Contoh Cerpen tentang Kehidupan Sehari-hari Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh Cerpen tentang Kehidupan Sehari-Hari – Cerpen biasa juga disebut dengan cerita pendek yang biasanya berisi tentang kisah yang dialami oleh penulisnya secara langsung. Cerpen biasanya di sukai oleh kalangan remaja karena ceritanya menarik dan tidak terlalu panjang untuk dibaca. Cerpen sendiri ada bermacam-macam sperti cerpen cinta, cerpen romantis, cerpen persahabatan, cerpen lucu, cerpen remaja dan sebagainya. Di dalam sebuah cerpen memiliki dua unsur yaitu unsur instrinsik dan unsur ekstrinsik. Sebuah cerpen dapat dikatakan baik apabila cerpen tersebut dapat membuat pembacanya turut serta merasakan apa yang dirasakan penulis.

Ada beberapa pengertian cerpen menurut para ahli, seperti Aoh.KH, yang mengatakan bahwa cerpen adalah salah satu ragam fiksi atau cerita rekaan yang sering disebut kisahan prosa pendek. H.B.Jassin, yang mengatakan bahwa yang disebut cerita pendek harus memiliki bagian perkenalan, pertikaian, dan penyelesaian. Sumardjo & Saini, mengatakan cerpen adalah cerita fiktif atau tidak benar-benar terjadi akan tetapi bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun yang mana ceritanya relative pendek. Hendy, mengatakan cerpen ialah suatu kisah pendek yang mengandung kisahan tunggal dan menurut J.S.Badudu, yang mengatakan cerpen merupakan sebuah cerita yang menjurus dan terfokus pada suatu peristiwa. Perhatikan contoh cerpen tentang kehidupan sehari-hari berikut ini untuk memperjelas pengetahuanmu tentang cerpen. 

Contoh Cerpen tentang Kehidupan Sehari-hari 


Pemulung Baik hati

Pada suatu hari hiduplah seorang wanita cantik, bertubuh langsing, yang bernama Ayu. Ayu bekerja di sebuah kantor yang berjarak cukup jauh dari Rumahnya. Ia prig keluar rumah untuk menuju ke halte bus yang berjarak tidak jauh dari kediamannya tersebut. Disaat ia sedang berada diperjalanan menuju ke halte bus, secara tidak sengaja ia menjatuhkan dompetnya. Dompet yang dimiliki Ayu berisi hal-hal penting seperti, Ktp, Atm, dan masih banyak lagi. Dengan tidak disangka hal tersebut dilihat oleh Deri seorang pemulung yang biasanya mencari barang-barang bekas di area Rumah Ayu. Deri melihat kejadian itu dari jarak yang cukup jauh. Deri mengira bahwa Ayu telah membuang sampah sembarangan. “Cantik-cantik tapi kelakuannya tidak baik ” gerutu Deri dalam hati. 

Deri memang selalu lewat dari depan Rumah Ayu, tetapi ia belum pernah melihat ayu sebelumnya. Ia memang selalu bertemu dengan orang-orang di dekat Rumah Ayu sebelumnya tetapi tidak dengan ayu. Walaupun Ayu wanita yang cantik tetapi tetap saja iya tidak senang melihat tingkah laku Ayu. Melihat hal tersebut , Deri merasa marah dan merencanakan hal buruk kepada Ayu yaitu iya akan merusak halaman Ayu dengan membuang sampah di halaman rumahnya.

Sesampainya di dekat sampah yang di buang oleh wanita yang dilihatnya tadi ia merasa kaget karena ternyata itu sebuah dompet bukanlah sampah. Deri merasa bersalah melihat ternyata ia telah berprasangka buruk terhadap Ayu. Ayu wanita yang selalu dibicarakan warga karena kecantikan dan kebaikannya itu. Rasa bersalah yang terus muncul di dalam pikiran Deri membuat ia semakin tidak enak terhadap Ayu.

Deri meninggalkan barang-barang yang ia bawa dengan spontan untuk mengejar Ayu. Dengan suara tergesa-gesa ia mencoba mengejar Ayu. Sesampainya di halte bus ternyata bus yang dinaiki Ayu sudah berjalan cukup jauh dari pandangan deri. Melihat hal tersebut Deri merasa bersalah karena tidak berhasil untuk mengejar Ayu karena bis yang dipakai Ayu sudah melaju kencang. Karena Ia tidak dapat mengejar Ayu Deri memutuskan untuk datang lagi nanti malam sesudah selesai mngerjakan pekerjaannya.

Setelah selesai dari memulung Deri pergi untuk ke Rumah Ayu untuk mengembalikan dompetnya tadi. Deri mengetuk pintu ternyata Ayu sudah brada di Rumahnya. Setelah dibukakan pintu dan dipersilahkan masuk oleh Ayu, Deri mengembalikan dompet yang dijatuhkan oleh Ayu sebelumnya. Karena kebaikan hati Deri, Ayu memberikan uang kepada Deri untuk membalas kebaikannya karena sudah mengembalikan dompet ayu yang berisi kartu nama rekan-rekan bisnis Kantor di Tempatnya bekerja. Setelah semuanya selesai akhirnya kesalahpahaman antara mereka pun terselesaikan karena kebaikan hati keduanya.

Demikianlah Artikel yang dapat penulis sampaikan mengenai Contoh Cerpen Tentang Kehidupan Sehari-Hari, semoga artikel ini dapat membantu pembaca dalam mengerjakan tugas maupun menambah wawasan. Terimakasih karena sudah membaca artikel yang penulis berikan. Silakan baca artikel terkait di bawah ini ya..

3. Contoh cerpen tentang persahabatan sejati 
Contoh Cerpen tentang Kehidupan Sehari-hari Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5