Jenis – Jenis Paragraf Bahasa Indonesia dan Contohnya Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Jenis – Jenis Paragraf dan Contohnya – Paragraf adalah sekelompok kalimat yang terdiri dari kalimat pokok dan kalimat penjelas.  Sedangkan kalimat pokok adalah suatu kalimat yang berisikan masalah dari paragraf itu sendiri.  Kalimat penjelas adalah suatu kalimat yang berisikan penjelasan dari kalimat pokok. Jenis – Jenis Paragraf dan Contohnya – Jenis – jenis paragraf di dalam Dunia Bahasa merupakan sebuah karangan yang nantinya dapat dikembangkan menjadi karya tulis yang baik dan dapat dipahami oleh Masyarakat. Pada sebuah paragraf itu sendiri terdapat pikiran pokok, gagasan atau ide dasar. Paragraf sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya ada paragraf argumentasi, deskripsi, eksposisi, persuasi dan naratif. 

Jenis – Jenis Paragraf dan Contohnya Lengkap

Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisikan ide atau gagasan dengan adanya alasan yang kuat untuk meyakinkan pembaca dengan komposisinya yang mengemukakan suatu pendapat dengan tepat. Ciri-ciri paragraf argumentasi sendiri meliputi :

· Untuk penulisan karya tulis yang bersifat nonfiksi atau ilmiah.
· Terdapat kesimpulan di akhir paragraf.
· Memiliki bukti berupa table, gambar dan sebagainya.
· Memberikan asumsi untuk meyakinkan orang lain.

Paragraf Deskripsi
Paragraf deskripsi adalah gagasan atau ide pokok yang menggambarkan suatu objek sehingga para pembaca seakan dapat melihat, mendengar, atau merasakan objek tersebut. Tujuannya adalah untuk membuat pembaca mengetahui apa yang ditulis oleh penulis secara baik dan dapat dimengerti. Objek itu sendiri dapat berupa tempat, orang atau benda. Paragraf deskripsi memiliki ciri-ciri yaitu meliputi:
· Pembaca dapat terbawa kepada alur cerita yang dibuat oleh penulis.
· Berisi bacaan yang menggambarkan objek seperti benda, orang atau tempat.

Paragraf Persuasi
Paragraf persuasi adalah paragraf yang berfungsi untuk meyakinkan dan mengajak pembaca agar melakukan atau menerima ide yang diberikan oleh penulis terhadap sesuatu hal. Paragraf persuasi sendiri memiliki cirri-ciri diantaranya meliputi:
· Memiliki bukti dan fakta yang akan mempengaruhi pembaca.
· Membuat karya tulisan yang dapat mendorong pembaca untuk tertarik dengan apa yang diberikan oleh penulis.
· Bahasa yang digunakan dibuat dengan semenarik mungkin untuk menimbulkan kesan yang baik kepada pembaca.

Paragraf Eksposisi
Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai sebuah teori, teknik, atau petunjuk sehingga pembaca dapat menambah wawasan mereka. Di dalam sebuah paragraf eksposisi memiliki cirri-ciri yang meliputi:
· Memiliki informasi bermanfaat di dalamnya.
· Karya tulis yang bersifat ilmiah atau nonfiksi.
· Tidak bermaksud untuk mempengaruhi pembaca.

Paragraf Naratif
Paragraf Naratif adalah paragraf yang menceritakan kejadian atau peristiwa yang disusun berdasarkan urutan waktu terjadinya kejadian tersebut. Ciri-ciri dari paragraf naratif meliputi:
· Terdapat tokoh, tempat, waktu, dan suasana di dalam sebuah cerita.
· Mementingkan urutan waktu dan urutan terjadinya sebuah peristiwa.
· Digunakan pada ( novel, cerpen, roman, biografi, surat kabar,  sejarah dan sebagainya).

Contoh-contoh yang terdapat di dalam sebuah paragraf diantaranya seperti di bawah ini.


Contoh Paragraf Argumentasi
Polusi udara terjadi dimana-mana bukan hanya di kota-kota besar saja bahkan di desa memiliki polusi udara yang cukup tinggi. Kendaraan yang semakin banyak serta asap dari pabrik dan limbahnya menjadi salah satu penyebab polusi udara. Berbagai macam masalah seperti pencemaran udara tersebut dapat menimbulkan kerugian bagi masyarakat seperti udara yang kotor dan tidak sehat bagi tubuh.

Contoh Paragraf Naratif
Pada hari minggu kemarin sekolah kami melaksanakan kegiatan rutin setiap tahunnya yaitu mendaki gunung bersama untuk memperingati ulang tahun sekolah kami yang diadakan setiap bulan juni. Kendaraan yang kami gunakan sebelum sampai di tempat pendakian adalah bus ekonomi, kami sangat menikmati perjalanannya karena pemandangan yang kami lalui sangatlah indah di sana banyak terdapat pohon-pohon yang tinggi dan burung-burung yang berterbangan.

Contoh Paragraf Eksposisi
Bantuan bagi para korban banjir sampai saat ini belum merata dibagikan kepada penduduk yang mengalami bencana. Keadaan tersebut mengakibatkan beberapa wilayah mengalami kekurangan bahan makanan dan perlengkapan mandi. Hal itu menyebabkan beberapa daerah mengalami kelaparan dan beberapa warga terserang penyakit seperti gatal-gatal.

Contoh Paragraf Persuasif
Penggunaan sayuran organik sebagai makanan dirasakan lebih sehat dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Selain sebagai makanan untuk dikonsumsi sayuran organik dapat pula di jual untuk menambah keuntungan selain itu peminat sayuran organic lebih banyak di pasaran.

Contoh Paragraf Deskripsi
Gerhana matahari sangat indah. Cahaya yang dipancarkan oleh matahari berbentuk cincin yang sempurna, keadaan ini terjadi pada pukul 3 sore. Banyak orang yang antusias ingin melihat gerhana matahari, ada yang berdiri di teras rumah mereka bahkan ada pula yang yang melihat dari dalam rumah mereka seperti di atas loteng. 

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan perihal Jenis – Jenis Paragraf dan Contohnya semoga artikel ini dapat menambah wawasan serta pengetahuan teman – teman semua, apabila terdapat kesalahan di dalam artikel ini kami selaku penulis artikel meminta maaf kepada teman-teman pembaca dan terimakasih atas waktunya untuk membaca artikel ini.
Jenis – Jenis Paragraf Bahasa Indonesia dan Contohnya Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5