Pengertian dan Contoh Kalimat Kritikan dan Pujian Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesiaku - Contoh kalimat kritikan dan pujian dalam bahasa Indonesia – Dalam menanggapi suatu hal baik yang kita suka maupun yang tidak kita suka keduanya memiliki aturan tersendiri. Lantas bagaimana cara memberikan kritik maupun pujian yang baik? Tentunya Indonesia adalah negara yang terkenal akan sifat ramahnya. Sehingga kita patut untuk menjaga perasaan seseorang yang akan kita kritisi. Jangan sampai perkataan kita menyakiti orang yang kita kritik. Begitu juga dengan memberikan pujian. Tentunya kita tidak boleh terlalu memaksakan dengan kata-kata buaian yang justru membuat orang tersebut besar kepala. Kritik maupun pujian dapat diberikan kapan dan dimana saja, baik ditujukan untuk perorangan maupun suatu organisasi, perusahaan, dst. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak penjelasannya beserta contohnya berikut ini. Selamat belajar. 

Pengertian dan contoh kalimat kritikan dan pujian 


Kritik adalah pendapat yang berupa tanggapan atau kecaman yang terkadang disertai dengan alasan atau pertimbangan baik atau buruk terhadap suatu hal. Kritikan dapat diberikan pada pendapat, hasil karya, dan lain-lain. kalimat kritikan berarti kalimat yang isinya pendapat yang disertai dengan alasan baik buruknya suatu hal. Dalam mengkritik haruslah dibedakan dari mengecam, memaki, atau menjelek-jelekkan. Dalam mengkritik haruslah objektif karena tujuan akhir dari mengkritik adalah agar pencipta karya tersebut dapat meningkatkan mutu dari produknya. Bahasa yang digunakan dalam mengkritik haruslah sopan dan santun. Alasan yang digunakan juga harus masuk akan. Dengan demikian kritik yang baik adalah kritik yang membangun. Perhatikan 25 contoh kalimat kritikan dalam bahasa Indonesia berikut ini.

1. Sebaiknya orangtua memberikan waktu bermain kepada anaknya minimal 2 jam dalam sehari, agar mereka dapat bersosiliasi dengan teman sepermainan.
2. Seharusnya guru hanya memberikan maksimal 2 tugas dari dua mata pelajaran dalam sehari, agar siswa menjadi lebih fokus dalam pembelajaran yang lain.
3. Sebaiknya pemerintah memekirkan lagi rencana kenaikan harga BBM, karena hal itu akan memberatkan masyarakat kalangan bawah.
4. Sebaiknya penggunaan warna pada bagian wajah lukisan itu jangan terlalu banyak, karena akan terlihat tidak natural.
5. Seharusnya para koruptor dihukum mati agar membuat jera para pelakunya atau yang berniat untuk melakukannya.
6. Saya sangat tidak senang ada keributan di kelas, karena itu menggangu konsentrasi belajar saya dan teman-teman.
7. Baju yang artis Jeni itu sangat terbuka, sebaiknya saat show menggunakan pakaian yang layak. Hal itu dikarenakan banyak anak-anak yang menyaksikan pertunjukan itu.
8. Buku itu sangat baik isinya, hanya saja covernya terlalu fulgar untuk kalangan remaja. Ada baiknya jika covernya diganti agar tidak membuat anak remaja berpikir ke arah yang negatif.
9. Masakan itu enak, hanya saja kurang terasa pedas. Karena banyak yang menyukai rasa pedas ada baiknya diberi sambal tambahan.
10. Tataan ruangan itu baik, hanya saja jika setiap benta yang sama disusun menjadi satu maka akan terlihat lebih rapi dan mudah ditemukan saat mencarinya.
11. Rangkaian bungan itu indah, hanya saja bila diberikan banyak bunga lagi akan menambah keindahan dari rangkaian bunga tersebut.
12. Sebaiknya saat kesekolah hanya membawa buku yang dibutuhkan, karena akan meringankan beban anak saat menggendong tas.
13. Sebaiknya lukisan itu ditempel pada dinding sebelah kanan, karena jika sebelah kiri tidak akan terlihat oleh pengunjung.
14. Sebaiknya para sutradara saat memproduksi film memperhatikan adat istiadat yang menjadi latarbelakang film tersebut agar makna yang ingin disampaikan tepat dan sesuai.
15. Sebaiknya masalah itu diselesaikan dengan cara berkelompok, karena jika sendirian tidak akan selesai tepat pada waktunya.
16. Sebaiknya KPAI memberikan hukuman yang berat kepada pelaku kekerasan pada anak di bawah umur agar jera dan anak-anak menjadi aman.
17. Buku yang berjudul Doa Ibu itu bagus, namun ada kata-kata yang tidak biasa. Sebaiknya penulis memilih kata yang tidak terlalu tinggi agar anak-anak yang membacanya mengerti.
18. Baju itu bagus, hanya saja perlu disesuaikan dengan bawahan yang akan dikenakan agar menjadi pas paduan warnanya.
19. Merayakan ulang tahun dan hura-hura memang tidak dilarang, tapi ada baiknya jika merayakan ulang tahun dengan beramal itu akan saling menguntungkan.
20. Patung itu indah, namun ada baiknya bila diberikan nama yang sesuai dengan patung tersbeut sehingga akan banyak yang mengenalnya.
21. Penggunaan telepon genggam di sekolah memang ada baiknya, namun lebih baik jika penggunaannya diberikan  batasan dan pengawasan guru agar terhindar dari hal negatif.
22. Tas itu memiliki design yang bagus, hanya saja harganya yang sangat mahal membuat hanya kalangan atas yang mampu membelinya. Ada baiknya bila harga tas itu diberikan diskon sehingga dari berbagai kalangan dapat memakainya.
23. Pada film Kiri Kanan Salah, terdapat banyak adegan yang tidak sesuai dengan penontonnya, mohon kepada produser film tersebut untuk mengedit bagian-bagian yang tidak sesuai dengan penontonya. Agar anak-anak tidak terkena dampak buruknya.
24. Seharusnya lagu anak-anak dipopulerkan lagi di masa sekarang ini, tujuannya agar anak-anak benar-benar merasakan masa kanak-kanan mereka.
25. Mohon film itu dihentikan penayangannya, karena anak-anak dapat meniru adegan perkelahian yang ada pada film tersebut.


Pujian berarti pernyataan yang memuji suatu hal. Biasanya pujian diberikan terhadap sesuatu yang baik atau bagus. Untuk lebih jelasnya perhatikan 25 contoh kalimat kritikan dan pujian dalam Bahasa Indonesia berikut ini.

1. Film itu memang bagus dan layak untuk ditonton.
2. Buku itu sangat layak untuk dibaca saat istirahat.
3. Lukisan itu sangat indah karena menggambarkan begitu indahnya pemandangan alam Indonesia.
4. Dia memang ahlinya mengerjakan soal matematika.
5. Dina memang mahir berbahasa inggris.
6. Jelita memang mendalami kuliner Indonesia.
7. Dengan pakaian itu, Dina nampak sangat anggun dan berkelas.
8. Doni sangan cocok mengenakan jas itu saat di pesta tadi malam.
9. Sekolah itu memang bermutu tinggi.
10. Buku itu memiliki alur yang sangat tepat untuk menggambarkan setiap kejadiannya.
11. Desa Sidorejo adalah desa yang sangat nyaman dan tenang.
12. Jogja adalah tempat yang paling nyaman dan tenang untuk berlibur.
13. Jelita memang teman yang paling setia.
14. Mobil itu sangat keren tak salah memang harganya mahal.
15. Baju itu sangat mewah dan elegant.
16. Ben Joshua adalah aktor yang tampan dan bisa memerankan karakter baik maupun jahat.
17. Aku bangga dengan kerja keras Dina hingga Ia mendapatkan juara kelas.
18. Dengan dominan warna merah interior ruangan itu terlihat sangat indah.
19. Selamat ya, karena prestasimu kamu mendapatkan beasiswa ke luar negeri.
20. Kamu memang pintar, aku senang kamu akhirnya diterima disekolah yang kamu inginkan.
21. Wah, pena kamu keren sekali.
22. Wah, rumahmu begitu rapi dan nyaman.
23. Aku senang, akhirnya kamu menjadi penulis yang diperhitungkan dunia.
24. Aku bangga memiliki teman yang memiliki bakat melukis pasir profesional sepertimu.
25. Patung itu sangat mempesona para seniman.

Demikian artikel tentang pengertian dan contoh kalimat kritikan dan pujian dalam bahasa Indonesia. Nah setelah membaca artikel ini, diharapkan kalian mampu menyampaikan kritikan maupun pujian dengan baik dan benar, sehingga pesan dari kritikan maupun pujian tersebut tersampaikan tanpa adanya perasaan yang tersakiti. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Pengertian dan Contoh Kalimat Kritikan dan Pujian Bahasa Indonesia | ikhwan mukhlisi | 5