Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai

Bahasa Indonesiaku - Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai – Dalam pembelajaran bahasa Indonesia kita sering mendengar istilah esai. Nah, dalam artikel ini akan menjelaskan dan memberikan contoh esai yang baik dan benar. Esai adalah karangan bebas yang berisi sebuah ulasan atau mengupas suatu masalah berdasarkan sudut pandang penulisnya. Saat menulis esai, penulis haruslah memperhatikan ciri-ciri dan langkah-langkahnya. 

Cara Membuat Esai yang Baik

a. Ciri-ciri esai
  1. Mengupas sebuah permasalahan.
  2. Berdasarkan sudut pandang penulis.
  3. Terdapat saran dari penulis.


b. Tujuan menulis esai adalah untuk akademik, pemaparan dalam seminar, diterbitkan di media massa, dan untuk pengetahuan umum pembaca.

c. Langkah-langkah dalam membuat esai
  1. Pilihlah topik yang menarik.
  2. Mencari sumber acuan yang sesuai dengan topik.
  3. Membaca sumber acuan sebanyak apapun. 
  4. Kalian juga dapat membuat kartu informasi dari masing-masing sumber acuan. Dengan demikian, kalian tidak akan lupa isi dari setiap sumber acuan.
  5. Mencatat hal-hal penting dari sumber acuan.
  6. Merangkum hal-hal penting.
  7. Menjabarkan hasil rangkuman dalam paragraf.
  8. Membaca kembali hasil tulisan esaimu.


Dengan memperhatikan ciri- ciri dan langkah-langkah membuat esai diharapkan kalian dapat membuat esai dengan baik. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh karangan esai singkat berikut ini.

 Contoh Karangan Esai tentang Lingkungan


Pembatasan Tahun Pemakaian Kendaraan = Bebas Polusi

Ketika ada di jalan, perhatikanlah kondisi udara di sekitarmu! Apa yang akan kalian lihat dan rasakah? Pasti terasa tidak nyaman. Mata terasa perih, wajah berminyak dan kotor, rasa sesak, dan bau tak sedap. Itu adalah dampak yang akan kita rasakan akibat asap yang dihasilkan oleh kendaraan-kendaraan yang sebenarnya tidak lulus uji emisi. Uji emisi merupakan langkah yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi polusi udara di kota-kota besar. Selain itu, uji emisi merupakan langkah nyata dari Keputusan Mentri Lingkungan Hidup No. 35/1993. 

Pemerintah melihat permasalahan tentang polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor bukanlah masalah sepele. Selain kondisi ini membuat tidak nyaman masyarakat, juga tidak aman untuk kesehatan masyarakat. Polusi yang berasal dari asap kendaraan biasanya terdiri dari gas karbon monoksida dan senyawa organik akibat pembakaran yang dilakukan oleh mesin kendaraan. Banyak dampak negatif atau buruk yang akan dirasakan oleh masyarakat yang terlalu lama berada dalam lingkungan yang tidak sehat ini. 

Banyak bukti bahwa kondisi ini memang tidak baik untuk kesehatan. Pada tahun 1952 terdapat sekitar 4000 penduduk London meninggal dunia akibat kondisi ini. Selain itu, 19 orang meninggal di Donora pada tahun 1948. Nah, bagaimana menurutmu kondisi di kota-kota besar di Indonesia pada tahun sekarang?

Polusi udara paling banyak disebabkan oleh kendaraan bermotor dan tidak sedikit juga disebabkan oleh kendaraan roda empat atau mobil. Dengan banyaknya persoalan itulah ada baiknya kalau uji emisi dilakukan sesering mungkin untuk mengetahui apakah kendaraan tersebut memenuhi Baku Mutu Emisi (BME). Uji emisi juga adalah bentuk salah satu solusi untuk pengurangan polusi udara. Jika sebuah kendaraan tidak layak atau tidak memenuhi persyaratan, maka akan ditarik ijin oprasinya. Biasanya kendaraan yang tidak lulus uji emisi ini adalah kendaraan yang sudah tua sehingga pembakaran yang dilakukan mesin kendaraan tidak lagi sempurna. Selain uji emisi, pemerintah juga dapat melakukan pembatasan bagi pembelian atau kepemilikin kendaraan pribadi. Meskipun pembelian kendaraan pribadi adalah hak setiap orang, namun pemerintah berhak memberikan batasan bagi penggunanya. Pemerintah bisa saja menerapkan peraturan di mana pengendara kendaraan roda empat hanya diperbolehkan untuk anak di atas usia 20 atau 23 tahun. Atau, pemerintah membatasi tahun pemakaian kendaraan umum seperti bis, angkot, dan bemo atau bajai.

Dengan diberlakukannya peraturan itu diharapkan kota besar bebas polusi sudah bukan lagi hanya mimpi. Semua kendaraan yang lulus uji emisi, kendaraan umum yang bersih, sehat, dan nyaman, dan kendaraan pribadi yang tidak banyak akan membuat kota-kota besar menjadi nyaman dan aman. Jika sudah seperti itu Indonesia akan menjadi negara yang bersih dan aman. 

Demikian penjelasan Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai, semoga penjelasan di atas membantu kalian membuat esai dengan tema-tema menarik lainnya. Jangan lupa baca juga artikel terkait tentang contoh esai lainnya di bawah ini atau kunjungi langsung di blog saya bahasaindonesiaku.net ya. Banyak sekali artikel bermanfaat yang membahas tentang materi pelajaran bahasa Indonesia yang bisa kalian jadikan referensi belajar atau mengerjakan tugas sekolah. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Artikel terkait tentang contoh esai bahasa Indonesia:
1. Contoh esai tentang media sosial terbaru
2. Contoh esai tentang merokok
Cara Membuat Esai yang Baik dan Contoh Karangan Esai | ikhwan mukhlisi | 5