Contoh Cerpen tentang Sumpah Pemuda Terbaik

Contoh Cerpen Tentang Sumpah Pemuda -- Cerpen adalah cerita pendek (KBBI,2005:211). Cerpen merupakan karangan yang dituliskan menulis yang terinspirasi dari diri sendiri maupun pengalaman teman yang berada disekitar penulis. Sebuah cerpen dapat dikatakan baik apabila pembaca dapat terbawa suasana cerita yang ada di dalam sebuah cerpen. Suasana yang dapat dirasakan dari sebuah cerpen adalah perasaan senang, sedih maupun penasaran tentang jalan cerita yang dirasakan kurang memuaskan bagi pembaca. Awal mula diadakannya penulisan sebuah cerpen bermula dari cerita yang diungkapkan secara lisan yang kemudian dijadikan sebuah tulisan yang dapat mudah diingat oleh pembaca. Cerpen berbeda dengan Novel. Cerpen cerita singkat yang dituliskan oleh penulis sedangkan Novel adalah cerita yang diceritakan dalam bentuk tulisan tetapi secara rinci.

Untuk menghasilkan sebuah cerpen yang baik dan mudah dimengerti sebuah cerpen memiliki Ciri-ciri. Ciri-ciri dalam cerpen yaitu ceritanya lebih singkat dibandingkan novel, cerita yang dibuat fiktif, dan cerita yang digambarkan lebih singkat untuk dibaca. Hal tersebutlah yang membuat Cerpen memiliki daya tarik tersendiri. Diantaranya lebih mudah untuk dibaca karena diceritakan secara singkat. Cerpen juga dapat menjadi penghibur oleh pembaca karena dapat menarik hati pembaca karena ceritanya yang kebanyakan menarik. Biasanya cerpen sangat digemari oleh kaum remaja. Hal itu dikarenakan cerita cerpen yang kebanyakan bertemakan cinta dan persahabatan. Nah kali ini saya akan memberikan contoh cerpen tentang sumpah pemuda, yuk disimak bersama.


Contoh Cerpen Tentang Sumpah Pemuda 

Hari Sumpah Pemuda

Setiap tanggal 28 oktober selalu di peringati sebagai hari sumpah pemuda. Bahkan banyak dari sekolah yang memperingati dengan cara mengadakan lomba untuk turut serta memperingatinya. Di salah satu sekolah yang cukup terkenal di kota Bandar lampung sebentar lagi akan memperingati hari sumpah pemuda deengan cara mengadakan lomba. Bukan hanya saat diadakannya hari Sumpah Pemuda bahkan setiap peringatan hari penting juga selalu diadakan lomba. Saat berlangsungnya acara teersebut mereka dibina oleh para guru yang cukup berpengalaman dibidangnya seperti Pak Rinti dan Bu Sinta. Untuk memperingati perjuangan para pahlawan mereka selalu bersemangat untuk menunggu lomba yang akan mereka laksanakan. Dengan diadakannya acara seperti di atas semua itu bertujuan agar dapat merasakan perjuangan yang dialami oleh para pahlawan yang telah gugur.

Setiap harinya sebelum acara lomba setiap kelas mempersiapkan agar dapat tampil baik didepan kelas yang lainnya. Semuanya sibuk dengan tugas mereka masing-masing, ada yang membaca koran, ada juga yang membaca makalah. Hal seperti itu di lakukan untuk memperoleh informasi tentang berita terbaru yang sedang marak dipasaran. Sebagian dari mereka yang tidak memiliki tugas untuk acara lomba ditugaskan untuk membersihkan kelas serta menjadi pendukung kelas mereka saat tampil. Sebaik mungkin wali kelas dan murid-muridnya membuat persiapan yang sangat baik agar dapat membawa kelas mereka menjadi juara nantinya. 

Setelah selesai mempersiapkan apa yang mereka butuhkan setiap kelas menunggu giliran mereka untuk tampil menunjukkan kebolehan yang mereka miliki. Terlihat keramaian di tengah-tengah lapangan hal itu disebabkan antusias siswa memeriahkan acara yang dilaksanakan untuk memeriahkan lomba untuk hari sumpah pemuda. Sebelum dimulainya lomba dibuka dengan pembukaan upacara bendera. Upacara itu diikuti oleh semua guru dan siswa. Upacara itu diikuti dengan baik oleh warrga sekolah. Setelah melaksanakan upacara bendera barulah dimulai lomba yang diikuti oleh kelas 1, 2 & 3 yaitu lomba pembacaan teks sumpah pemuda. Lomba itu dinilai oleh 3 juri yang bertugas untuk menilai kelas manalah yang lebihbaik dalam pembacaan teks sumpah pemuda. Setelah  itu, barulah diadakan lomba debat pengetahuan yang diikuti oleh 3 orang dari setiap kelasnya. Seusai semua kelas mendapatkan giliran untuk menunjukkan kemampuannya,semua juri berembuk untuk menentukan kelas manalah yang lebih baik. Pembagiaan hadiah dilakukan setelah penjurian selesai. Dan hanya kelas yang memiliki nilai terbaiklah yang akan memperoleh apresiasi dari lomba itu yaitu hadiah yang ditujukan untuk kelas mereka. 

Demikianlah artikel yang dapat penulis sampaikan semoga artikel ini dapat membantu pembaca untuk menambah wawasan maupun membantu pembaca untuk mengerjakan tugas. Artikel mengenai contoh cerpen tentang sumpah pemuda bertujuan untuk membantu pembaca agar mengetahui dengan baik mengenai cerpen. Terimakasih atas waktu yang dapat diberikan oleh pembaca untuk membaca artikel ini semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa kunjungi blog saya di bahasaindonesiaku.net ya. 
Contoh Cerpen tentang Sumpah Pemuda Terbaik | ikhwan mukhlisi | 5