Definisi dan Fungsi Paragraf Bahasa Indonesia Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Definisi dan Fungsi Paragraf – paragraf adalah bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru atau alinea (KBBI,2005:828). Paragraf adalah bagian dari suatu karangan yang terdiri dari sejumlah kalimat, yang isinya mengungkapkan satuan informasi atau kalimat dengan pikiran utama sebagai pengendaliannya dan juga pikiran penjelas sebagai pendukungnya. Di dalam paragraph terdiri dalam satu kalimat atau lebih, akan tetapi antara kalimat yang satu dan kalimat yang lain saling berhubungan yang disebut juga dengan penuangan ide dari penulis melalui kalimat atau kumpulan kalimat satu dengan yang lainnya dan hanya memiliki satu tema saja. Paragraf juga disebut sebagai karangan singkat. Berdasarkan dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa paragraph adalah sebuah tulisan yang terdiri dari rangkaian kalimat yang membahas topik utama yang dijelaskan dengan gagasan-gagasan penjelas pada kalimat pendukung. 

Definisi dan Fungsi Paragraf Bahasa Indonesia

Di dalam menulis paragraf memiliki beberapa fungsi diantaranya :
· Membantu pembaca dalam memahami isi atau topik  sesuai dengan apa yang di tulis penulis.
· Paragraf dapat menjadi sebuah pengantar ide, transisi, isi atau penutup di dalam sebuah paragraf.
· Membantu penulis dalam mengembangkan idenya secara sistematis.
· Memudahkan penulis dalam menyusun gagasan atau ide yang ada dalam pikirannya.
· Mengekspresikan idea tau perasaan penulis dalam bentuk tulisan yang disusun secara logis.
· Memudahkan pengarang dalam membuat topik yang akan dibuat dalam bentuk paragraf karangan yang lengkap.

Sedangkan ciri-ciri dalam sebuah paragraf adalah:
· Letak kalimat utamanya menjorok ke dalam.
· Memakai kalimat utama yang dinyatakan dalam sebuah kalimat.
· Terdiri dari beberapa kalimat yang berhubungan antar kalimat.
· Memiliki kalimat penjelas yang dapat mendukung kalimat utama.

Sebuah paragraf dapat dikatakan baik apabila paragraf tersebut dapat memenuhi syarat diantaranya meliputi:

· Kelengkapan
Dalam membuat suatu karangan paragraf yang baik harus memiliki unsure kelengkapan. Karena sebuah karangan dapat dikatakan baik apabila sebuah karangan tersebut tertulis dengan lengkap dan jelas. Yang dimaksud dengan kelengkapan paragraf yaitu sebuah kalimat utama, dan beberapa kalimat penjelas. Jika dalam sebuah paragraf tidak memiliki satu unsur tersebut, maka paragraf tersebut belum dapat dikatakan sebagai paragraf yang baik.

· Kepaduan
Sebuah paragraf yang baik harus memiliki kalimat – kalimat yang padu. Kalimat-kalimat tersebut tersusun secara logis, sistematis. Untuk membuat sebuah paragraf yang padu yaitu dengan cara menghubungkannya dengan kata sambung. Terdapat dua macam kata sambung yang dapat dihunakan diantaranya : Konjungsi intra kalimat ( kata sambung antara induk dan anak kalimat ), Konjungsi antar kalimat ( konjungsi yang menghubungkan antar kalimat dalam sebuah paragraf ). 

· Kesatuan
Dalam membuat sebuah paragraf yang dapat dikatakan baik paragraf tersebut harus memiliki unsure kesatuan. Kesatuan dalam sebuah paragraf yaitu memiliki kesatuan antara gagasan utama dengan gagasan – gagasan penjelasnya. Dengan kata lain gagasan-gagasan tersebut harus saling mendukung satu sama lain dan tidak bertolak belakang. Apabila sudah memenuhi syarat maka paragraf tersebut dapat dikatakan sebagai paragraf yang baik.

Baca juga artikel terkait berikut ini:

1. Syarat-syarat paragraf yang baik dan benar
2. Contoh kalimat padu serta penjelasan lengkap

Definisi dan Fungsi Paragraf – Dalam menulis sebuah paragraf kita dapat memilih pola mana yang cocok untuk tulisan yang akan kita buat. Paragraf memiliki dua pola diantaranya meliputi :

· Pola Deduksi
Pola deduksi adalah pengembangan paragraf dengan cara menyampaikan hal umum terlebih dahulu dan kemudian dikembangkan dengan menyajikan hal khusus sebagai penjelas atau pendukung hal umum yang dapat menjadi penjelas gagasan utamanya.

· Pola Induksi 
Pola induksi ialah pola yang dapat mengembangkan paragraf dengan cara menjabarkan suatu hal khusus sebagai ide penjelas, yang mana akan mengarah kepada hal umum sebagai kesimpulan. Pola ini sering digunakan dalam paragraf generalisasi dan sebab- akibat.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan dan tuliskan semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian dalam mempelajari definisi dan fungsi paragraf. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Banyak sekali artikel lainnya tentang materi bahasa Indonesia yang bisa kalian baca. Terimakasih.
Definisi dan Fungsi Paragraf Bahasa Indonesia Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5