Contoh Kalimat Tanggapan dalam Diskusi yang Baik dan Benar

Bahasa Indonesiaku - Contoh kalimat tanggapan dalam Diskusi – Dalam kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa contoh kalimat tanggapan yang baik dan benar. Namun sebelumnya, alangkah baiknya jika kita memahami dulu apa itu makna kata tanggapan. Sehingga kita benar-benar mengerti apa yang dimaksud dengan kalimat tanggapan. Kalimat tanggapan biasanya digunakan dalam diskusi yang berfungsi untuk menanggapi apa yang sedang didiskusikan. Selain kalimat tanggapan, ada juga kalimat sanggahan dan kalimat persetujuan dalam diskusi. Namun untuk contoh kalimat sanggahan dan contoh kalimat persetujuan akan dibahas pada artikel selanjutnya. Dalam artikel ini saya akan fokus menjelaskan tentang cara menyampaikan tanggapan yang baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Tanggapan adalah sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dsb.) (KBBI, 2005 : 1138).  Dalam memberikan tanggapan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu materi, metode, tata tulis, dan penyampaian. Adapun bentuk-bentuk tanggapan ada berbagai macam, seperti pertanyaan, kritikan, perintah, masukan dan lain-lain. Tanggapan bisa disampaikan kapanpun, seperti saat seminar, penyampaian makalah, diskusi, atau debat.

Selain hal di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan atau mengungkapkan tanggapan baik, yaitu :
1. Tanggapan harus sesuai dengan materi yang disampaikan oleh pembicara.
2. Menggunakan kalimat yang efektif.
3. Utarakan tanggapan secara runtut 
4. Sampaikanlah tanggapan dengan menggunakan kalimat yang santun. 


Contoh Kalimat Tanggapan dalam Diskusi yang Baik dan Benar


Berikut ini adalah contoh kalimat tanggapan yang baik dan benar.
1. Apa latar belakang yang dapat Anda ungkapkan tentang topik penelitian yang Anda pilih?
2. Apakah sampel yang Anda gunakan dapat menggambarkan populasi yang sebenarnya?
3. Jelaskan kerangka teoritis yang Anda gunakan sebagai pijakan dalam penelitian tersebut!
4. Seharusnya, Anda hanya menyampaikan pokok-pokoknya saja dalam bentuk skema!
5. Kami merasa instrumen yang Anda gunakan untuk mengumpulkan data kurang lengkap.
6. Mengapa atau apa alasan Anda tidak menyantumkan daftar pustaka dalam penelitian Anda?
7. Saya pikir, tujuan penelitian Anda kurang spesifik.
8. Kutipan yang Anda cantumkan seharusnya disertai dengan sumbernya.
9. Paparan Anda terlalu panjang lebar. Seharusnya Anda bisa menggunakan kalimat yang lebih efektif, sehingga tidak lebih dari lima menit Anda menyelesaikannya.
10. Latar belakang yang Anda tulis kurang tajam, sehingga belum menyentuh substansi yang sebenarnya.
11. Saya setuju dengan apa yang Anda sampaikan.
12. Penjelasan yang Anda sampaikan sangat tepat sekali dengan apa yang terjadi sekarang ini di masyarakat. 
13. Ada baiknya jika Anda melengkapi paparan Anda dengan berbagai contoh dari sudut pandang yang berbeda-beda. 

Tanggapan baik dan benar dapat berupa pembelaan, penerimaan, saran, atau penjelasan. Dalam membuat kalimat tanggapan ada dua kata hubung antar kalimat yang sering digunakan yaitu akan tetapi dan sebaliknya. Kata penghubung akan tetapi digunakan untuk menyatakan pertentangan dengan keadaan yang disebutkan sebelumnya. Adapun kata hubung sebaliknya digunakan atau mengacu pada kebalikan dari yang dinyatakan sebelumnya.

Untuk lebih jelas mengenai contoh kalimat tanggapan yang baik dan benar perhatikan contoh-contoh berikut ini.

1. Pemerintah akan menindak tegas pelaku perusakan hutan. Akan tetapi, pelaku perusakan hutan nampaknya tidak begitu memperhatikan atau bahkan memperdulikannya. Mereka justru terus saja melakukan hal yang sama. 

2. Masyarakat tidak menghiraukan terjadinya bencana alam tanah longsor. Sebaliknya, mereka justru mendirikan bangunan di area yang rawan terhadap bencana tanah longsor.

3. Pihak kepolisian terus gencar melakukan razia terhadap narkoba dan minuman keras. Pihak kepolisian akan menghukum mati siapa saja yang tertangkap tangan mengedarkan narkoba dengan jumlah yang banyak. Akan tetapi, pelaku pengedar narkoba tetap saja memiliki cara lain untuk menghindari penangkapan tersebut.

4. Masyarakat sepertinya sudah tidak peduli lagi terhadap kebersihan lingkungan. Sebaliknya, mereka justru terus saja membuang sampah sembarangan. 

5. Kerusakan hutan dapat diatasi dengan melakukan penanaman kembali pohon-pohon di hutan yang telah rusak. Akan tetapi, apakah masyarakat di sekitar hutan peduli dengan keadaan hutan atau kerusakan lingkungan hutan tersebut?

6. Pemerintah berniat untuk mengurangi angka titik pemukiman kumus di Jakarta. Sebaliknya, masyarakat justru semakin gencar membangun rumah-rumah kumuh dipinggir-pinggir sungai atau di bawah-bawah jembatan.

Demikian penjelasan tentang contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang Baik dan Benar diharapakan dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan tugas sekolahnya. Terima kasih telah membaca artikel kami dan jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel tentang materi bahasa Indonesia yang sangat rugi apabila kalian tidak membacanya, hehe.. Semoga bermanfaat manteman..
Contoh Kalimat Tanggapan dalam Diskusi yang Baik dan Benar | ikhwan mukhlisi | 5