Pengertian dan Cara Menyunting Beserta Contoh Suntingan

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan cara menyunting beserta contoh suntingan – Penyuntingan adalah proses, cara, perbuatan menyunting atau sunting-menyunting (KBBI, 2007: 1106). Adapun menyunting berarti menyiapkan naskah siap cetak atau siap terbit dengan memperhatikan segi sistematika penyajian, isi, dan bahasa (menyangkut ejaan, diksi, dan struktur kalimat). 

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyunting sebuah naskah adalah sebagai berikut.

a. Ejaan 
Editor atau penyunting (orang yang menyunting) akan melihat teks tersebut dengan aturan ejaan yang telah disempurnakan atau tidak, jika tidak maka harus disesuaikan. Contoh : penggunaan kata “mentiup” adalah salah. Dalam aturan ejaan yang disempurnakan imbuhan me- jika bertemu dengan huruf “t” menjadi hilang. Sehingga, kata “mentiup” akan mendapat suntingan menjadi “meniup”. Sama halnya dengan contoh kata “mensapu” akan disunting menajdi “menyapu”

b. Tanda baca
Penggunaan tanda baca seperti tanda titik (.), tanda koma (,) daln lain-lain haruslah memiliki ketpatan, sehingga perlu diperhatikan juga jika sedang menyunting teks. Contoh dalam penulisan menggunakan tanda koma “ Adel membeli pena, pensil dan buku.”. Kalimat tersebut belum tepat dan akan disunting menjadi “Adel membeli pena, pensil, dan buku.” Contoh lainnya adalah penggunaan tanda titik (.) “Shelly Nilayati, SPd.” Kalimat tersebut belum tepat dan perlu mendapat suntingan. Hasil suntingannya adalah “Shelly Nilayati, S.Pd.”.

c. Diksi
Diksi adalah pilihan kata yang digunakan agar bahasa terlihat bagus dan sesuai dengan kondisi yang ada. Pemilihan kata juga perlu diperhatikan dalam hal menyunting. Contoh : “Saya sangat tidak setuju dengan pendapat anda, itu sangat tidak masuk akal dan terkesan seperti pendapat orang yang tidak berpendidikan saja!”. Kalimat tersebut belum menggunakan diksi yang baik sehingga setelah disunting akan menjadi “Saya tidak setuju dengan pendapat Anda, hal itu dikarenakan adanya beberapa pertimbangan seperti . . .” . 

d. Kalimat
Dalam menulis haruslah juga memperhatikan penggunaan struktur kalimatnya, yaitu S-P-O-K atau lainnya. Hal itu dikerenakan untuk memperjelas siapa yang menjelaskan dan apa atau siapa yang dibicarakan. Selain itu juga perlu diperhatikan kelogisan, kepaduan, kehematan dan keefektifan sebuah kalimat.

e. Kebenaran konsep
Kebenaran konsep tidak kalah penting dengan hal yang telah disebutkan di atas. Dalam membuat karangan atau tulisan hendaklah kita menulis sebuah kebenaran. Konsep-konsep ilmiah yang ada haruslah ditulis dengan benar.

Cara Menyunting beserta Contoh Suntingan

Cara menyunting karangan atau tulisan adalah sebagai berikut.

a. Bacalah kalimat per kalimat untuk menemukan kesalahan penggunaan ejaan, diksi, pola kalimatnya.
b. Catatlah atau beri tanda pada kalimat atau kata yang akan disunting.
c. Betulkanlah/ perbaikilah/ suntinglah kalimat, kata, ejaan, atau apa yang telah dicatat sebelumnya.
d. Menyunting kalimat dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu, menambah kata, mengganti kata, pemakaian kata-kata baku, dan mengurangi kata. Hal itu dilakukan agar kalimatnya menjadi lebih efektif namun tidak mengubah isi kalimat.
e. Memeriksa keterpaduan antar paragraf untuk memastikan paragraf tersebut padu.
f. Memperhatikan kesalahan dalam paragraf dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu membuang kalimat yang tidak padu, mengganti kalimat yang tidak padu dengan kalimat padu (selama isi kalimat sama), dan menambah kalimat agar paragraf tersebut menjadi padu.
g. Memperbaiki keruntutan paragraf yang satu dengan paragraf yang lain. hal itu dapat dilakuakan dengan cara membaca keseluruhan paragraf, membuang paragraf yang tidak padu, menambah paragraf agar menjadi padu, dan menemparkan urutan paragraf agar paragraf menjadi padu.

Setelah mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyunting dan caranya. Berikut ini adalah contoh hasil suntingan dari sebuah tulisan.


Contoh tulisan sebelum disunting.

Demokrasi indonesia masih transisi sehingga menimbulkan banyak skali persoalan. Bermacam persoalan telah merugi warga indonesia. meskipun demikian, semua itu masih bisa di anggap wajar asal jangan kebablasan sehingga menimbulkan kesan kacau. unjuk rasa disertai kekerasan terjadi pekan kemaren di kota p.

Unjuk rasa tersebut dipicu oleh persoalan yang dibiarkan berlarutlarut, seperti penggusuran, konflik kekuasaan kelompok, gaji, penghasilan, dan lain-lain. kenaikan harga atau kelangkaan kebutuhan pokok juga dapat memicu terjadinya unjuk rasa. Di sisi lain, unjuk rasa dapat mempercepat penyelesaian berbagai masalah. Walau begitu, perlu juga dipertanyakan, seberapa jauh unjuk rasa yang berlebihan dapat berdampak terhadap penyelesaian masalah?.   

Contoh hasil suntingan.

Demokrasi Indonesia masih transisi sehingga menimbulkan banyak sekali persoalan. Bermacam persoalan telah merugikan warga Indonesia. meskipun demikian, semua itu masih bisa dianggap wajar asal jangan kebablasan sehingga menimbulkan kesan kacau. Unjuk rasa disertai kekerasan terjadi pekan kemarin di Kota P.

Unjuk rasa tersebut dipicu oleh persoalan yang dibiarkan berlarut-larut, seperti penggusuran, konflik kekuasaan kelompok, gaji, penghasilan, dan lain-lain. Kenaikan harga atau kelangkaan kebutuhan pokok juga dapat memicu terjadinya unjuk rasa. Selain itu, di sisi lain njuk rasa dapat mempercepat penyelesaian berbagai masalah. Walau begitu, perlu juga dipertanyakan, seberapa jauh unjuk rasa yang berlebihan dapat berdampak terhadap penyelesaian masalah?.

Demikian penjelasan tentang Pengertian dan cara menyunting beserta contoh suntingan, diharapkan dapat membantu adik-adik yang sedang mengerjakan tugas berkaitan dengan hal tersebut. Selain itu, diharapkan tulisan ini dapat menambah wawasan kalian tentang cara menyunting yang benar sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan lupa baca artikel terkait berikut ini atau kunjungi langsung blognya di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak artikel yang membahas tentang materi bahasa Indonesia yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Artikel terkait:
Pengertian dan Cara Menyunting Beserta Contoh Suntingan | ikhwan mukhlisi | 5