3 Contoh Paragraf Induktif Generalisasi Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Contoh Paragraf Induktif Generalisasi – Paragraf generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan dari semua data yang sudah ada. Induktif adalah proses berfikir yang bertolak dari satu atau sejumlah fenomena individual untuk menurunkan suatu kesimpulan (inferensi). Proses penalaran ini mulai bergerak dari penelitian atau evaluasi fenomena-fenomena yang ada . Karena semua fenomena harus diteliti dan dievaluasi terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh ke proses penalaran induktif, maka proses penalaran itu juga disebut sebagai suatu corak berfikir yang ilmiah. Proses penalaran yang induktif dapat dibedakan lagi atas bermacam-macam variasi yang berturut-turut akan dikemukakan dalam bagian-bagian berikut yaitu: generalisasi, hipotese dan teori, analogi induktif, kausal dan sebagainya.

Generalisasi adalah suatu proses penalaran yang bertolak dari sejumlah fenomena individual untuk menemukan suatu inferensi yang bersikap umum yang mencakup semua fenomena tadi. Tetapi sebagai sudah dikatakan diatas, proses berfikir yang induktif tidak ada banyak artinya kalau tidak diikuti proses berfikir yang deduktif. Sebab itu generalisasi hanya akan mempunyai makna yang penting, kalau kesimpulan yang diturunkan dari sejumlah fenomena tadi bukan saja mencakup semua fenomena itu, tetapi juga harus berlaku pada fenomena-fenomena lain yang sejenis yang belum diselidiki. Bila kita berbicara mengenai data atau fakta dalam pengertian fenomena tadi, pikiran kita selalu terarah kepada pengertian mengenai sesuatu hal yang individual. 

Dalam kenyataanya data atau fakta yang dipergunakan itu sebenarnya merupakan generalisasi juga, yang tidak lain dari sebuah hasil penalaran yang induktif. Bila seorang berkata mobil adalah semacam kendaraan pengangkut, maka pengertian mobil dan kendaraan pengangkut merupakan hasil generalisasi juga. Dari bermacam-macam tipe kendaraan dengan cirri-ciri tertentu ia mendapatkan sebuah gagasan mengenai mobil, sedangkan dari bermacam-macam alat untuk mengangkut sesuatu lahirlah abstaksi yang lebih tinggi mengenai kendaraan pengangkut. Induktif dan juga generalisasi sebagai dikemukakan di atas sebenarnya mempunyai variasi yang beraneka ragam, sehingga penjelasan-penjelasan yang cermat kadang-kadang sukar ditampilkan. Tetapi mengenai generalisasi sendiri kita masih membedakan generalisasi yang membentuk loncatan induktif, dan yang bukan loncatan induktif.

Berikut ini merupakan contoh dari paragraf induktif generalisasi diantaranya sebagai berikut:

3 Contoh Paragraf Induktif Generalisasi

CONTOH 1
Contoh paragraf induksi generalisasi

Kelapa dapat dijadikan sebagai bahan baku makanan dan minuman yang segar. Tak hanya dimanfaatkan buahnya saja, kayu pohon kelapa juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Daun pohon kelapa juga dapat digunakan oleh beberapa orang sebagai bahan pembuat ketupat. Tidak hanya itu, daunnya juga menjadi bahan pembuatan media salah satu agama di Indonesia. Selain itu, pelepah pohon kelapa dapat kita jadikan sapu ijuk. Semua yang terdapat dalam pohon kelapa dapat dimanfaatkan dari pohon kelapa bahkan akarnyapun bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Oleh karena itu, ada baiknya jika pohon kelapa tumbuh di sekitar rumah warga karena sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.


CONTOH 2
Contoh paragraf induktif tentang pendidikan

Pendidikan yang dilakukan pada anak usia dini di khususkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki seorang anak secara optimal. Pembinaan yang akan dilakukan ini berfungsi untuk membentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Dengan adanya pembinaan ini siswa akan lebih siap untuk memasuki tahapan selanjutnya. Pendidikan bagi anak usia dini ini dilakukan juga untuk membangun potensi peserta didik agar menjadi manusia yang baik dan bermanfaat. Selain dari pada itu, pendidikan anak usia dini akan mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional. Pendidikan anak usia dini memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya anak.

CONTOH 3
Contoh paragraf induktif tentang kesehatan

Seseorang yang terserang influenza dapat disembuhkan dengan rimpang kencur yang ditumbuk dan diperas airnya, lalu diminum beberapa sendok. Seseorang yang terserang radang lambung dapat diobati juga dengan rimpang kencur caranya dengan mengunyah-ngunyah rimpang kencur sebesar ibu jari lalu ampasnya dibuang, begitu juga bila seseorang terserang masuk angin. Penderita diare ternyata dapat diatasi dengan dua iris rimpang kencur sebesar ibu jari yang diparut, ditambah air hangat, disaring, lalu diminum. Jadi, beberapa penyakit dapat diobat dengan meminum air rimpang kencur.

Demikianlah artikel yang kami buat tentang contoh paragraf induktif generalisasi semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dalam mengerjakan tugas dan terimakasih atas waktu teman-teman sekalian untuk membaca artikel kami. Jangan baca artikel terkait berikut ini ya atau kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net. Ada banyak artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian baca dan jadi bahan rujukan belajar. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Artikel terkait:
3 Contoh Paragraf Induktif Generalisasi Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5