20 Contoh Kalimat Persuasi berserta Penjelasan Lengkap

Pengertian dan contoh kalimat persuasi - Pada artikel sebelumnya, kita telah banyak membahas tentang pengertian kalimat beserta macamnya secara sederhana. Bagi kalian yang belum membacanya atau ingin mempelajarinya lagi, silakan kunjungi langsung blog kami di bahasaindonesiaku.net ya.. Sehingga sekarang kita hanya fokus belajar tentang kalimat persuasi, apa kalimat persuasi itu? Yuk kita simak bersama penjelasannya beserta contoh kalimat persuasi berikut ini.

PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT PERSUASI  

Definisi kalimat persuasi
Kalimat persuasi merupakan kalimat yang didalamnya mengandung unsur ajakan. Kata persuasi itu sendiri berasal dari kata persuade (bahasa inggris) yang artinya mengajak. Dengan kata lain, kalimat persuasi juga bisa dikatakan sebagai kalimat yang isinya adalah ajakan seseorang atau kelompok kepada orang lain atau kelompok tertentu untuk melakukan sesuatu. Dengan demikian, kalimat persuasi ini merupakan media yang digunakan oleh penulis untuk mengajak, meminta atau bisa juga untuk menghimbau seseorang melakukan sesuatu. Karena sifatnya yang mengandung unsur ajakan, kalimat persuasi ini sering digunakan dalam penggunaan bahasa-bahasa promosi, slogan, brosur dan lain-lain. 

Fungsi kalimat Persuasi
Kalimat persuasi yang mengandur unsur ajakan atau propaganda juga berfungsi untuk meyakinkan pembaca atau pendengar untuk mengikuti jenis ajakan yang disampaikan oleh penulis atau pembicara. Oleh karena itu, kalimat persuasi sering disebut sebagai kalimat perintah. Namun kalimat persuasi dengan kalimat perintah yang sesungguhnya jelas berbeda. Kalimat persuasi bersifat perintah atau ajakan yang disampaikan secara tidak langsung, sedangkan kalimat perintah biasanya disampaikan secara langsung. Kalimat persuasi juga lebih condong pada ajakan sehingga tidak mengharuskan pembaca atau pendengar mengikuti ajakan tersebut. Berbeda dengan kalimat perintah yang memang mengharuskan pembaca atau pendengar agar melakukan apa yang disampaikan. Dengan demikian, ciri-ciri kalimat persuasi dapat dikategorikan sebagai berikut:


Ciri-ciri kalimat persuasi
1. Kalimat persuasi biasanya secara langsung menggunakan kalimat ajakan agar pembaca atau pendengar mempercayai atau melakukan sesuatu sesuai yang disampaikan oleh pembaca atau pendengar. Contoh kalimat ajakannya seperti “ayo”, “mari”, serta imbuhan –lah. 
2. Kalimat persuasi biasanya juga menggunakan alasan mengapa penulis atau pendengar perlu mengikuti ajakan yang disampaikan oleh penulis atau pembicara. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pembaca atau pendengar mempercayai serta yakin untuk mengikuti ajakan tersebut.
1. Kalimat persuasi juga biasanya diakhiri dengan tanda seru. 
2. Kalimat persuasi hampir sama dengan kalimat perintah. Namun tentu saja kedua jenis kalimat ini memiliki unsur perbedaan. Untuk memperjelas, lihatlah contoh dibawah ini:
       a. Ayolah biasakan mengisi waktu luang dengan membaca!
       b. Ikuti upacara senin pagi!

Kedua kalimat diatas sama-sama menggunakan tanda seru. Namun tentu saja kedua jenis kalimat diatas sangat berbeda dan memiliki fungsi atau tujuan yang tidak sama. Kalimat pada point A merupakan kalimat persuasi yang mengajak pembaca agar terbiasa memanfaatkan waktu luang dengan belajar atau membaca. Kalimat pada point A ini tidak mengharuskan pembaca untuk melakukan apa yang disampaikan. Berbeda dengan kalimat pada point B yang merupakan contoh dari kalimat perintah agar siswa rutin mengikuti upacara. Kalimat pada point B ini juga mengharuskan pembaca untuk melakukan apa yang disampaikan. 


20 contoh kalimat persuasi dalam bahasa Indonesia 

1. Ayo biasakanlah hidup sehat!
2. Marilah kija jaga kebersihan bersama untuk kesehatan bersama!
3. Mari manfaatkan setiap detik waktu kita dengan hal-hal yang membuat masa depan kita hebat!
4. Ayolah bersama-sama membangun negeri ini untuk masa depan bangsa!
5. Marilah kita laksanakan setiap perintah dari Tuhan Yang Maha Melihat!
6. Marilah persiapkan diri menjadi siswa yang berguna bagi keluarga, agama, bangsa dan negara!
7. Marilah memulai merubah pola hidup sehat dari sekarang!
8. Ayolah ikuti ekstrakulikuler disekolah untuk mengembangkan minatmu!
9. Ayo kita bersama-sama  membangun sekolah yang dibanggakan negara!
10. Marilah bersama-sama menciptakan warga yang rukun antar sesama!
11. Mari biasakan olah raga setiap hari!
12. Mari biasakan minum air mineral 8 gelas per hari!
13. Ayo banggakan keluarga dengan menjadi siswa berprestasi.
14. Ayo biasakan rajin membaca mulai dari sekarang!
15. Marilah membiasakan hidup tertib dan mengikuti aturan!
16. Marilah biasakan diri yang disiplin!
17. Ayolah memulai kebiasakan tepat waktu dalam kegiatan apapun!
18. Mari gunakan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal dikemudian hari!
19. Ayolah jangan menyerah dengan keberhasilan yang tertunda.
20. Marilah menjadi anak yang berbakti pada orang tua!

Demikianlah penjelasan sederhana tentang pengertian dan contoh kalimat persuasi dalam bahasa Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian dalam mempelajari macam-macam kalimat, khususnya kalimat persuasi. Terimakasih.
20 Contoh Kalimat Persuasi berserta Penjelasan Lengkap | ikhwan mukhlisi | 5