2 Contoh Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesiaku - Contoh paragraf proses singkat dalam bahasa Indonesia – Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi tentang paparan mengenai informasi dari suatu topik tertentu. Paragraf proses adalah salah satu metode pengembangan dari paragraf eksposisi. Paragraf proses adalah paragraf yang memaparkan informasi tentang tahapan, proses, atau langkah-langkah terjadinya sesuatu.

Ada dua ciri yang harus diperhatikan dalam menulis contoh paragraf eksposisi proses yaitu, menyampaikan informasi yang berupa proses atau tahapan terjadinya sesuatu dan menggunakan kata-kata penunjuk kronologis (pertama, kemudian, selanjutnya, setelah itu, lalu, dan akhirnya). Berikut ini adalah contoh dari paragraf proses singkat dalam bahasa Indonesia. 

Contoh Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia


Contoh Paragraf Proses Singkat  1

Proses membuat kecap manis

Kecap merupakan cairan yang dihasilkan dari olahan kacang kedelai yang diberi gula dan rempah-rempah untuk penyedap rasa masakan. Dalam membuat kecap, pada umumnya yang menjadi bahan utamanya adalah kedelai itu sendiri. Kandungan protein dan karbohodrat yang ada dalam kecap sangatlah tinggi. Selain itu, kecap adalah bioteknologi konvensional karena dapat dilakukan secara sederhana dan hanya menggunakan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri.

Selain kacang kedelai, ada juga yang perlu dipersiapkan dalam membuat kecap, yaitu tampah, kompor, panci, kain saring, botol, sendok, baskom, air, gula, bumbu, dan yang terakhir jamur. Hal pertama yang dilakukan adalah menyiapkan biji kacang kedelai berwarna hitam yang tua. Pastikan biji dalam kondisi bersih tidak ada lagi sisa tanaman dan kotoran lainnya. Biji yang ada di letakkan di atas tampah dan ditampih. Tujuannya untuk mendapatkan biji kedelai dengan kualitas yang bagus. Setelah menyortir, kacang kedelai kemudian dicuci dengan air bersih (kalau bisa yang mengalir) tujuannya agar biji kedelai bersih. Setelah kacang kedelai dengan kualitas bagus dan bersih tadi siap, mulailah pada tahap perebusan. Perebusan ini dilakukan selama 2 jam. Tujuannya untuk mendapatkan biji kedelai yang lunak dan kulitnya mudah dikupas. Setelah itu, penirisan dilakukan dengan menggunakan kalo selama kurang lebih 1 jam atau sampai kedelai menjadi dingin. Selanjutnya, proses penjamuran dilakukan. Setelah dingin biji kedelai dicampur dengan jamur Rhizopus. Sp. Dengan perbandingan 1kg bahan membutuhkan 1gram jamur. Selanjtnya, dilakukan penggaraman. Setelah biji kedelai berjamur dimasukkan dalam larutan garam 20%. Maksudnya mencampur 200 gram garam ke dalam air 1 liter. Kemudian, ada  tahap penyaringan dan perebusan dilakukan. Penyaringan pertama dilakukan dengan menggunakan kalo dan hasil utamanya berupa filtrat, sedangkan hasil sampingannya berupa ampas. Perebusan kedua dilakukan untuk mencampurkan antara filtrat dengan air gula kelapa yang telah dicairkan, bumbu penyedap, dan air bersih. Sebagai patokan, untuk satu liter filtrat membutuhkan 2kg gula kelapa. Penyaringan terakhir dilakukan setelah perebusan dengan menggunakan kain penyaring dan hasil akhirnya berupa kecap hitam yang manis. 


Contoh paragraf proses singkat 2

Cara membuat keripik pisang

Keripik pisang adalah salah satu jajanan atau cemilan yang menjadi kesukaan banyak orang. Bahan utama pembuatan kripik ini adalah buah pisang. Selain itu, dibutuhkan banyak minyak dan waktu yang cukup lama untuk membuat keripik pisang.  Dalam membuat kripik pisang ada bahan yang perlu disiapkan selain pisang itu sendiri, yaitu, satu sendok kapur yang telah direndam dalam 1 liter air besrsih, garam halus secukupnya, dan minyak goreng. Pertama, kupas pisang lalu iris tipis-tipis atau sesuai dengan selera. Kemudian, rendam pisang ke dalam air kapur selama 1 jam, lalu angkat dan cuci hingga bersih. Kemudian, taburi pisang dengan garam secukupnya dan diamkan bebrapa menit agar garam meresap pada pisang. Berikutnya, goreng pisang pada minyak yang sudah dipanaskan hingga matang dan garing. Akhirnya, keripik pisangpun siap untuk dihidangkan. Kripik pisang ini juga dapat ditambah berbagai bubuk rasa sesuai dengan selera. 

Demikianlah penjelasan dan contoh paragraf proses singkat dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini dapat dijadikan referensi dalam mempelajari materi beserta contoh paragraf eksposisi proses. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 
2 Contoh Paragraf Proses Singkat dalam Bahasa Indonesia | ikhwan mukhlisi | 5