Macam-Macam dan Unsur-Unsur Paragraf Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Macam dan unsur-unsur paragraf lengkap –  Pada artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang definisi dan syarat-syarat paragraf bahasa Indonesia yang baik sesuai dengan aturan yang berlaku. Nah sekarang kita akan mempelajari materi selanjutnya, yaitu tentang unsur-unsur paragraf dan macamnya. Namun pada masih ingat tidak apa itu paragraf? What?? Sudah lupa?? -___- baiklah, karena penulis adalah orang yang baik hati dan berbudi pekerti luhur, saya akan menjelaskan sedikit tentang definisi paragraf disini. 

Paragraf berasal dari bahasa yunani yaitu paragraphos yang memiliki artian menulis atau tertulis. Dalam artian lain paragraf adalah rangkaian kalimat yang berisikan kalimat topik dan kalimat pendukung yang memiliki gagasan atau ide di dalamnya. Di dalam sebuah pargraf tentunya memiliki beberapa unsur di dalamnya sebagai pelengkap suatu paragraf berikut ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam paragraf yaitu :

Unsur - unsur paragraf bahasa Indonesia yang baik

1. TOPIK
Topik adalah unsur yang paling penting dalam pembuatan sebuah paragraf karena unsur inilah yang akan menjadi pokok di dalam sebuah paragraf. Unsur ini biasanya berupa masalah atau ide yang dimiliki penulis yang akan disampaikan kepada pembaca. Maka dari itu apa bila kita ingin membuat sebuah paragraf terlebih dahulu kita harus merancang topik apa yang akan dibahas. Jadi, jika kita ingin mengerti tentang isi keseluruhan yang ada dalam paragraf tersebut pertama-tama kita harus menemukan topic yang sedang dibahas.

2. KALIMAT UTAMA
Kalimat utama adalah kalimat yang terletak secara tersirat. Kalimat utama adalah sebuah kalimat umum. Hal ini dikarenakan agar kalimat utama dapat dikembangkan oleh kalimat-kalimat penjelas yang ada di dalam sebuah paragraf.

3. KALIMAT PENDUKUNG
Kalimat pendukung adalah kalimat yang akan membantu menjelaskan kalimat utama. Kalimat penjelas adalah kalimat yang mendukung adanya kalimat utama, kalimat utama biasanya berisi fakta, opini dan lain – lain. Kalimat pendukung dan kalimat utama haru saling mempengaruhi agar tercipta sebuah kalimat yang baik dan mudah untuk dipahami.

4. TRANSISI
Transisi atau konjungsi adalah penghubung kalimat ke kalimat lain. Untuk mendapatkan kalimat yang baik dalam paragraf harus disusun dengan menggunakan transisi atau kanjungsi. Transisi memiliki dua jenis yaitu transisi intra kalimat seperti ( agar, dan, tetapi, karena dan lain-lain ) selain itu konjungsi antar kalimat seperti ( oleh karena itu, karena, di samping itu, namun, lagipula dan lain-lain ). 

5. PENEGAS
Penegas adalah unsur yang tidak selalu dihadirkan dalam sebuah paragraph karena unsure penegas dianggap tidak terlalu penting. Fungsi dari adanya sebuah penegas di dalam paragraf berfungsi untuk menambah daya tarik sebuah tulisan.

Macam-Macam Unsur-Unsur Paragraf Lengkap – Macam-macam paragraf dibedakan menurut letak gagasan utama meliputi :

Paragraf deduktif adalah paragraf yang letak kalimatnya berada di awal paragraf. Paragraf induktif adalah paragraf yang letak kalimatnya berada di akhir paragraf. Paragraf campuran adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di awal dan akhir paragraf. Paragraf ineratif adalah paragraf yang letak kalimat utamanya berada di pertengahan paragraf.

Macam-macam paragraf berdasarkan tujuannya meliputi :

1 Paragraf narasi 
Definisi paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan suatu peristiwa atau sebuah kejadian dengan tujuan agar pembaca memahami apa yang sedang diceritakan oleh penulis sehingga pembaca seolah-olah melihat langsung dan merasa seperti mengalami apa yang diceritakan oleh penulis.

2 Paragraf deskripsi 
Definisi paragraf deskripsi adalah paragraf yang menceritakan sesuatu melalui panca indra manusia yang nantinya diceritakan ke dalam sebuah bentuk tulisan yang bertujuan agar pembaca merasa melihat secara langsung objek yang diceritakan oleh penulis kepada pembaca. Silakan baca contoh paragrafnya disini ya: 6 Contoh paragraf deskripsi terbaru

3 Paragraf argumentasi 
Definisi paragraf argumentasi adalah paragraph yang menyajikan sebuah permasalahan beserta bukti-bukti yang ada dan alasan yang tepat agar pembaca meyakini apa yang dikatakan oleh penulis serta menyetujui saran yang ditulis oleh penulis. Si;akan baca contoh paragrafnya disini ya: Contoh karangan argumentasi lengkap

4 Paragraf eksposisi 
Definisi paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi informasi dan pengetahuan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang jelas serta memberikan wawasan kepada pembaca. Silakan baca contoh artikelnya disini ya: contoh paragraf eksposisi terbaru

5 Paragraf persuasi 
Definisi paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca dengan memberikan data sebagai penunjang sehingga pembaca mengikuti pendapat yang dikemukakan penulis. Silakan baca contoh paragrafnya disini: Contoh paragraf persuasi terbaru

Demikianlah materi yang dapat kami sampaikan tentang macam - macam, jenis – jenis paragraf semoga artikel yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca yang akan mengerjakan tugas dan menambah wawasan kalian ya. Apabila terdapat kesalahan dan kurangnya penyampaian materi di dalam paragraf ini penulis mohon maaf dan terimakasih atas waktu pembaca untuk mampir melihat artikel yang kami buat. Silakan kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak artikel menarik lainnya yang sayang kalian lewatkan hehe. 
Macam-Macam dan Unsur-Unsur Paragraf Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5