Contoh Kalimat Fakta dan Opini beserta Perbedaannya Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Contoh kalimat fakta dan opini beserta perbedaannya – Kalimat fakta adalah rangkaian kata-kata yang berisi sebuah kenyataan yang benar-benat terjadi. Dengan kata lain fakta adalah peristiwa atau keadaan yang sama dengan kenyataannya. Kalimat fakta di tulis berdasarkan data dan bukti yang melekapi fakta tersebut. Opini adalah pendapat dari seseorang tentang sesuatu hal. Opini dibuat tanpa memikirkan bukti atau data yang ada. Opini dapat dibuat kapan saja dan oleh siapa saja. 

Untuk lebih jelasnya perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini adalah sebagai berikut. Contoh kalimat fakta dan opini beserta perbedaannya.

Contoh kalimat fakta dan opini beserta perbedaannya


1. Contoh pertama
        a. Kalimat fakta : 
            Jelita mendapat juara umum di sekolahnya karena nilai rata-rata diraportnya di atas 90.
        b. Kalimat opini :
            Jelita mendapat juara umum karena dia baik dan pintar.

Penjelasan :
Pada kalimat fakta terdapat bukti dan data tentang mengapa Jelita mendapat juara umum yaitu adanya nilai rata-rata pada raportnya yang menacapai angka 90. Sedangkan, pada kalimat opini terdapat kata yang merupakan pendapat pribadi yaitu dia baik dan pintar.

2. Contoh kedua
        a. Kalimat fakta :
           Berdasarkan poling sms lukisan Dina mendapat juara terfavorit dengan total sms mencapai 860 sms pada malam terakhir foting Minggu 17 Januari 2016. 
        b. Kalimat opini :
            Lukisan Dina bagus, wajar kalau dia mendapatkan juara terfavorit.

Penjelasan :
Pada kalimat fakta terdapat data dan bukti yang menyatakan kemenangan lukisan Dina, yaitu total sms mencapai 860 sms pada malam terakhir foting Minggu 17 Januari 2016. Sedangkan pada kalimat opini tidak terdapat data atau bukti, hanya pendapat pribadi yang menyatakan lukisan Dina Bagus. 

3. Contoh ketiga
        a. Kalimat fakta :
         Akibat parasut yang tidak terbuka saat melakukan terjun payung, dua penerjun tewas dalam latihan rutin di Magelang Jawa Tengah, pada Minggu 20 April 2012.
        b.  Kalimat opini :
           Dua penerjun tewas karena kecerobohan sendiri dalam latihan rutin di Magelang Jawa Tengah.

Penjelasan :
Pada kalimat fakta terdapat data dan waktu terjadi kenyataan atau peristiwa tersebut. Adapun pada kalimat opini lebih dapa sudut pandang sendiri yang mengatakan kejadian itu adalah bentuk kecerobohan dari penerjun.

4. Contoh keempat :
    a. Kalimat fakta :
      Tim Indonesia berhasil dinobatkan menjadi juara umum karena berhasil mengumpulkan medali emas terbanyak yaitu 8 selama pertandingan di IJSO 2004.
    b. Kalimat opini :
        Karena faktor keberuntungan Indonesia menjadi juara umum IJSO.

Penjelasan :
Pada kalimat fakta terdapat data dan waktu terjadi kenyataan atau peristiwa tersebut dan berapa banyak medali yang didapat. Adapun pada kalimat opini lebih dapa sudut pandang sendiri yang mengatakan kejadian itu adalah bentuk keberuntungan yang dimiliki untuk mendapatkan medali emas tersebut..

5.  Contoh kelima
     a.  Kalimat fakta :
       Berdasarkan data BNN Lampung, 80% remaja usia 18- 20 positif menggunakan  narkoba jenis sabu-sabu dan ganja.
     b. Kalimat opini :
    Narkoba jenis sabu-sabu dan ganja banyak dikonsumsi oleh remaja karena penasaran dan terjangkau remaja.

Pada kalimat fakta terdapat data BNN Lampung yang mengatakan dalam jumlah persen (80% ) remaja usia 18-20 positif menggunakan narkoba. . Adapun pada kalimat opini lebih dapa sudut pandang sendiri yang mengatakan bahwa rasa penasaran dan harga yan terjangkaulah yang membuat remaja tertarik mengonsumsi narkoba. 


Berdasarkan contoh-contoh di atas, kita dapat melihat perbedaan antara fakta dan opini dalam sebuah kalimat. ada beberapa perbedaan antara opini dan fakta, yaitu sebagai berikut.

Tabel perbedaan antara kalimat fakta dan opini

Fakta
Opini
Berdasarkan data dan opini
Sudut pandang sendiri/ pribadi
Menggunakan kata keterangan tanggal, bulan, tahun dan dapat berupa angka-angka
Menggunakan kata perkiraan waktu
Tidak menggunakan kata sifat
Banyak menggunakan kata sifat
Melalui proses pengujian
Tidak memiliki data atau bukti otentik karena tidak melalui proses pengujian
Bersifat objektif
Bersifat subjektif
Suatu kenyataan yang telah terjadi
Suatu peristiwa yang belum terjadi (berupa kemungkinan)

Demikian penjelesan tentang contoh kalimat fakta dan opini beserta perbedaannya. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian tentang kalimat opini dan fakta. Setelah mempelajari kalimat fakta dan opini, alangkah baiknya jika kita mempelajari juga pengertian paragraf opini dan fakta. Lantas apa perbedaan antara keduanya? Yuk kita pelajari bersama pada artikel di bawah ini. Terima kasih sudah membaca.

Artikel terkait:
Contoh Kalimat Fakta dan Opini beserta Perbedaannya Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5