Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif

Bahasa Indonesiaku - Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif – Pengertian dari deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata – kata secara jelas dan terperinci (KBBI,2005:258).Paragraf deskripsi bertujuan untuk melukiskan atau memberikan gambaran terhadap sesuatu dengan sejelas-jelasnya sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, mendengar, membaca, atau merasakan hal yang dideskripsikan. Sedangkan pengertian dari objektif adalah keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pendapat atau pandangan pribadi (KBBI,2005:793). 

Subjektif adalah mengenai atau menurut pandangan (perasaan) sendiri, tidak langsung mengenai pokok pembahasan (KBBI,2005:1095). Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa paragraf deskripsi objektif itu adalah pemaparan dengan menggunakan kata – kata yang jelas secara terperinci tanpa dipengaruhi oleh pendapat atau pandangan pribadi. 

Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif

Paragraf deskripsi subjektif adalah penjelasan secara jelas dan terperinci menurut pandangan sendiri tetapi tidak tertuju langsung mengenai pokok pembahasan. Kompetensi yang terkait dengan “Mendeskripsikan Sesuatu” dalam pembelajaran ini, antara lain mendeskripsikan peristiwa atau kejadian secara rinci dan jelas serta dapat mendeskripsikan suasana hati. Sebenarnya, dalam menulis, kita tidak hanya menulis paragraf deskripsi saja tetapi kita banyak juga menggunakan paragraf yang lain. Saat mendeskripsikan sesuatu, kita berupaya memberikan gambaran secara jelas dan serinci mungkin. Dengan demikian, pembaca dapat membayangkan secara tepat apa yang dideskripsikan secara tepat dan luas. 

Kosakata dan ungkapan yang harus dikuasai dengan baik adalah yang berkaitan dengan:

· Posisi, Tempat dan Arah Jalan.
· Warna dan Tekstur
· Pengukuran ( Berat, Besar, Volume dan Jarak).
· Nama Bahan atau Alat.
· Fungsi dan Nilai.
· Kosakata Teknis (Wajah dan Tubuh), Karakter, Pakaian, Binatang, Tumbuhan, Bangunan, dan Alam sekitar.

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk membuat paragraf deskripsi. Tahap-tahap itu adalah sebagai berikut:
1. Menentukan tema.
2. Menentukan tujuan.
3. Membuat kerangka karangan.
4. Mengembangkan kerangka menjadi paragraf.


Contoh paragraf deskripsi objektif

CONTOH  1
Candi Borobudur merupakan situs purbakala yang dimiliki oleh Indonesia yang merupakan peninggalan dari kerajaan Budha. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra yang merupakan penganut Budha Mahayana sekitar tahun 800 masehi. Candi Borobudur berbentuk stupa ini terdiri dari enam teras berbentuk bujur sangkar yang terdapat tiga pelataran melingkar di atasnya. Dinding dari candi Borobudur dihiasi oleh 2.672 panel relief dan 504 arca Budha. Stupa utama candi Borobudur terletak di tengah-tengah bangunan dan dikelilingi oleh barisan stupa yang melingkar dengan jumlah 72 stupa. Stupa tersebut memiliki lubang di dalamnya dan terdapat arca Budha yang sedang duduk bersila dalam posisi teratai sempurna.

CONTOH 2
Ibu Dina adalah salah satu guru di Sekolah Darma Sentosa. Rambut ibu Dina berwarna hitam dan panjang. Warna rambut Ibu Dina terlihat sangat kontras dengan warna kulitnya yang putih. Ibu Dina memiliki mata yang besar dan berwarna biru. Ibu Dina juga memiliki alis yang cukup tebal dan memiliki tubuh yang tinggi dan langsing. Tingginya sekitar 165 cm dengan berat 50 kg. Tubuhnya yang sangat proporsional itu membuat Ibu Dina bercita-cita menjadi pramugari, tetapi nasib yang membawanya menjadi seorang guru. Kini Ibu Dina menjadi salah satu guru matematika di Sekolah Darma Sentosa.


Contoh paragraf deskripsi subjektif

CONTOH  1
Interior mobil itu telah dirancang sedemikian rupa.  Jok kulit berwarna krem terang dengan desain bagian depan member kesan mewah. Begitu pula kemudian tampilan dasbor  yang secara otomatis dapat membuat terang jika cahaya di luar mulai gelap. Mobil tersebut sangat nyaman untuk digunakan. Tidak ketinggalan juga kotak-kotak penyimpan barang dan tempat meletakkan gelas tersebar dari kabin depan sampai bagian belakang mobil.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami berikan tentang contoh paragraf deskripsi objektif dan subjektif semoga artikel ini dapat membantu teman – teman dalam mengerjakan tugas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak artikel terkait pelajaran bahasa Indonesia yang bisa kalian baca dan jadikan rujukan dalam mempelajari materi-materi bahasa Indonesia. Terimakasih.
Contoh Paragraf Deskripsi Objektif dan Subjektif | ikhwan mukhlisi | 5