Contoh Teks Diskusi Tentang Global Warming Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh Teks Diskusi Tentang Global Warming – Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran untuk memecahkan masalah dalam suatu forum secara bersama-sama. Kegiatan diskusi sangat baik dan penting untuk dilakukan untuk menciptakan pemikiran-pemikiran baru dari siapapun yang mengikuti kegiatan diskusi. Tujuan kegiatan diskusi adalah untuk memecahkan suatu masalah. Teks diskusi berarti sebuah teks yan memaparkan masalah di awal yang selanjutnya dibahas secara cermat dengan disertai bukti dan alasan yang mendukung  maupun alasna yang menolak topik yang menjadi pembahasan.

Dalam menulis teks diskusi harus memperhatikan struktur teks, yaitu judul, masalah, pendapat yang mendukung dan menolak, dan kesimpulan. Banyak contoh teks diskusi yang dapat dilihat sebagai referensi. Berikut ini salah satu Contoh Teks Diskusi Tentang Global Warming.


Contoh Teks Diskusi Tentang Global Warming


Global Warming

Global warning atau yang sering disebut dnegan pemanasan global adalah salah satu gejala dimana terjadinya peningkatan suhu rata-rata di atmosfer, laut,  dan di dataran bumi. Dengan terjadinya global warming akan dapat dipastikan adanya perubahan-berubahan seperti naiknya permukaan air laut, meningkatkan intensitas fenomena cuaca yang berubah menjadi ekstrem. Selain itu, pengaruh lain dari terjadinya global warming adalah hasil pertanian yang juga tak bisa ditentukan, hilangnya gletser, mencairnya gunung es, dan punahnya beberapa jenis hewan. Menurut penelitian, global warning hanya disebabkan oleh efek rumah kaca sejak pertengan abad ke-20. Setujukan dengan pendapat tersebut? Karena ternyata, masih ada beberapa ilmuan yang tidak mendukung pendapat tersebut.

Beberapa pakar menyatakan terjadinya global warning karena adanya efek rumah kaca. Mereka berpendapat bahwa sebagian peningkatan suhu rata-rata terjadi sejak pertengahan abad ke -20 dan karena adanya peningkatan konsentrasi gas rumah kaca akibat dari kativitas manusia. Dimana moden rumah kaca tidak dapat menyerap energi panas, melainkan memantulkan kembali cahaya matahri/ energi panas ke luar angkasa. Dengan demikian, sebagian dari energi yang terperangkap di atmosfer bumi. Terperangkapnya gas-gas yang dihasilkan oleh efek rumah kaca itulah yang menyebabkan suhu rata-rata di bumi semakin meningkat dari wkatu-ke waktu. Pemanasan dan kenaikan permukaan air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.  

Tetapi beberapa ilmuan mengatakan hal tersebut tidak benar. Ada penyebab lain terjadinya global warming, yaitu efek umpan balik. Terjadinya global warming tidak hanya melalu gas efek rumah kata, melainkan karena adanya umpan balik yang dihasilkan. Pemanasan akan menyebabkan lebih banyaknya air yang menguap ke atmosfer. Dengan demikian efek rumah kaca yang dihasilkan juga akan meningkat. Efek umpan balik berdampak sangat perlahan karena usia CO2 memliki usia yang cenderung lebih panjang di atmosfer. Selain itu, efek umpan balik juga berdampak pada suhu global meningkat, es yang berada dekta kutup akan mencair, dan menyebabkan meningkatnya permukaan air laut. Selain itu, polusi karbondioksida, gas metana, aktivitas penerbangan liar pohon, dan penggunaan pupuk kimia yang berlebihan. Penyebab lain juga berasal dari buangan air limbah dan asap pabrik yang tidak pada tempatnya. Hal itu jelas, membuktikan memang benar jika pemanasna global tidak semata-mata hanya karena efek rumah kaca.  

Berdasarkan hal di atas, dapat dilihat bahwa ternyata tidak hanya efek rumah kaca saja yang menyebabkan terjaidnya pemanasan global. Banyak faktor yang harus diperhatikan dan diantisipasi. Setelah mengetahui penyebab terjaidnya, diharapkan efek dari global warming akan terhindar sedini mungkin. Pemanasan global juga dapat dicegah dengan beberapa cara, yaitu tidak melakukan penebangan secara liar, melakukan reboisasi atau penanaman hutan kembali secara berkala, mengurahi pengunaan kendaraan yang mengeluarkan gas emisi terlalu tinggi, melakukan penghematan penggunaan listrik dengan tidak menggunakan listrik (lampu, dll) bila tidak terpakai dan membuang sampah dengan tepat dan benar. Berpikir sebelum bertindak adalah hal yang benar dilakukan untuk memperbaiki kondisi alam atau bumi ini. 

Demikian penjelasan tentang Contoh Teks Diskusi Tentang Global Warming, diharapkan dengan membaca tulisan ini dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas teks diskusi. Jangan lupa baca juga artikel terkait di bawah ini ya atau kunjungi langsung blog kami bahasaindonesiaku.net disana kalian akan menemukan banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang membahas tentang materi bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Artikel terkait:

Contoh Teks Diskusi Tentang Global Warming Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5