3 Contoh Paragraf Ineratif Tentang Pendidikan Terbaik

Bahasa Indonesiaku - Contoh paragraf ineratif tentang pendidikan – Paragraf ineratif adalah suatu paragraf yang gagasan utamanya terletak di tengah-tengah paragraf. Paragraf ini dikembangkan dengan menggunakan pola khusus-umum-khusus. Dengan kata lain, hal pertama yang disajikan dalam paragraf ini adalah bagian khusus sebagai pengantar, kemudian disajikan gagasan utamanya, dan diakhiri dengan penjelasan hal khusus yang bertujuan untuk memperkuat gagasan utama yang telah disampaikan di tengah paragraf.

Ada tiga ciri yang ada dalam penulisan paragraf ineratif, yaitu gagasan utamanya terletak pada bagian tengah paragraf, diawali dengan hal-hal khusus terlebih dahulu sebagai pengantar, dan diakhiri dengan bagian khusus sebagai penguat gagasan utama paragraf. Ada banyak sekali tema yang bisa kalian jadikan contoh pada paragraf ineratif, misalnya contoh paragraf ineratif singkat tentang kesehatan. Nah kali ini saya akan mencoba berbagi contohnya dengan tema pendidikan. Yuk disimak bersama contoh artikelnya..

Contoh Paragraf Ineratif tentang Pendidikan.

Contoh paragraf ineratif tentang pendidikan 1

Dengan menjadikan membaca sebagai kebiasaan membuat kita menjadi semakin tahu akan apa yang tengah terjadi saat ini. Banyak membaca berarti juga banyak informasi. Membaca adalah jendela dunia. Begitulah katanya dan memang benar adanya. Bahkan hanya dengan membaca saja kita dapat seolah-oleh berkeliling dunia tanpa harus datang ke negaranya langsung. Dengan membaca  seseorang akan lebih mudah menjawab atau menjelaskan sesuatu hal. Terlebih lagi, membaca bukan lagi hal yang asing bagi dunia pendidikan. Dengan banyak membaca kita juga akan lebih cepat memahami kondisi yang ada. Tidak hanya membaca buku, membaca gerak badan dan membaca ekspresi juga dapat membantu kita untuk berinteraksi dengan yang lainnya. 

Contoh paragraf ineratif tentang pendidikan 2

Kerusakan hutan yang tidak segera ditanggulangi akan menyebabkan banyak bencana alam. Selain banjir, tanah longsor akan menjadi bencana yang tak bisa dielakkan lagi. Bahkan, untuk saat ini sumber air bersih pun mulai sulit ditemukan. Banjir adalah salah satu dampak dari kerusakan hutan dan membuang sampah sembarangan oleh manusia. Kebakaran hutan juga terjadi di mana-mana. Semua bencana itu adalah tanda dimana hutan yang rusak tidak mengalami reboisasi. Penebangan hutan yang tak terkendali mengakibatkan tak cukup akar yang menahan tanah dan jalannya air bawah tanah saat musim hujan. Selain karena kerusakan hutan, membuang sampah tidak pada tempat juga akan menyebabkan banjir di dataran rendah. Jelas, itu dikarenakan tersumbatnya aliran air karena sampah yang menumpuk. Tanpa disadari, semua bencana alam yang terjadi adalah dampak dari kelakuan manusia itu sendiri. Sudah saatnya kita membuang sampah pada tempatnya dan memulai melakukan tebang pilih dan melakukan reboisasi agar alam menjadi lebih baik.

Contoh paragraf ineratif tentang pendidikan 3
Untuk menjadi orang yang sukses, peran guru sangat penting bagi pelajar dan anak-anak penerus bangsa. Sukses dapat di artikan berhasil dalam meraih cita-cita yang diinginkan dengan usaha yang maksimal. Tidak hanya dokter, pilot, presiden, menteri, dan dosen , melainkan  semua profesi yang ada tidak lepas dari peran guru yang ada di sekolah. Jadi, tidak dapat dipungkiri bahwa guru adalah salah satu profesi yang memiliki peran penting dalam mencetak penerus bangsa yang handal. Karena itulah, pemerintah menetapkan pada tanggal 25 November sebagai hari guru. Peran guru dalam mendidik sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita semua. Tanpa adanya guru mungkin kita tidak akan menjadi apa yang kita inginkan. Guru memiliki peran dalam mengajarkan kita antara pilihan baik dan buruk, membaca, menulis, proses berpikir, berhitung, cara berkomunikasi, cara menghargai, bertingkah laku sopan dan santun, mengajari cara berbicara dan berbahasa yang baik dan benar, dan juga bertindak dengan analogi yang baik. Guru penting karena mereka adalah orangtua kita kedua selain orangtua kandung kita yang berada di rumah. Sebesar apapun jasa mereka, mereka seakan tak menuntut balas jasa. Mereka hanya akan merasa senang dan bersyukur bila anak didik mereka menjadi sukses dan berhasil di masa depan. Kepuasan seorang guru terdapat dalam anak-anak yang pernah mereka didik dapat menjadi orang yang berguna bagi lingkungan sekitar dan bagi bangsa. 

Beberapa paragraf di atas adalah contoh paragraf ineratif tentang pendidikan. Terima kasih buat kalian yang telah membaca artikel tersebut. Semoga bermanfaat ya. Oiya jangan lupa baca juga artikel lainnya di blog saya bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel bahasa Indonesia lainnya lho. Terimakasih.
3 Contoh Paragraf Ineratif Tentang Pendidikan Terbaik | ikhwan mukhlisi | 5