4 Contoh Paragraf Padu beserta Penjelasannya Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan Contoh Paragraf Padu – Paragraf adalah sekelompok kalimat yang saling berhubungan dan bersama-sama menjelaskan satu unit  buah pikiran untuk mendukung buah pikiran yang lebih besar, yaitu buah pikiran yang diungkapkan dalam seluruh tulisan (Wiyanto, 2004: 15). Salah satu syarat paragraf yang baik adalah kepaduan. Dalam menggabungkan beberapa kalimat menjadi sebuah paragraf diperlukan adanya kepaduan dan kesatuan.Adapun paragraf padu berarti adanya hubungan antarkalimat yang erat antara kalimat satu dengan kalimat yang lainnya. Kepaduan paragraf dipengaruhi juga oleh kalimat utama dan kalimat penjelasnnya. 

Paragraf yang baik haruslah memperhatikan dan memperlihatkan hubungan antarkalimat dalam sebuah paragraf. Kepaduan antarkalimat dalam sebuah paragraf digunakan untuk memudahkan seseorang dalam memahami isi sebuah paragraf. Paragraf yang disusun dengan kalimat yang padu akan mengajak pembaca menikmati tulisan dan memahaminya secara urut dari awal hingga akhir.

Cara yang dapat dilakukan agar kalimat-kalimat dalam paragraf menjadi padu adalah sebagai berikut.

1. Mengulang kata atau kelompok kata yang sebelumnya sudah disebutkan dengan menggunakan kata/ kelompok kata yang sama atau menggunakan sinonimnya. Selain itu dapat juga menggunakan kara rujukan.
2. Menggunakan kata penunjuk itu, ini, tersebut, atau dengan kata di atas.
3. Membangun urutan ide yang jelas tiap paragrafnya.
4. Menggunakan kata konjungsi antarkalimat dan antar paragraf yang baik.

Setelah membaca dan dapat memahami cara membuat paragraf padu, berikut ini adalah contoh paragraf padu.

Contoh Paragraf Padu Bahasa Indonesia


Contoh paragraph padu tentang ikan hias 1

Ikan adalah binatang bertulang belakang yang hidup di dalam air dan bernapas menggunakan insang. Ikan memiliki fungsi yang berbeda ada yang menjadi bahan makanan dan ada juga yang menjadi hiasan. Ikan hias ini ada yang berasal dari air asin atau laut dan ada juga yang berasal dari air tawar. Ada lima jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari oleh pencinta ikan sebagai hiasan, yaitu Cupang, ikan Manfish, dan ikan Discuss.

Ikan Cupang adalah jenis ikan kecil yang cantik. Ikan hias ini sangat dikenal masyarakat Indonesia, khususnya anak-anak. Ikan ini terkenal akan kecantikannya. Ada yang berwarna biru, dan ada juga yang berwarna ungu. Ikan ini cantik karena ekornya mengembang. Sayangnya, ikan ini agresif sehingga tempat penyimpanannya harus tersendiri. Pusat budi daya ikan ini banyak terdapat di Indonesia.

Ikan Manfish dikenal juga dengan Angel Fish. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Ikan kecil ini juga digemari oleh banyak masyarakat Indonesia karena bentuknya yang indah. Bagian tubuhnya ada yang berwarna perak dan bagian ekornya berwarna merah tua. Erakan ikan ini sangat tenang. Pusat budi daya ikan ini terdapat di Jakarta dan Bogor.

Ikan Discuss merupakan rajanya ikan hias air tawar. Ikan ini menarik dan banyak peminatnya sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Ikan ini bentuk, warna, dan coraknya juga sangat menarik. Harga jual ikan ini juga mahal sehingga menguntungkan pemilikinya. Ikan ini belum banyak ada di Indonesia.

Ikan hias ini biasanya dipelihara di dalam kolam atau hanya di dalam akuarium. Salah satu manfaat mengoleksi berbagai ikan hias adalah mengurangi tingkat kesetressan dan sebagai hiburan. Selain itu, bisa juga dijadikan bisnis yang menguntungkan jika diniati dengan sungguh-sungguh.

Diolah dari sumber buku bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas VII

Baca juga artikel terkait berikut ini yaa:

1. Definisi dan fungsi paragraf bahasa Indonesia lengkap
2. Syarat-syarat  paragraf bahasa Indonesia yang baik 

Contoh paragraph padu tentang Tari Saman 2 

Tari Saman tercatat di UNESCO pada Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia. Penetapan itu dilaksanakan pada Sidang ke- 6 Komite Antar pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali, pada 24 November 2011. Pada awalnya Tari saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh laki-laki. Tari Saman mengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Redet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari. Sek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo. Selain nyanyian, gerakan tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Erak dalam tari itu disbeut guncang, kirep, dan surang-saring (semua nama erak ini dalam bahasa Gayo). 


Contoh paragraf padu tentang ibu kota Jakarta 3

Jakarta adalah kota yang padat akan penduduk. Semua orang berbondong – bonding untuk pergi ke Jakarta berharap untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Tercatat sebanyak 30 ribu jiwa penduduk yang tinggal di Jakarta. Kepadatan penduduk di Jakarta bukan karna penduduk asli yang mendiaminya terlalu banyak tetapi karena masyarakat desa yang ingin merubah hidup mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Keadaan seperti di atas disebut juga dengan urbanisasi , mereka semua dating dengan impian yang tinggi dan mimpi yang besar. Namun dari kebanyakan penduduk yang datang banyak diantaranya yang tidak memiliki bekal kemampuan sehingga mereka tidak dapat bersaing dengan masyarakat asli Jakarta itu sendiri. Dampak dari keadaan itu mereka tidak dapat tinggal dengan layak dan nyaman sehingga mereka mendirikan perkampungan kumuh di sudut – sudut kota, Contohnya saja mereka banyak yang memiliki tempat tinggal di bawah jembatan, di dekat kali, di pinggir tol dan tempat –tempat yang tidak layak untuk ditinggali. Oleh sebab itu, Jakarta sebagai ibukota Negara Indonesia terlihat sangat padat dan jauh dari rasa nyaman. 


Contoh paragraf padu tentang proses menanam singkong 4

Proses untuk menanam singkong merupakan hal yang cepat dan mudah. Kita tidak perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak dalam menanam singkong, karena dalam penanaman singkong kita hanya memerlukan batang singkong dan tanah sebagai tempat yang akan ditanami singkong. Namun, sebelum kita menanam singkong batang singkong perlu disiapkan dahulu agar dapat dengan mudah ditanam, yaitu batang singkong dipotong dengan panjang sebesar 5cm dengan salah sati ujungnya diruncingkan terlebih dahulu agar mempermudah tumbuhnya akar.

Sebelum ditanam batang singkong yang sudah ditanam harus didiamkan terlebih dahulu di tempat yang memiliki suhu lembab selama satu minggu lamanya hal itu berguna untuk menghilangkan getah yang ada pada singkong tersebut. Sebelum menunggu batang siap maka terlebih dahulu kita menyiapkan lahan dengan cara menggemburkannya terlebih dahulu agar oksigen dapat masuk ke dalam tanah yang nantinya akan di Tanami singkong tadi. Setelah satu minggu lamanya batang singkong yang dibiarkan di tempat lembab sudah mengeluarkan tunas  maka proses yang kita lakukan selanjutnya adalah menanamnya. Dalam menanan singkong kita harus member jarak antara batang yang satu dengan batang yang lainnya karena nanti tidak menggangu pertumbuhan singkong. 

Setelah penanaman singkong selesai langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memberikan pupuk secara teratur dan merawatnya selama enam bulan agar pertumbuhan pada singkong dapat sempurna seperti yang kita harapkan. Setelah singkong berumur enam bulan barulah singkong dapat dipanen.

Berdasarkan paragraf di atas, kita dapat melihat adanya kepaduan antar paragrafnya. Penggunaan kata yang telah disebutkan sebelumnya menunjukkan adanya keterkaitan antara paragraf satu dengan paragraf yang lainnya. Selain itu, paragraf pertama adalah paragraf inti dari keseluruhan paragraf. Paragraf ke tiga dan ke empat hanyalah penjelasan tentang apa yang telah disebutkan di atas (paragraf pertama). Adapun paragraf terakhir (lima) hanya sebagai penutup atau kesimpulan dari keseluruhan paragraf.

Demikian artikel tentang 4 contoh paragraf padu beserta penjelasannya. Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel tentang pelajaran bahasa Indonesia lainnya yang bisa kalian jadikan referensi dalam menambah pengetahuan kalian dalam mempelajari materi-materi bahasa Indonesia. Terimakasih
4 Contoh Paragraf Padu beserta Penjelasannya Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5