi dapat juga berbentuk sejumlah efek bersama-sama, atau serangkaian efek. Berikut ini adalah dua contoh tentang paragraf induktif sebab akibat. Paragraf satu adalah paragraf tentang induktif sebab akibat yang mengakibatkan efek yang terjadi secara bersamaan. Contoh kedua adalah contoh paragraf induktif sebab akibat dengan efek serangkaian efek. 

Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat 

Berikut ini merupakan contoh 1 paragraf induktif sebab akibat.

Musim Hujan

Musim hujan adalah musim dimana intensitas turunnya hujan lebih banyak dan lebi sering dibandingkan dengan musim lainnya. Tanah menjadi becek, tanah menjadi berlumpur dan membuat cekungan, pakaian yang telah dicuci menjadi tidak kering, menyebabkan pusing jika kehujanan, sakit, dan lain-lain. Akibat lain dari musim hujan juga genangan air di mana-mana, erosi, banjir, dan meluapnya tempat penampungan air di beberapa tempat. Banyak yang mengeluh ketika musim penghujan. Apalagi penduduk yang berada di dekat tempat penampungan air hujan atau bantaran kali. Bagi mereka musim penghujan seperti musibah yang tidak diharapkan kedatangannya. Dengan demikian, kita harus waspada dengan efek atau akibat dari musim hujan.

Penjelasan - Paragraf di atas merupakan contoh dari paragraf induktid sebab akibat. Pada kata yang bercetak tebal pertama (musim hujan) merupakan penyebab atau sebab dari se=uatu hal terjadi. Apapun untuk kalimat yang bercetak tebal ke dua (Tanah menjadi becek, tanah menjadi berlumpur dan membuat cekungan, pakaian yang telah dicuci menjadi tidak kering, menyebabkan pusing jika kehujanan, sakit, dan lain-lain. Akibat lain dari musim hujan juga genangan air di mana-mana, erosi, banjir, dan meluapnya tempat penampungan air di beberapa tempat.) merupakan akibat dari musim hujan. Untuk yang bercetak tebal pada akhir paragraf adalah ide pokok atau kalimat utama paragraf induktif. Paragraf di atas menunjukkan akibat yang terjadi secara bersamaan dari musim hujan.


contoh 2 paragraf induktif sebab akibat

Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM)

Kenaikan harga bahan bakar minyak yang telah dilakukan diawal tahun ini menyebabkan biaya transportasi menjadi ikut naik. Biaya angkutan naik mulai dari 4000 naik menjadi 5000 untuk daerah Bandar Lampung. Naiknya biaya transportasi juga mengakibatkan para penyalur bahan makanan menjadi ikut menaikan harga jasa penyaluran bahan makanan. Tidak hanya berhenti sampai di situ, penyalur yang menaikkan hraga jasa mereka mengakibatkan penjual bahan makanan menjadi menaikkan harga bahan makanan mereka hingga 10% dari harga semula. Alhasil, kenaikan bahan makanan mengakibatkan banyak pihak yang mengalami kesulitan untuk bertahan hidup. Kesulitan yang terjadi terus menerus mengakibatkan banyak buruh dan tenaga pekerja lainnya menutut kenaikan gaji atau umpah. Tidak hanya itu, perusahaan akan kewalahan memikirkan bagaimana caranya menaikan upah buruh dalam kondisi yang tidak memungkinkan sehingga muncullah PHK atau Pemutuhan Hubungan Kerja. Berbagai efek atau akibat dari kenaikan BBM tidaklah dapat di anggap enteng. Kita harus bersama-sama menyingkapi kenaikan BBM dengan pikiran yang terbuka.

Penjelasan - Paragraf kedua di atas juga merupakan contoh dari paragraf induktif sebab akibat. Efek yang ditimbulkan pada paragraf kedua adalah efek rangkaian. Mulai dari kalimat pertama hingga kalimat akhir merupakan rangkaian efek atau kaibar dari naiknya harga BBM. Selain itu, sekaligus menjadi kalimat penjelas pai kalimat utama sebagai penyebab terjadinya serangkaian akibat.  

Demikianlah penjelasan tentang contoh paragraf induktif sebab akibat, semoga penjelasan dan contoh di atas dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolah. Selain itu, juga dapat menambah wawasan kalian tentang paragraf induktif sebab akibat. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya atau baca artikel terkait berikut ini.

Artikel terkait:
1. Contoh paragraf induktif generalisasi terbaru
2. Contoh paragraf induktif analogi terbaru
2 Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat Singkat | ikhwan mukhlisi | 5