Contoh Resensi Novel dalam Bahasa Indonesia Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh resensi novel terbaru – Novel adalah karangan prosa yang panjang dan mengandung serangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak/ karakter dan sifat setiap tokoh yang ada dalam cerita tersebut. 

Resensi adalah ulasan buku atau perbincangan baik atau buruknya sebuah buku yang diterbitkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis resensi yaitu, data/ identitas buku, tentang penulis (boleh dicantumkan, boleh juga tidak dicantumkan), sinopsis, dan penilaian sisi buku. Identitas buku berisi tentang informasi singkat tentang buku tersebut, mulai dari judul buku, penulis, penerbit, dll. Tentang penulis adalah identitas penulis secara singkat. Sinopsis adalah kilasan cerita tanpa akhir yang ditulis untuk menggugah minat baca pembaca dan menimbulkan rasa penasaran pembaca untuk membeli buku tersbeut. Terakhir adalah penilaian yang berisi kelebihan dan kekurangan buku berdasarkan sudut pandang pembuat resensi.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah Contoh resensi singkat novel terbaru yang berjudul 17 Years of Love Song  karya Orizuka. 

Contoh Resensi Novel dalam Bahasa Indonesia 


Resensi Buku 17 Years of Love Song

Identitas Buku

Judul buku : 17 Years of Love Song  
Penulis : Orizuka
Penerbit         : Puspa Populer
Cetakan         : pertama
Tebal : 19 cm
Halaman    : 268 hlm.
Tahun terbit : 2015
ISBN : 978 602 214 007 8

Tentang penulis
Orizuka adalah penulis asal Palembang. Orizuka telah menulis sebanyak 23 cerita dan diterbitkan oleh Puspa Populer. 

Sinopsis 
Leo adalah anak dari keluarga yang broken home. Orangtua Leo bercerai karena ayah Leo berselingkuh. Ibu Leo memutuskan untuk mengajak Leo pulang ke kampung halaman. Ibu Leo adalah seorang dokter dan bekerja di puskesmas di desa itu. Dengan begitu, Leo juga harus pendah sekolah ke desa itu. Pada awalnya Leo tidak betah tinggal di desa itu. Leo yang masih berusia 17 tahun merasa tidak nyaman berada di tempat itu. Namun, suatu hari saat berada di lingkungan sekolah, Leo bertemu Nana di padang ilalang.  Pertemuan pertama mereka berjalan dengan baik, mereka membuat percakapan yang membuat mereka tidak sadar waktu istirahat telah usai. Saat bertemu Leo tidak menyadari tentang kondisi Nana. Hingga saat bel sekolah berbunyi dan dua teman Nana datang untuk membantu Nana duduk di kursi roda. Dari situlah Leo sadar latar belakang mereka berbeda. Leo adalah anak pecinta baseball sedangkan Nana adalah gadis yang memakai kursi roda dan tingal di desa.
Awalnya Leo menganggap bahwa desa itu adalah desa yang membosankan dan tak menyenangkan. Namun, semua berubah setelah Leo bertemu dengan Nana. Nana berhasil membuat Leo menjadi menyukai tempat itu, menyukai segala sesuatu yang ada di sana bahkan menyukai Nana. Mereka sering bertemu di padang ilalang yang terletak di belakang sekolah mereka. Semua berjalan dengan baik dan  indah bagi Leo dan Nana.
Hingga saat ulang tahun Nana, Leo mengajak Nana ke pantai tanpa seijin orangtua Nana. Semua orang di desa itu marah terhadap Leo dan tidak mengijinkan mereka untuk bertemu lagi. Akhirnya Leo kembali ke Jakarta untuk melanjutkan kuliahnya. Sedangkan Nana berencana untuk peri ke Jakarta bersama ayahnya dalam rangka bisnis. Namun, ditengah jalan Nana dan orangtuanya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan orangtua Nana meninggal dunia.

Hingga akhirnya tiba saat perpisahan. Mereka berjanji akan bertemu lagi. Tapi, sebuah musibah datang menghampiri mereka yang akhirnya mereka harus benar-benar terpisahkan. Leo dengan usaha keras berusaha menepati janjinya dan mencari Nana, namun belum juga bisa menemukannya. Hingga suatu hari, akhirnya mereka berhasil bertemu dengan kondisi yang berbeda.

Penilaian 
Kekurangan 
Hanya ada sedikit kekurangan dalam novel ini. Seperti novel ini tidak disertai dengan gambar dan ceritanya juga terlalu singkat untuk dibaca.

Kelebihan 
Banyak kelebihan yang dimiliki oleh novel ini, seperti alurnya yang sulit ditebak, bahasanya yang komunikatif, ceritanya yang mudah dipahami, dan ceritanya dapat membawa pembaca dalam suasana yang disuguhkan. 

Demikianlah penjelasan dan contoh resensi dari novel terbaru dengan judul 17 Years of Love Song karya Orizuka. Diharapkan dengan membaca tulisan ini kalian dapat memahami cara membuat sebuah resensi dari sebuah novel terbaru. Terima kasih 
Contoh Resensi Novel dalam Bahasa Indonesia Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5