Contoh Teks Eksplanasi tentang Bencana Alam Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam – Teks eksplanasi adalah teks yang berisi pemaparan atau penjelasan runtuk terjadinya sebuah peristiwa. Umumnya peristiwa yang dipaparkan adalah peristiwa yang terjadinya secara alamiah atau tanpa adanya rekayasa. Dalam membuat teks eksplanasi ada struktur teks yang harus diperhatikan. Struktur teks tersebut adalah pernyataan umum, deretan penjelasan, dan interpretasi. Pernyataan umum bagian yang berisi tentang garis besar atau informasi umum terntang beristiwa yang akan dijelaskan. Deretan penjelasan merupakan bagian yang berisi tentang penjelasan-penjelasan atau tahap terjadinya peristiwa yang terjadi serta dampak atau akibatnya. Terakhir interpretasi merupakan bagian yang berisi tentang pandangan atau kesimpulan dari penjelasan terjadinya suatu peristiwa alam.

Dalam menyusun teks eksplanasi, kita harus menentukan tema apa yang akan kita angkat, misalkan contoh teks eksplanasi tentang bencana alam seperti banjir, gempa bumi, gunung meletus. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat memperhatikan contoh berikut ini.

Contoh Teks Eksplanasi tentang Bencana Alam 


Banjir 

Banjir adalah peristiwa alam yang sering terjadi di belahan dunia manapun. Kemungkinan banjir terjadi pada musim penghujan. Banyak hal yang menyebabkan banjir terjadi. Namun, ada dua faktor penyebab banjir yang akan dijabarkan pada bagian ini. Penyebab alami dan penyebab dari ulah manusia. 
Secara alamiah banjir terjadi karena tingginya curah hujan yang ada di suatu tempat. Selain itu, curah hujan yang tinggi dan dalam waktu yang lama. Terlalu banyaknya air yang jatuh ke dalam tanah mengakibatkan air akan berubah sifat menjadi jenuh pada tanah melalui proses infiltrasi pada pori-pori tanah. Saat kejadian ini akan menyebabkan air tidak lagi bisa diserap oleh tanah sehingga air menggenang di atas tanah. Selain itu, banjir dapat terjadi karena tidak banyaknya akar pohon besar yang dapat membantu penyerapan air dalam tanah. Sehinga air hanya lewat dalam tanah ke dataran yang lebih rendah dan mengakibatkan genangan (banjir). 
Selain penyebab alamiah seperti yang telah dijelaskan di atas, penyebab lain dari banjir adalah ulah manusia. Apa saja ulah manusia yang dapat menyebabkan banjir? Membuang sampah sembarangan, membuang sampah tidak benar, tidak membersihkan saluran air secara teratur, dan menebang pohon tanpa melakukan reboisasi. Sampah yang dibuang tidak pada tempatnya akan mengakibatkan tersumbatnya saluran air sehingga air tidak dapat mengalir dan menjadi genanagan. Menebang pohon sembarangan tanpa melakukan reboisasi akan menyebabkan lahan menjadi gundul sehingga tidak akan ada akar-akar pohon yang akan menahan laju air di dalam tanah. Dengan demikian air akan mengalir begitu saja hingga menggenang terlalu banyak didataran rendah. Selain itu, penggundulan lahan tidak hanya akan menyebabkan bencan banjir, melainkan juga tanah longsor. 
Jelas, semua kondisi ini tidak memiliki dampak yang baik bagi masyarakat. Dampak buruk yang didapat masyarakat dari bencara banjir adalah terbatasnya sumber air bersih, bau tidak sedap, penyakit kulit, dan terganggunya aktifitas masyarakat secara umum. Dengan demikian kita harus dapat mengantisipasi dan menanggulagi bencana banjir yang dapat sewaktu-waktu terjadi saat musim hujan tiba. 
Ada cara sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat, yaitu dengan memperlakuakn air dengan benar. Maksudnya, kita harus bisa menyalurkan, memakai, dan mengendalikan air yang datang baik melalui hujan atau dari sumber mata air secara bijak. Tindakan bijak yang dapat kita lakukan adalah menggunakan air bersih sesuai dengan kebutuhan dan tidak membuang-buang air. Menyalurkan genangan air secara benar dengan cara membersihkan saluran air secara bertahap. Kita juga dapat mengendalikan air yang berasar dari hujan dengan cara membuat waduk buatan atau tempat-tempat untuk menampung air hujan.
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa banjir adalah salah satu peristiwa alam yang terjadi karena faktor alami dan faktor buatan atau ulah manusia. Banyak dampak negatif yang dirasakan manusia saat terjadinya banjir. Oleh karena itu, kita harus mengantisipasi dan menanggulangi bencana banjir dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih. Selain itu, dengan mengaplikasikan kegiatan atau tindakan tersebut, diharapkan daerah-daerah di Indonesia terhindar dari bencana banjir. 

Demikian Contoh teks eksplanasi tentang bencana alam banjir. Diharapkan teks eksplanasi di atas dapat membantu kalian dalam mengerjakan tugas sekolah, memahami, dan memperluas pengetahuan kalian tentang teks tersebut. Terima kasih. Silakan baca artikel lainnya tentang teks eksplanasi di blog kami bahasaindonesiaku.net. Tentu ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang membahas tentang materi pelajaran bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca artikel terkait berikut ini:
1. Contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi terbaru
2. Pengertian dan contoh teks eksplanasi lengkap
3. Contoh teks eksplanasi tentang gunung meletus
4. Contoh teks eksplanasi tentang tanah longsor
5. Contoh teks eksplanasi kompleks
6. Contoh teks eksplanasi sosial terbaru
Contoh Teks Eksplanasi tentang Bencana Alam Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5