4 Contoh Paragraf Ineratif Singkat dan Penjelasannya Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Pengertian Paragraf Ineratif Singkat dan Contohnya – Paragraf adalah sekumpulan kalimat yang terdiri dari kalimat utama dan kalimat pelengkap yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain dengan berisikan gagasan atau ide. Sedangkan paragraf ineratif adalah sebuah paragraf yang memiliki kalimat utama dipertengahan paragraf. Dalam paragraf ini memuat pola khusus- umum-khusus, yaitu dengan memberikan kalimat-kalimat khusus diawal paragraf lalu diikuti dengan kalimat utamanya dan kemudian ditutup dengan kalimat khusus kembali yang bertujuan untuk memperjelas adanya kalimat utama. Di dalam paragraf ineratif memiliki ciri – ciri seperti kalimat yang lain yaitu meliputi 

· Memiliki gagasan utama diawal dan ditengah paragraf.
· Diawali dengan kalimat khusus sebagai kalimat pembuka.
· Diakhiri dengan kalimat khusus yang berguna sebagai kalimat penjelas pada kalimat utama.

Pengertian Paragraf Ineratif dan Contohnya – Contoh dalam paragraf ineratif ada bermacam-macam karena paragraf ineratif biasanya sering digunakan penulis sebagai pola membuat paragraf. Berikut ini adalah contoh – contoh paragraf ineratif yang akan penulis sampaikan di bawah ini meliputi :

Contoh Paragraf Ineratif Singkat

CONTOH 1

Buku adalah jendela dunia itu adalah sebuah pepatah yang sering digunakan dan tidak asing lagi kita dengarkan. Dari buku kita dapat mengetahui segudang pengetahun yang belum pernah kita dapatkan bahkan belum pernah kita lihat. Terlebih lagi apabila kita rajin membaca buku kita akan memiliki banyak pengetahuan yang belum pernah kita miliki sebelumnya dibandingkan dengan seseorang yang tidak pernah membaca buku. Oleh sebab itu, manfaat dari adanya sebuah buku sangatlah penting bagi kehidupan kita. Kita dapat menjadi seseorang yang pintar dalam pengetahuan apabila kita rajin membaca buku. Bahkan kita bukan hanya menambah pengetahuan saja dalam membaca buku karena dari membaca buku kita akan mendapatkan hiburan yang dapat menjauhkan kita dari kebosanan karena di dalam buku tidak hanya terdapat pengetahuan saja tetapi ada juga cerita – cerita menarik yang dapat kit abaca.

CONTOH 2
Sepulangnya dari berpergian, Mobil Rahmad mengalami kecelakaan yang cukup parah. Sungguh malang nasib rahmad karena kecelakaan tersebut menewaskan nenek rahmad yang baru berusia 55 tahun. Sedangkan Rahmad dengan sanak kerabatnya yang lain selamat dari kecelakaan tersebut mereka hanya mengalami luka – luka ringan saja. Ibarat kata pepatah sudah jatuh tertimpa tangga musibah yang sedang dialami rahmad pada bulan itu. Karena Rahmad disebutkan sebagai tersangka kecelakaan itu terjadi.

CONTOH 3
Dengan adanya pengetahuan dan wawasan kita dapat pergi kemanapun yang kita mau. Disamping itu, kita juga dapat meraih apapun yang kita impikan dalam hidup. Namun, ada saatnya ilmu yang kita miliki dapat menghancurkan kita apabila kit tidak perduli dengan ajaran – ajaran agama. Oleh karena itu adanya ilmu sangatlah bermanfaat tetapi disamping itu kita memerlukan agama yang dapat membatasi kita dengan hidup duniawi yang terkadang dapat menghancurkan kita. Manusia bisa saja menggunakan ilmu yang mereka miliki dengan tidak baik contohnya saja koruptor mereka adalah orang – orang yang berpendidikan dan memiliki pengetahuan luas tetapi ilmu yang mereka miliki merugikan banyak orang. Maka dari itu adanya agama sangatlah diperlukan untuk menjadikan pedoman hidup yang akan membuat batasan bagi hal buruk.

CONTOH 4
Seminggu sebelum hari raya Natal semua kebutuhan masyarakat menjadi meningkat pesat. Mulai dari makanan yang biasa kita makan sebagai makanan pokok begitu juga dengan pakaian dan lain – lain. Masyarakat khawatir apabila menjelang hari raya kebutuhan yang mereka butuhkan sudah habis terjual dan stok yang dimiliki para pedagang sedikit. Seiring banyaknya permintaan dari pembeli hal itu di manfaatkan oleh para pedagang. Para pedagang memanfaatkannya dengan menjual barang mereka secara mahal, hal inilah yang membuat para pembeli membeli barang dengan harga yang tinggi sebelum hari raya berlangsung.


Demikianlah artikel yang dapat penulis sampaikan mengenai pengertian dan contoh paragraf Ineratif singkat. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan wawasan yang luas karena belajar itu tidak ada habisnya. Terima kasih atas waktu para pembaca untuk membaca artikel ini semoga bermanfaat. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian jadikan rujukan dalam mempelajari pelajaran bahasa Indonesia. 
4 Contoh Paragraf Ineratif Singkat dan Penjelasannya Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5