Contoh Cerpen Sudut Pandang Orang Ketiga Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh Cerpen Sudut Pandang Orang Ketiga – Cerpen adalah cerita pendek (KBBI,2005:211). Hal yang kita dapatkan saat menikmati karya sastra, seperti cerpen, adalah hiburan dan wawasan tentang hal baik dan hal buruk. Sering kali karya sastra merupakan cerminan dari kehidupan nyata yang dialami seseorang. Membaca karya sastra berarti pula kita sedang membaca berbagai keunikan kehidupan yang dapat memperkaya wawasan kita. Cerita pendek pertama kali dikenalkan oleh pengarang Amerika. Cerita pendek bermula dari penceritaan lisan. Cerita pendek dapat menyebabkan adanya rasa senang, gembira, serta dapat menghibur para penikmat atau pembacanya. Cerita pendek juga dapat memberi pengarahan dan pendidikan karena nilai – nilai kebenaran dan kebaikan yang terkandung di dalamnya. Cerita pendek merupakan ungkapan perasaan yang ingin di tunjukkan oleh penulis melalui karyanya, agar pembaca mengetahui apa yang dirasakan penulis.

Ciri-ciri Cerpen. 1) Pemakaian kata tidak boleh lebih dari 10000 kata. 2) Cara penulisannya lebih singkat dibandingkan Novel. 3) Isi dari Cerpen kebanyakan berkisah tentang kehidupan sehari-hari. 4) Tokoh dari cerpen sederhana dan karakternya tidak digambarkan secara mendetail. 5) Bersifat fiktif. 6) Menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Berikut ini saya sertakan contoh cerpen sudut pandang orang ketiga untuk mempermudah kalian dalam mempelajarinya. Yuk disimak bersama-sama. 

Contoh Cerpen Sudut Pandang Orang Ketiga 

Bunga yang bahagia

Pada suatu hari hiduplah seorang gadis bernama bunga. Bunga adalah seorang mahasiswi jurusan manajemen di salah satu universitas terkenal di Indonesia. Ia tinggal berdua hanya bersama ayahnya. Keluarganya tidak ada yang mau memperdulikannya karena merasa iri kepada kehidupan bunga. Ibunya meninggal 2 tahun yang lalu ketika bunga sedang mengikuti lomba di universitas lain. Mereka hanya tau bunga dari luar saja. Bunga adalah seorang remaja yang cantik dan juga berprestasi. Namun, di balik kesempurnaan yang dimilikinya ia memiliki kelemaha yaitu selalu merasa kesepian karena ayahnya selalu pergi meninggalkanya ke luar kota. 

Di desa yang ditinggalinya saat ini ternyata hiduplah seorang janda yang tinggal sendiri di rumahnya. Ia selalu menyapa bunga apabila ia melihatnya karena bunga selalu mengingatkanya kepada anaknya. Diana, remaja yang cantik dengan senyuman di setiap langkahnya yang telah pergi meninggalkan ibunya sendiri. Ibu ratna  kini hanya dapat melihat Diana dari foto-foto yang selama ini masih disimpannya dengan rapih. Suami dan anaknya meninggal. Mereka meninggal dikarenakan kecelakaan disaat ingin pulang ke rumah seusai menjemput Diana les privat. Selama bertahun-tahun ibu ratna mencoba untuk melupakan kejadian yang telah menimpanya tersebut. Setelah suaminya meninggal ibu ratna bekerja di sebuah toko yang di bukanya di halaman rumah. Ia membuka took untuk membiayai kehidupannya. Dengan segala masalah yang terus-menerus dihadapinya kini ia merasa kuat untuk menjalani kehidupan yang harus dijalankannya.

Keesokan harinya, karena merasa bosan ibu ratna memutuskan untuk pergi berkunjung ke rumah bunga. Ia membantu bunga untuk membersihkan rumah dan menyiapkan makanan. Bunga yang sekarang mulai merasa nyaman karena kehadiran ibu ratna. Begitupun sebaliknya, ibu ratna juga merasa sangat menyayangi bunga seperti anaknya sendiri. Karena seringnya mereka bersama maka pada akhirnya kenyamanan didapatkan. Karena semakin hari mereka lebih sering bertemu dan merasa bahwa mereka saling membutuhkan satu sama lain. Bukan hanya dengan bunga, ibu ratna juga semakin akrab dengan Ayah Bunga. Ayah bunga memutuskan untuk menikahi ibu ratna karena menurutnya ibu ratnalah yang cocok untuk menggantikan istrinya. Selain itu bunga juga setuju dengan keputusan yang diambil oleh ayahnya karena ia tidak ingin kehilangan seseorang yang ia sayangi untuk kedua kalinya. Karena baginya kehilangan itu jauh lebih menyakitkan dari apapun. Setelah sebulan berlalu mereka kini menjadi keluarga yang bahagia. Keluarga yang tersakiti tetapi selalu mencoba untuk meraih kebahagiaan.


Demikianlah Artikel yang dapat kami berikan mengenai Contoh Cerpen Sudut Pandang Orang Ketiga, tentunya banyak mengalami kekurangan karena terbatasnya pengetahuan yang dimiliki penulis mengenai artikel ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Terimakasih karena sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini. 
Baca juga artikel terkait berikut ini ya.
Contoh Cerpen Sudut Pandang Orang Ketiga Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5