Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Terlengkap

Bahasa Indonesiaku - Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi – Teks ulasan adalah teks yang berisi tentang tinjauan atau ringkasan dari sebuah karya baik dalam bentuk tulisan maupun film. Untuk memahami teks ulasan, sebelumnya kita harus memahami terlebih dahulu struktur teks yang ada di dalamnya. Struktur teks yang ada dalam teks ulasan adalah orientasi, tafsiran, evaluasi, dan rangkuman. Teks ulasan biasa disebut dengan resensi. Untuk mengetahui makna dan pengertian resensi secara lengkap. Silakan baca artikelnya di akhir postingan ini ya. 

Bagian orientasi berisi gambaran umum tentang suatu karya sastra yang akan dibahas atau di ulas. Gambaran umum tersebut dapat berupa nama, kegunaan, dan sebagainya. Tafsiran berisi pandangan sendiri tentang karya sastra atau benda atau film yang sedang diulas. Pada bagian ini, penulis biasa membandingkan karya yang sedang diulas dengan karya lainnya yang memiliki kemiripan. Selain itu, penulis juga dapat memberikan kekurangan dan kelebihan terhadap karya sastra yang diulas tersebut. Evaluasi adalah bagian yang berisi evaluasi atau penilaian baik atau buruknya penampilan dan produksi suatu karya sastra yang diulas. Terakhir adalah bagian rangkuman yang berisi ulasan terakhir yang berisi kesimpulan dari hasil ulasan pada bagian-bagian sebelumnya. 

Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi contoh resensi film laskar pelangi di bawah ini. Contoh berikut ini telah sesuai dengan struktur teks yang ada dalam teks ulasan. 

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Terlengkap


Film Laskar Pelangi

Identitas Ulasan : Film Laskar Pelangi
Judul novel : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit         : Bentang
Kota tempat terbit : Jalan Pandega Padma 19, Yogyakarta
Tahun terbit : Cetakan ke III, Juli 2007
Tebal halaman : 533 termasuk tentang penulis.

Film Laskar Pelangi adalah salah satu film yang berasal dari sebuah novel dengan judul yang sama yaitu, Laskar Pelangi. Laskar Pelangi merupakan salah satu novel karya Andrea Hirata yang berhasil menarik perhatian banyak pencinta buku. Film ini disutradarai oleh Riri Riza dan dirilis pada tahun 2008. Cerita film ini sangat sederhana dan mudah dipahami oleh siapa saja yang menontonnya. Cerita ini berisi tentang sekelompok anak dengan semangat belajar dan bersekolah yang tinggi. Meski mereka masih duduk di kelas 1 SD dan SMP serta bersekolah disebuah sekolah yang penuh dengan keterbatasan, mereka tetap semangat menggapai cita-cita mereka. Pada awal cerita dikisahkan sekumpulan anak yang tinggal di Desa Gantung, Belitung Timur. Mereka bersekolah di Muhammadiyah. Pemerintah pendidikan setempat hendak membubarkan sekolah tersebut karena jumlah siswa-siswinya kurang dari 10 orang. Namun, pembubaran tersebut diurungkan dengan syarat pada tahun ajaran baru haruslah memiliki 10 siswa-siswi baru. Usaha telah dilakukan, namun hingga saat acara pembukaan tahun ajaran baru sekolah tersebut hanya ada 9 orang anak. Semua orang kawatir akan kondisi sekolah tersebut. Namun, tiba-tiba sesaat sebelum kepala sekolah membacakan pidatonya Harun dan ibunya datang untuk mendaftarkan di Harun ke sekolah tersebut. Sontak semua anak dan guru di sekolah tersebut bersorak gembira menyambut di Harun. Dari sanalah cerita Laskar Pelangi di mulai. Cerita di sekolah itu mulai terbentuk. Mulai dari pemilihan ketua kelas, teman sebangku, pertemuan mereka dengan orang-orang baru, dan banyak hal baru yang mereka ketahui termasuk bakat terpendam dari Mahar. Selain itu, film ini juga mengisahkan bagaimana usaha Lintang yang harus menempuh jarak hingga 80km untuk tiba di sekolah dari rumahnya. 

Nama Laskar pelangi diberikan oleh salah satu guru mereka yang bernama Bu Muslimah. Ibu Muslimah memberikan nama Laskar Pelangi karena kesukaan mereka terhadap pelangi dan semangat mereka untuk bersekolah demi meraih cita-cita mereka yang sangat tinggi. Dengan nama itu mereka menjadi semakin bersemangat untuk menjadi orang yang sukses. Banyak hal yang telah dilakukan oleh mereka dan berhasil mengharumkan nama desa mereka. Seperti Lintang yang memenangkan lomba cerdas cermat, Mahar yang memenangkan karnaval 17 Agustus, dan lain sebagainya. Kehidupan Laskar pelangi diwarnai dengan kesenangan, kesedihan, semangat, dan kebersamaan.  Pada akhir cerita dikisahkan 12 tahun kemudian atau setelah mereka semua dewasa. Kesuksesan mereka membuat semua guru dan desa Gantung menjadi bangga. 

Cerita Laskar Pelangi berbeda dengan kebanyakan cerita yang anak-anak yang ada, film Laskar pelangi lebih menonjolkan sisi semangat anak-anak dalam menggapai cita-citanya dalam kesederhanaan. Perbedaan yang ada diantara mereka justru menjadi warna dalam persahabatan. Film Laskar Pelangi juga jauh dari aroma percintaan yang biasanya justru banyak ada difilm-film lainnya. Penokohan dalam film Laskar Pelangi benar-benar sangat profesional. Tokoh Harun yang harus memerankan anak yang tidak normal sangatlah bagus, sehingga menarik perhatian banyak penikmat film. Kepolosan, keluguan, dan kecerdikan anak-anak yang hidup dalam keterbatasan membuat daya tarik sendiri bagi penonton saat menonton film tersebut. Film Laskar Pelangi ini juga ingin menyadarkan pemerintah dan juga masyarakat bahwa setiap warga masyarakat Indonesia dalam kondisi apapun berhak mendapatkan sebuah pengajaran yang sesuai dnegan tingkatannya. Keunggulan dari pemutaran film ini adalah nilai syukur terhadap Tuhan yang tinggi, sikap jujur, tawakal, dan lainnya. Kekurangan dalam film ini hampir tidak ditemukan, hanya mungkin ada beberapa bahasa yang kurang dipahami maksudnya karena harus menyesuaikan dengan daerah tempat film ini di ambil. 

Pengambilan tiap adegan dalam film ini sangatlah bagus. Pemandangan alam, pemukiman penduduknya, dan keaslian desa Belitung juga masih sangat terlihat jelas. Kostum, make up, bahasa semua dikemas secara apik oleh Riri Riza agar benar-benar terlihat layaknya kehidupan di Desa Belitung. Sungguh film yang luar biasa.

Walaupun begitu, secara garis besar film Laskar Pelangi ini sangat bagus dan cocok untuk ditonton semua kalangan dan semua usia. Tidak akan ada kata menyesal saat menonton film Laskar Pelangi. Justru, bila kita dapat mengapresiasikan film ini dengan mengajak anak-anak lain untuk menonton film ini. 

Itulah contoh resensi film laskar pelangi, diharapkan contoh ulasan di atas dapat membantu kalian dalam menyelesaikan tugas dari sekolah. Terima kasih telah membaca contoh teks ulasan film laskar pelangi semoga bermanfaat. Baca juga artikel terkait berikut ini ya. 

Contoh Teks Ulasan Film Laskar Pelangi Terlengkap | ikhwan mukhlisi | 5