Pengertian dan Contoh Paragraf Ekspositoris Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Pengertian dan contoh paragraf ekspositoris – Sebelum kita mempelajari paragraf ekspositoris, alangkah baiknya bila kita mengulas kembali pengertiana paragraf itu sendiri. Paragraf adalah bagian bab dari sebuah karangan (biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan baris baru) (KBBI: 2005- 828). Berdasarkan teknik pemaparannya, paragraf dibagi menjadi empat, yaitu paragraf deskritif, ekspositoris, argumentatif, dan naratif. Pada artikel ini akan lebih jelas mengupas tentang paragraf ekspositoris dan contoh paragraf ekspositoris. 

Paragraf ekspositoris disebut juga paragraf pemaparan atau paparan. Paragraf ini menampilkan suatu objek. Peninjauannya tertuju pada satu unsur saja tidak lebih. Penyampaiannya dapat menggunakan perkembangan analisis kronologis atau keruangan. Pada paragraf ini mempersoalkan tahap-tahap kejadian, tahap-tahap bagian dalam suatu tempat, rangkaian-rangkaian perbuatan kepada pembaca atau pendengar. Hal tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan informasi untuk memperluas pengetahuan atau pengertian pembaca, tidak peduli apakah yang disampaikan secara tertulis atau secara lisan. Untuk lebih memahaminya, berikut ini saya berikan contoh paragraf ekspositoris singkat. Yuk kita pelajari bersama-sama. 


Pengertian dan contoh paragraf ekspositoris

contoh paragraf ekspositoris singkat

Pasar Tanah Abang

Pasar adalah salah satu tempat untuk bertemunya antara penjual dan pembeli. Selain itu pasar juga menyediakan berbagai kebutuhan kehidupan sehari-hari masyarakat luas. Hampir disetiap daerah, kota, ataupun pelosok desa, pastilah memiliki pasar. Salah satu pasar yang ada dikota Jakarta adalah Pasar Tanah Abang. Pasar Tanah Abang merupakan pasar yang sangat kompleks. Terdapat puluhan kios yang ada di lantai dasar pasar Tanah Abang. Kios-kios tersbeut digunakan untuk berjualan kain. Karena banyaknya penjual dan banyaknya pembeli di pasar Tanah Abang, kira-kira setiap harinya terjual ratusan meter kain dengan berbagai macam bahan dan warna. 

Lantai dua pasar Tanah Abang terdapat penjual pakaian dari berbagai ukuran dan berbagai model. Setiap harinya, tak kurang dari seratus buah baju terjual. Setiap hari, pembeli datang silih berganti mengunjungi pasar Tanah Abang. Mulai dari pendatang luar kota maupun pelanggan tetap. Harga yang ditawarkan di pasar Tanah Abang juga berfariasi. Mulai dari harga eceran, lebih dari satu, atau harga grosir. Berdasarkan data di atas, sudah bisa diperkirakan berapa besarnya uang yang masuk untuk kas DKI hanya dari pasar Tanag Abang. 

Letak Pasar Tanah Abang sangat strategis, sehingga banyak penjual dari luar daerah yang memutuskan untuk membeli barang grosirannya di pasar tersebut. Selain banyak keuntungan, variasi barang juga tidak sedikit.
Demikian penjelasan pengertian dan contoh paragraf ekspositoris. Semoga artikel tersebut dapat membantu kalian dalam mempelajari materi tentang paragraf ekspositoris serta menjadi referensi dalam menyelesaikan tugas dari sekolah. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiaku.net ya. Ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang berkaitan dengan materi-materi pelajaran bahasa Indonesia lengkap. Semoga bermanfaat. Terimakasih.
Pengertian dan Contoh Paragraf Ekspositoris Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5