3 Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan – Dalam artikel sebelumnya kita telah mempelajari tentang ciri-ciri paragraf deduktif beserta contohnya. Masih ingat kan ciri-cirinya? Bagi kalian yang belum baca, silakan baca artikelnya berikut ini ya: Ciri-ciri paragraf deduktif dan contohnya Nah kali ini saya akan memberikan contoh paragraf deduktif tentang kesehatan. Namun sebelumnya saya jelaskan sedikit tentang apa itu paragraf deduktif secara sederhana. 

Dalam menulis sebuah paragraf ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah penempatan gagasan utamanya. Ada dua jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya, yaitu paragraf induktif dan paragraf deduktif. Paragraf induktif adalah paragraf yang gagasan utamanya terletak di akhir paragraf. Adapun paragraf deduktif adalah paragraf yang gagasan utamanya berada di depan atau awal paragraf. 

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan


Contoh 1 Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan.

Teh Hijau
Dengan mengkonsumsi teh hijau secara teratur kita dapat terhindar dari kolesterol, berat badan yang berlebihan, radikal bebas, dan mencegah kanker. Hal itu dikarenakan, kandungan antioksidan yang ada di dalam teh hijau  tidak hilang saat dalam proses pengukusan. Selain itu, teh hijau dapat mencegah kolesterol karena adanya kandungan tanin yan dapat mengatasi LDL atau yang biasa disebut dengan kolesterol jahat. Untuk menurunkan berat badan, teh hijau dapat membakar kalori sebanyak 70 kalori dan dapat menurunkan berat badan sebesar 7 kg dalam waktu satu tahun. Selain itu juga, teh hijau dapat menjadikan kulit kita sehat. Hal itu dikarenakan teh hijau mengandung antioksidan dan polifenol yang mampu menangkal radikal bebas, serta dapat mencegah penuaan dini. Mengonsumsi teh hijau secara teratur juga dapat mencegah virus kanker dalam tubuh manusia. 


Contoh 2 Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan.

Manfaat Berenang
Renang memiliki banyak manfaat untuk pertumbuhan tubuh terhadap kejiwaan.  Ada lima manfaat renang untuk pertumbuhan tubuh dan kejiwaan, yaitu pertama, membentuk otot tubuh. Hal itu dikarenakan pada saat berenang semua otot pada tubuh akan digerakkan. Hal itu akan membantu mengencangkan otot-otot yang lembek. Kedua, renang dapat mengontrol atau menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan ketika berenang tubuh tidak akan mudah capek walaupun berenang dalam waktu yang cukup lama. 

Berenang juga dapat membakar lemak yang ada dalam tubuh. Ketiga, berenang juga dapat menjernihkan pikiran, hal itu dikarenakan ketika tubuh terkena air badan akan menjadi lebih segar. Keempat, renang juga dapat menyehatkan jantung kita. Alasannya, renang dapat membantu menguatkan otot jantung dan juga memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Terakhir yang kelima adalah self-safety yaitu penyelamatan diri. Hal ini digunakan dalam keadaan darurat jika sesuatu terjadi di air, seperti menyelamatkan korban yang akan tenggelam, saat terjaduh dalam air yang dalam, atau mengalami kecelakaan ketika berada di laut. 


Contoh 3 Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan.

Manfaat Berolahraga 
Manfaat berolahraga secara teratur dapat menjadikan tubuh kita menjadi sehat. Manfaat olehraga bagi tubuh sangat banyak. Beberapa manfaat dari berolah raga rutin adalah membantu mengontrol berat badan. Alasannya, saat berolahraga kalori akan dibakar, kelebihan lemak dalam tubuh akan diubah menjadi energi, bahkan metabolisme tubuh akan tetap tinggi meskipun kita selesai berolahraga. Selain itu, berolah raga juga dapat meningkatkan mood  kita. Karena, saat melakukan olahraga tubuh kita akan bergerak dan peredaran darah akan menjadi lancar dan menjadi lebih tenang. 

Manfaat lain dari olahraga adalah mencegah berbagai macam penyakit termasuk jantung dan tekanan darah tinggi. Olahraga secara teratur dapat menurunkan LDL, trigliserid, dan mampu meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat mengurangi dan mencegah terjadinya stroke, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, kanker, dan radang sendi. 

Manfaat lainnya adalah meningkatkan energi aktifitas fisik seperti olahraga dapat meningkatkan jumlah oksigen dan nutrisi yang sampai ke sel akibat kekuatan otot meningkat. Selain itu olahraga juga membuat jantung dan paru-paru bekerja secara maksimal dan efisien. Manfaat terakhir melakukan olahraga adalah meningkatkan memori atau kerja otak. Alasannya, produktifitas hippocampus akan meningkat saat kita mengeluarkan keringat. Bagian otak ini berfungsi sebagai meningkatkan memori dalam otak kita. Olahraga secara teratur baik asal tidak berlebihan dan harus disesuaikan dengan kondisi tubuh kita. 

Demikian penjelasan tentang Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan, diharapkan dapat menjadi bahan referensi tugas dan dapat menambah wawasan pengetahuan kalian tentang kesehatan. Terima kasih telah membaca Contoh paragraf deduktif tentang kesehatan. Silakan baca artikel terkait berikut ini ya.

3 Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5