Pengertian dan Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen Lengkap

Bahasa Indonesiaku - Contoh paragraf silogisme dan entimen beserta definisinya – Silogisme berarti suatu proses bentuk penalaran yang berusaha menghubungkan dua preposisi (pernyataan) yang berlainan untuk menurunkan suatu kesimpulan atau inferensi yang merupakan preposisi yang ketiga. Paragraf silogisme berarti paragraf yang memiliki tiga bagian yaitu, umum, khusus, dan kesimpulan. Kedua term tersebut akan menghasilkan suatu kesimpulan secara logis. 

Dalam kehidupan sehari-hari biasanya silogisme itu muncul hanya dengan dua preposisi, salah satunya dihilangkan, walaupun dihilangkan, preposisi itu tetap dianggap ada dalam pemikiran dan dianggap diketahui pula oleh orang lain. bentuk semacam ini lebih dikenal dnegan istilah entimen. Entimen adalah sebuah silogisme yang dipendekkan. Dengan kata lain entimen adalah kesimpulan dari sebuah silogisme.


Pengertian dan Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen

Contoh silogisme 1

PU : Semua guru pandai mengatur kelas.
PK : Shelly adalah seorang guru.
K : Shelly pandai dalam mengatur kelas.

PU : Premi umum
PK : Premi khusus
K   : Kesimpulan

Contoh paragraf silogisme 1

Semua guru yang ada di setiap sekolah di Indonesia maupun di luar negeri pastilah pandai dalam mengatur sebuah kelas. Kepandaian merekalah yang membuat banyak anak bangsa yang sukses mengejar dan mewujudkan citi-citanya. Kepandaian semua guru juga tidak diraih begitu saja, terbukti dengan gelar yang ada di blakang nama mereka. Adanya gelar tersebut membuktikan mereka melalui proses belajar yang panjang. Sementara itu, Shelly adalah seorang guru di salah satu sekolah yang ada diBandar Lampung. Jadi, bisa dikatakan bahwa Shelly adalah seorang yang pandai dalam mengatur kelas. 


Contoh silogisme 2

PU :  Semua hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan.
PK :  Kucing adalah hewan mamalia yang sering kita jumpai.
K :  Kucing berkembang biak dengan cara melahirkan.

PU : Premi umum
PK : Premi khusus
K   : Kesimpulan

Semua hewan yang termasuk dalam jenis mamalia berkembang biak dengan cara mengandung dan melahirkan anak-anaknya. Hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan dikarenakan hewan mamalia memiliki kelenjar yang menghasilkan susu pada tubuhnya. Dengan demikian, anak-anak hewan mamalia akan menyusui anak-anaknya. Kucing adalah salah satu hewan yang sering kita jumpai. Hewan berkaki empat ini merupakan salah satu jenis hewan mamalia. Jadi, kusing termasuk dalam hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anak-anaknya. 

Definisi dan contoh silogisme entimen - Silogisme sebagai suatu cara untuk menyatakan pikiran tempaknya bersifat artifisial. Dalam kehidupan sehari-hari biasanya silogisme itu muncul hanya dengan dua preposisi, salah satunya dihilangkan, walaupun dihilangkan, preposisi itu tetap dianggap ada dalam pemikiran dan dianggap diketahui pula oleh orang lain. bentuk semacam ini lebih dikenal dnegan istilah entimen. Entimen adalah sebuah silogisme yang dipendekkan. Dengan kata lain entimen adalah kesimpulan dari sebuah silogisme. Perhatikan contoh berikut ini.

Contoh paragraf silogisme entimen 1

PU : Anak yang sholeh pasti selalu rajin beribadah.
PK : Arya adalah anak yang sholeh.
K : Arya rajin beribadah
Entimen : Arya rajin beribadah, karena ia anak yang sholeh.

Setiap orangtua pasti mendambakan anak yang sholeh maupun sholeha. Kehadiran anak yang sholeh atau sholeha membuat tentram dan tenang hati serta pikiran orangtua. Anak yang sholeh dianggap anak yang akan membawa orangtua menuju surga saat meninggal nanti. Anak yang sholeh selalu ditandai dengan rajin beribadah. Arya adalah salah satu anak yang selalu rajin beribadah. Jadi, Arya adalah anak yang rajin beribadah, karena ia adalah anak yang sholeh. 


Contoh paragraf silogisme entimen 2

PU : semua orang yang membuat banyak penelitian adalah sarjana besar.
PK : Prof. Hasan membuat banyak penelitian
K : Prof. Hasan adalah sarjana besar.
Entimen : Prof. Hasan melakukan banyak penelitian, karena ia adalah sarjana besar.

Belajar dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bukan hanya dengan membaca buku, tetapi dapat pula dilakukan dengan melakukan sebuah penelitian. Tetapi, biasanya penelitian banyak dilakukan oleh seseorang yang menginginkan gelar seorang profesor. Jangankan yang belum mendapatkan gelar profesor, yang sudahpun akan tetap melakukan banyak penelitian untuk menambah hasil penelitiannya. Semua orang yang membuat banyak penelitian adalah sarjana besar. Profesor Hasan membuat banyak penelitian. Dengan begitu prof. Hasan adalah seorang sarjana besar. Jadi dapat dikatakan bahwa prof. Hasan yang melakukan banyak penelitian karena ia adalah seorang sarjana besar. 


Demikianlah pembahasan tentang pengertian dan contoh paragraf silogisme dan entimen, diharapkan contoh di atas dapat membantu adik-adik yang sedang mempelajari paragraf silogisme dan entimen. Jangan lupa kunjungi blog saya di bahasaindonesiaku.net. Ada banyak sekali artikel tentang materi bahasa Indonesia lainnya yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Semoga bermanfaat. Terimakasih.  
Pengertian dan Contoh Paragraf Silogisme dan Entimen Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5