Pengertian dan Contoh Paragraf Fakta dan Opini Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan Contoh Paragraf Fakta dan Opini – Pengertian fakta adalah suatu peristiwa yang benar – benar terjadi di dalam kehidupan sehari – hari. Fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan;sesuatu yang benar – benar ada atau terjadi (KBBI,2005:312). Dalam arti lain fakta adalah peristiwa, hal, keadaan, atau sesuatu yang merupakan kenyataan yang benar terjadi. 

Pengertian fakta dapat menunjukkan suatu kebenaran informasi, contohnya untuk memberitahu kejadian yang benar terjadi baik itu yang sudah terjadi maupun kejadian yang sedang dialami. Fakta di dalam bahasa Indonesia adalah sesuatu hal yang tidak diragukan lagi kebenarannya. Pernyataan tersebut didapat berdasarkan peristiwa, keadaan, kenyataan yang benar – benar terjadi secara objektif. Objektif sendiri memiliki arti dapat dipahami dan mengandung unsure kepastian atau tidak diragukan kebenarannya. Ciri – ciri fakta adalah sebagai berikut:

1. Benar – benar terjadi dan memiliki bukti.
2. Merupakan jawaban dari suatu pertanyaan(siapa, apa, di mana, atau kapan).
3. Mengarah pada suatu benda seperti, orang, waktu, tempat, atau peristiwa.

Pengertian opini adalah suatu pendapat, anggapan, pemikiran, atau perkiraan orang, baik itu secara individu ataupun berkelompok. Opini adalah pendapat; pikiran; pendirian (KBBI,2005:800). Namun opini adalah sesuatu hal yang tidak didapatkan dari sesuatu yang mengada – ada melainkan opini didapatkan melalui sumber yang pasti yaitu fakta. Opini dapat dibedakan menjadi tiga yaitu opini politik, publik, umum. Opini politik adalah pandangan atau pendirian yang berkaitan dengan politik. Opini publik adalah pendapat umum atau pendapat dari sebagian besar rakyat. Opini umum adalah pendapat yang diberikan oleh masyarakat. Sumber dari adanya opini adalah fakta, hasil pemikiran itu sangat dipengaruhi oleh unsure pribadi. Maka dari itu kebenaran opini sangat relatif. Ciri – cirri opini adalah sebagai berikut:

1. Opini belum diketahui pasti kebenarannya.
2. Bersifat pengandaian.
3. Pernyataan yang berupa saran, nasihat, atau usul.
4. Pernyataan yang mengandung subjektivitas pribadi.
5. Menyatakan hubungan sebab dan akibat

Contoh Paragraf Fakta dan Opini 


Tak Ada Lagi Krisis Percaya Diri karena Kebotakan

Anda berkepala botak? Ada kabar baik, lho! Hanya dalam waktu enam jam, Anda bisa mendapatkan rambut anda kembali. Caranya mudah, hanya dengan mengoleskan Irawan Oil Natural (ION).

“Percaya tidak percaya Anda tinggal membuktikan sendiri. Jika rambut Anda tidak tumbuh dalam waktu enam jam, saya yang membayar Anda dan Anda tidak perlu membayar apa – apa kepada saya, “ tentang Ahmad Erich, sang penemu ION, baru – baru ini. 

Keyakinan Erich ini telah terbukti pada sejumlah pasiennya yang telah mengikuti perawatan secara intensif selama tiga bulan di outlet – outlet ION di Jakarta. “Pasien saya, seorang pria usia 60 tahun dan kepalanya botak. Setelah mengikuti perawatan intensif, rambutnya Cuma bukan tumbuh, tetapi juga tumbuh dalam keadaan hitam, “ujar pria asal Sulawesi ini.

Keyakinan senada juga diungkapkan rekan Erich, selaku pemilik lisensi ION, Fransisca Risye. Sisca, demikian sapaan akrabnya, awalnya mengaku kurang yakin. “Tetapi setelah saya mencoba sendiri, baru saya percaya, “ kata sisca sambil menambahkan bahwa rambutnya jadi menghitam setelah menggunakan ION.

ION merupakan minyak herbal yang seratus persen berasal dari tumbuh – tumbuhan seperti biji alpukat, biji pare, bunga matahari, daun teh, minyak zaitun, serat jagung dan sebagainya. Kemudian bahan – bahan tersebut diolah sedemikian rupa hingga melembur menjadi mineral dalam suhu 3.000 derajat Celsius.

Menurut Erich kandungan mineral inilah yang sangat diperlukan untuk mengatasi kebotakan. Apalagi, lanjut dia kebotakan yang dialami sebagian besar orang disebabkan oleh penggunaan bahan – bahan kimia yang menghambat pertumbuhan rambut seperti minyak rambut, gel rambut yang terlalu lama tertinggal di kepala,hairspray, juga pengecatan rambut.

“karena itu, tahap pertama perawatan yang kita lakukan adalah membersihkan kulit kepala dari ketombe, parasit, serta menggangkat lapisan – lapisan lemak. Sebab, lemak – lemak inilah yang menghambat pertumbuhan rambut dan yang menyebabkan kerontokan, “tambah sisca.

Setelah itu, lanjut sisca, kulit kepala pasien diolesi pelembab agar tidak terjadi iritasi. Lalu diolesi pembersih diikuti oleh pengolesan minyak ION. “Selanjutnya kepala pasien kita steam agar penyerapan minyak ION terserap secara sempurna, “ jelasnya.

Untuk perawatan rutin dirumah ,pasien diberikan satu botol minyak ION ( 100 ml ), untuk dipakai secara teratur setiap hari selama tiga bulan.

*Berdasarkan contoh paragraf di atas, paragraf yang diberi tanda garis bawah merupakan contoh dari paragraf opini, sedangkan paragraf yang dicetak tebal merupakan contoh dari paragraf fakta.

Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan contoh paragraf fakta dan opini, semoga artikel ini dapat membantu teman – teman dalam mengerjakan tugas dan dapat menambah pengetahuan tentang contoh kalimat fakta dan contoh kalimat opini. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel menarik lainnya yang bisa kalian baca. Terimakasih. 
Pengertian dan Contoh Paragraf Fakta dan Opini Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5