5 Contoh Kata Penutup Esai dan Pidato Bahasa Indonesia Terbaik

Bahasa Indonesiaku - Contoh kata penutup esai dan pidato – Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Selain itu, esai merupakan karangan singkat yang berisi pendapat mengenai sebuah topik. Jadi, biasanya tidak begitu panjang dan mengupas suatu topik yang terbatas lingkupnya atau karangan yang berusaha mendorong pembaca untuk menerima suatu pandangan tertentu. Esai bukanlah sebuah hasil dari imajinasi, melainkan berdasarkan fakta-fakta yang ada dan dapat dipercaya

Pidato merupakan salah satu bentuk kegiatan berbicara yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Pidato adalah komunikasi atau berbicara yang sifatnya searah (monologika), dimana hanya ada seseorang yang berbicara (biasanya dalam sebuah forum) dan lainnya sebagai pendengar (Wuwur, 1991). 

Paragraf atau kata penutup adalah paragraf yang letaknya paling belakang atau bagian akhir dalam sistematika penulisan teks pidato. Isi dari paragraf penutup adalah kesimpulan. Kesimpulan yang baik adalah yang merangkum pokok pemikiran yang telah disampaikan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat penutup atau kesimpulan yang baik, yaitu menggunakan ungkapan kesimpulan, mengulang sesuatu yang sesuai dengan kebutuhan pendengar, mengulang kembali inti hal yang telah disampaikan, merangkum hal-hal pokok, dan menggunakan pernyataan akhir yang mengesankan. Berikut adalah beberapa contoh kata penutup pidato.dan esai.

Contoh kata penutup esai dan pidato


Contoh kata penutup pidato 1

Demikianlah langkah saya dalam upaya untuk meningkatkan citra diri saya. Saya memahami kelemahan dan kelebihan saya dalam berpidato. Saya bersyukur dapat mengubah kelemahan yang saya miliki menjadi sesuatu yang berguna. Saya harap kita semua menyadari kekurangan diri kita sendiri dan mau mancoba menghilangkan kebiasaan tersebut atau mencoba mnegubahnya menjadi lebih baik lagi. 
Bersama kita berharap dapat saling berbagi pengalaman arag tugas berpidato menjadi lebih menyenangkan dan tidak ada lagi menjadi tugas yang “menakutkan” bagi kita. Saya mengucapkan terima kasih atas segala perhatian dan mohon maaf jika ada kata-kata saya yang kurang berkenan. 
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Contoh paragraf penutup pidato 2

Demikianlah pidato dari saya, saya berharap kita semua dapat bekerja sama dalam mengatasi dan mencegah bencana banjir saat musim hujan nanti. Dengan demikian, kita tidak akan menjadi saling menyalahkan satu sama lain. dengan bekerja sama kita akan mendapatkan hasil yang maksimal untuk bangsa kita. Sedia payung sebelum hujan, itulah sempoyan yang pantas untuk kita gunakan saat ini. 

Marilah kita bersama menjaga kebersihan agar kota kita, negara kita menjadi lebih nyaman, bersih, dan bebas dari banjir. Akhir kata saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya, apabila ada salah kata kiranya Saudara menerima permohonan maaf saya. Salam sejahtera untuk kita semua, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.


Contoh kata penutup Esai 1

Jika aturan ini tetap diberlakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak ada lagi mobil-mobil yang tidak layak pakai jalan lalu-lalang di jalanan ibu kota, Jakarta. Mobil-mobil atau kendaraan yang telah habis masa pakainya akan berhenti beroprasi. Tidak ada lagi asap yang menjadi polusi udara di Jakarta. Predikat buruk Jakarta sebagai “Juara Ketiga” kota yang memiliki mutu udara terburuk di dunia (setelah Meksiko dan Bangkok) akan segera dicopot. Jakarta akan menjadi salah satu kota yang memiliki undara yang segar. Selain itu, Jakarta akan menjadi lebih bersih, nyaman, dan aman. Namun, pemerintah harus tetap memperhatikan pemilik kendaraan angkutan umum yang tidak boleh beroprasi. Setidaknya, pemerintah memberikan kompensasi agar mereka tetap dapat menjalankan usaha atau pekerjaan mereka untuk kelangsungan hidup. 

Contoh paragraf penutup esai 2

Berdasarkan uraian di atas,, dapat kita ketahui dan simpulkan bahwa budaya lokal akan dapat mempengaruhi perilaku dan cara bersosialisasi manusia di dalam masyarakat. Tidak hanya budaya lokal saja, tetapi budaya asing yang masuk tanpa melalui penyaringan jua akan dapat mempengaruhi karakter manusia lokal. Budaya pada dasarnya dapat membentuk karakter seseorang, mengarahkan kehendak seseorang dan menciptakan suatu kebiasaan. Oleh karena itu, peran budaya menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Hal itu dikarenakan peran budaya yang tidak bisa lepas dari pembentukan karakter suatu kehidupan masyarakat baik mengarah ke karakter yang baik maupun yang buruk. Untuk itu, perlu adanya penyaringan terhadap budaya asing yang hendak masuk ke dalam budaya lokal khususnya Indonesia.

Contoh kata penutup esai 3

Jika cara itu dapat direalisasikan, dapat disimpulkan bahwa  masih ada cara untuk menanggulagi banjir yang kerap terjadi di Jakarta. Hal itu dikarenakan, sampah-sampah hendak masuk dalam selokan menjadi tersaring dengan adanya jaring yang menutupi atas  selokan. Petugas kebersihan juga akan menjadi lebih mudah membersihkan sampah yang ada di sekitar selokan. Mereka tak perlu lagi turun atau masuk dalam selokan, melainkan hanya mengambil dari atas jaring atas selokan. Dengan demikian, kota Jakarta akan bebas dari sampah pinggir jalan, selokan, dan banjir. 

Demikian contoh paragraf penutup essay dan pidato semoga contoh di atas dapat digunakan sebagai bahan referensi dan juga bahan penambah wawasan kalian dalam mempelajari contoh kata penutup esai dan pidato. Terima kasih.
5 Contoh Kata Penutup Esai dan Pidato Bahasa Indonesia Terbaik | ikhwan mukhlisi | 5