Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Terbaik

Bahasa Indonesiaku - Contoh Resensi Novel Perahu Kertas  – Meresensi buku adalah kegiatan mendata, membuat sinopsis, dan menilai keseluruhan isi buku. Meskipun demikian, banyak resensi yang tidak mengikutsertakan penilaian di dalamnya. Biasanya seseorang hanya ingin mengungkapkan data dan sinopsis dari buku atau novel yang mereka baca. Dalam meresensi buku jika penilaian ingin dilakukan, ada beberapa objek yang dapat dijadikan penilaian. Objek penilaian tersebut adalah gambar, foto, ilustrasi, cover buku, bahasa, kertas, dan ketebalan buku tersebut. 

Dalam artikel sebelumnya, saya telah menjelaskans secara detail proses pembuatan resensi yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Bagi kalian yang ingin mempelajarinya lebih luas, silakan baca artikelnya di akhir postingan ini ya. Disana saya berikan link artikelnya. Karena dalam artikel ini saya hanya akan fokus pada contoh resensi singkat tentang novel perahu kertas saja. Untuk lebih jelas, perhatikan contoh resensi novel perahu kertas berikut ini.

Contoh resensi novel perahu kertas


Perjalanan Cinta

Data Buku
Judul buku : Perahu Kertas
Penulis             : Dewi Lestari “Dee”
Penerbit             : Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati
Editor : Hermawan Aksan
Tahun terbit : 2010
Jumlah halaman : 444 halaman
Cetakan            : 1, Agustus 2009
ISBN : 978 – 979 – 1227 – 78 – 0 


Tentang penulis

Perahu Kertas ditulis oleh seorang perempuan dengan nama lengkap Dewi Lestari Simangunsong atau yang lebih akrab dengan sebutan Dee.  Dee lahir di Bandung pada tanggal 20 Januari 1979. Dee lebih dikenal sebagai penyanyi saat dia masih bergabung dalam trio vokal Rita, Sita, dan  Dewi. Dee merupakan lulusan dari Universitas Parahiyangan, jurusan Hubungan Internasional. Namun, sejak menulis novel pertamanya dan mendapat sambutan yang luar biasa Dee kemudian terkenal menjadi novelis. Perahu Kertas adalah novel ke enam yang ditulis oleh Dee dan sangat laris dipasaran. Dee menyelesaikan novel Perahu Kertas ini dengan sangat gigih karena novel ini pernah mati suri. Dengan kegigihannya itulah yang membuat akhirnya novel ini kini sangat terkenal dan dibanyak banyak orang, hingga akhirnya difilmkan.

Sinopsis novel Perahu Kertas

Cerita Perahu Kertas dimulai dari seorang remaja yang bernama Keenan. Keenan adalah siswa yang baru saja lulus dari sekolah mengenah atas. Dia tinggal di negara Belanda tepatnya di Amsterdam bersama neneknya. Keenan tinggal di sana kurang lebih enam tahun. Namun, karena adanya perjanjian dengan ayahnya Keenan harus kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliahnya di Bandung. Dia harus memilih Fakulta Ekonomi sebagai jurusannya. Dapahal, Keenan ingin sekali menjadi seorang pelukis yang terkenal dibandingkan dnegan seorang pengusaha. Meskipun Keenan tidak menginginkannya, dia harus tetap menjalankan janjinya kepada ayahnya. 
Di sisi lain, ada seorang gadis yang unik yang cenderung memiliki ekspresi yang seru, tomboy, periang, dan penuh dengan kejutan. Gadis itu bernama Kugy. Kugy kuliah sama dengan Keenan dengan fakultas yang berbeda. Kugy adalah sosok yang digambarkan sangat unik dan bercita-cita menjadi seorang penulis dongeng. Kegemarannya menulis terlihat dari seringnya dia menulis curahan hatinya dalam sebuah kertas. Namun, dia disadarkan bahwa menulis dongeng tidaklah menghasilkan banyak materi. Hal itu dikarenakan demi rasionalisme dan realisme. Meskipun demikian, Kugy tidak menyerah. Dia tetap saja mengambil jurusan sastra. 
Pertemuan antara Kugy dan Keenan terjadi karena sahabat mereka merupakan orang terdekat dari mereka. Seiring berjalananya waktu, Kugy dan Keenan menjalin persahabatan dengan baik. Mereka saling mengagumi satu sama lain. Kugy mengagumi Keenan yang dapat bercerita melalui gambar dan Keenan mengagumi Kugy yang mampu bercerita lewat dongeng. Persahabatan mereka berjalan dengan baik meski tak dipungkiri mereka memiliki perasaan yang terpendam. Namun, karena salah satu dari mereka memiliki pasangan mereka tetap diam. 
Tak lama persahabatan mereka yang menyenangkan menjadi renggang. Hal itu dikarenakan dekatnya Keenan dengan Wanda dan Kugy yang sibuk dengan sekolah daruratnya. Karena kesibukan masing-masing, mereka menjadi berjauhan. Keenan akhirnya memutuskan untuk pindah ke Bali dan belajar tentang seni melukis di sana. Tak lama Keenan pun menjadi soerang pelukis yang lukisannya banyak diicar oleh kolektor. Sedangkan Kugy pindah ke Jakarta dan bekerja menjadi copywriter. 
Konfik terjadi saat Keenan yang kembali ke Jakarta untuk menggantikan ayahnya yang sedang sakit di perusahaan dan bertemu dengan Kugy. Pertemuan ini membuat mereka tak bisa lagi menahan perasaan masing-masing. 

Penilaian 

Secara umum novel Perahu Kertas menceritakan tentang sepasang kekasih yang mengalami banyak cerita sebelum akhirnya menyatu. Kisah ini diceritan secara lugas, sederhana namun sarat makna. Dee memilih kata yang sesuai dengan semua kalangan sehingga siapa saja dapat membaca buku novel ini. Meskipun temanya singkat dan ringan namun setelah membacanya pembaca akan terbawa suasana yang diluar dugaan. Selain itu, cover yang dibuat sangatlah menarik pembaca. 


Demikianlah contoh resensi novel perahu kertas, semoga resensi ini dapat membantu kalian melengkapi referensi tentang resensi. Semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel terkait tentang resensi di bawah ini atau kunjungi langsung blog kami di bahasaindonesiaku.net. Ada banyak sekali artikel menarik yang membahas tentang materi bahasa Indonesia dengan penjelasan yang sederhana beserta contohnya, sehingga memudahkan kalian dalam mempelajarinya. Terimakasih.

Artikel terkait:
Contoh Resensi Novel Perahu Kertas Terbaik | ikhwan mukhlisi | 5