Pengertian dan 6 Contoh Paragraf Induktif Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif – Teks tersusun dari beberapa paragraf. Setiap paragraf yang baik harus memiliki satu gagasan utama. Gagasan utama dalam sebuah paragraf diwujudkan dalam kalimat utama. Setiap kalimat juga memiliki satu gagasan utama. Biasanya, penulis paragraf akan meletakkan gagasan utamanya pada awal paragraf atau pada akhir paragraf. 

Ada ada dua jenis paragraf berdasarkan letak gagasan utamanya, yaitu paragraf induktif dan paragraf deduktif. Paragraf Induktif adalah paragraf yang dikembangkan dengan merumuskan gagasan khusus terlebih dahulu, kemudian diakhiri dengan gagasan umum. Berdasarkan pengertiannya, paragraf induktif memiliki dua ciri, yaitu kalimat utamanya terletak di akhir paragraf dan kalimat penjelaskanya berada sebelum kalimat utama. Berikut ini beberapa contoh paragraf induktif

Contoh Paragraf Induktif 

Contoh 1. 
Akhir-akhir ini, ongkos transportasi naik. Barang-barang kebutuhan pokok pun berubah harga. Mulai dari bahan makanan, kebutuhan harian lainnya, dan biaya sekolah pun ikut naik. Perusahaan banyak yang gulung tikar dan mem-PHK buruhnya. Selain itu, pengangguran merajalela di mana-mana. Kondisi ini seakan membuktikan keadaan negara yang kian menurun. Keadaan ini terjadi setelah pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga bahan bakar minyak.

Contoh 2.
Keberhasilan para peneliti ITB ini membuat Indonesia merupakan satu-satunya negara yang berhasil mengucurkan minyak jarak alami tanpa campuran solar apa pun untuk menggerakan mesin diesel. Sementara di negara lain, minyak jarak digunakan sebagai campuran solar untuk mengurangi bahan bakar fosil ini. Oleh karena itu, keberhasil para peneliti ITB ini patut mendapatkan acungan jempol dan pengahargaan yang selayaknya.

Contoh 3
Selain menambah ilmu pengetahuan, membaca juga dapat membantu merangsang kinerja otak menjadi lebih aktif. Kurang membaca membuat kita menjadi kurang pengetahuan dan berdampak pada kinerja otak yang menurun. Tidak hanya buku pelajaran yang perlu di baca, buku pengetahuan umum juga perlu dibaca. Dengan banyak membaca kita menjadi lebih tahu dan menjadi wawasan kita semakin luas. Itulah manfaat dari membaca. 

Contoh 4.
Pada usia remaja, manusia sednag mengalami pertumbuhan jasmani dan rohani. Jika pada usia tersebut mereka mengonsumsi obat terlarang, dapat menimbulkan gangguan kesehatan, khususnya saraf. Hal tersebut dapat menimbulkan atau mengakibatkan kelambanan berpikir. Apalagi jika sudah kecanduan, maka akan sulit untuk dismebuhkan. Pemakai obat terlarang juka akan  kehilangan konsentrasi dan cenderung berpikir negatif. Tidak hanya pemakai, keluarga dan teman juga akan menerima dampaknya. Kekawatiran akan psikologis pemakai dan cap negatif bagi seseorang yang bergaul dengan pengguna obat terlarang. Pengunaan obat terlarang dikalangan remaja saat ini memang sangat mengkawatirkan. Jadi jelas, pemakaian obat terlarang menimbulkan dampak negatif bagi para pemakainya maupun bagi orang lain.

Contoh 5
Biasanya, penyulingan pertama menghasilkan alkohol dengan kadar 10 persen. Penyulingan kedua dapat dilakukan dan akan menghasilkan alkohol dengan kadar 20 persen. Penyulingan dapat dilakukan secara terus menerus hingga menghasilkan kadar alkohol yang tinggi atau sesuai dengan harapan. Dengan melakukan banyak penyulingan akan mendapatkan kadar alkohol yang tinggi yaitu mencapai 90 persen. Selain itu, selain dengan melakukan penyulingan dengan terus menerus dan jika pengaturan suhu sempurna, kadar alkohol akan mencapai 96 persen. Tahapan penyulingan yang seperti ini dilakukan untuk menghasilkan alkohol dengan kadar yang sangat tingi.

Contoh 6
Selain sebagai pelabuhan, Pantai Canti juga menjadi tempat objek wisata. Canti menyimpan berbagai daya tarik alami yang jika ditata akan menjadi sangat mengagumkan dan sangat eksotik. Laut yang biru, airnya yang jernih, suasana yang tenang, dan kondisi alam yang teduh, begitulah Pantai Canti. Tempat wisata pantai ini menyuguhkan ombak beriak kecil pada saat air sedang pasang. Sebaliknya, saat surut, di garis pantai sepanjang kurang lebih 200 meter itu terhampar pasir nan bersih. Tak hanya itu, pengunjung juga dapat mengumpulkan batu koral atau kulit siput di pinggir pantainya. Itulah alasan mengapa pengunjung banyak yang menjadikan tempat ini sebagai tempat berakhir pekan.

Demikianlah penjelasan tentang Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mempelajari materi tentang paragraf induktif dan deduktif. Silakan mampir ke blog kami bahasaindonesiaku.net ya. Terdapat banyak sekali artikel yang bermanfaat lainnya yang bisa kalian jadikan referensi belajar lho.
Baca artikel terkait berikut ini:

Pengertian dan 6 Contoh Paragraf Induktif Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5