Contoh Esai tentang Kepemimpinan Terbaru

Bahasa Indonesiaku - Contoh Esai Tentang Kepemimpinan – Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang pribadi penulisnya. Tujuan membuat esai adalah untuk tujuan akademik, seminar, atau sebagai bahan bacaan untuk menambah wawasan pembaca. Ada beberapa tahapan dalam membuat esai, yaitu memilih topik, mencari sumber acuan topik esai, dan bila perlu lakukan penelusuran. Ciri-ciri esai mengupas sebuah permasalahan, berdasarkan sudut pandang penulis, terdapat saran dari penulis. Tujuan menulis esai adalah untuk akademik, pemaparan dalam seminar, diterbitkan di media massa, dan untuk pengetahuan umum pembaca.
Perhatikan Contoh Esai Tentang Kepemimpinan berikut ini untuk memperjelas pengetahuan kalian tentang karangan esai. 

Contoh Esai Tentang Kepemimpinan

Kepemimpinan 

Dalam sebuah organisasi pastilah kita selalu menemukan seorang pemimpin. Terlepas dari perasaan senang atau tidak senang, kita tetap harus menghargai siapapun yang menjadi pemimpin kita. Tak jarang, orang terpaksa menerima keputusan yang tidak mereka inginkan hanya karena itu keputusan seorang pemimpin. Tak jarang pula, ada pemimpin yang memang ingin menang sendiri dan lebih cenderung memntingkan kepentingan dan kemauanya sendiri. Sebenarnya, bagaimanakah seharusnya menjadi seorang pemimpin yang baik agar disukai banyak masyarakat atau bawahan? 

Sikap kepemimpinan adalah sikap yang paling penting yang diperlukan untuk memimpin sebuah perkumpulan, kelompok, lembaga, maupun pemerintahan. Banyak hal yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin untuk dapat layak disebut pemimpin yang bijak. Menjadi seorang pemimpin harusnya memiliki tekat dan keberanian yang kuat. Tujuannya jelas agar tidak mudah goyah dan terombang ambing keputusannya. Selain itu, seorang pemimpin juga harus memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap jabatannya. Tanggung jawab itu tidak hanya kepada masyarakat yang telah memilihnya, anggotanya, melainkan juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tidak hanya itu, pemimpin juga harus pandai dalam berinteraksi atau bersosiliasi dengan seluruh kalangan masyarakat. Pemimpin juga harus bisa dan mau menerima kritikan yang ditujukan kepada atas dasar kinerjanya. Seorang pemimpin harus bisa mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi. 

Pemimpin dengan sikap yang demikianlah yang lebih diharapkan oleh masyarakat. Pemimpin harus bisa memilah antara kepentingan dan kebutuhan baik pribadi maupun bersama. Keputusan yang dibuat pun harusnya atas dasar kebutuhan bersama bukan hanya kepentingan salah satu pihak yang ikut membuat keputusan itu. Contoh keputusan pemimpin yang berdasarkan keinginan dan kepentingan pribadi adalah kepemilikan mobil mewah untuk para pemimpin. Jelas saja itu keinginan yang mendasarinya. Jika, seorang pemimpin membuat keputusan berdasarkan kebutuhan, pemimpin hanya akan meminta mobil biasa yang layak pakai. Contoh keinginan yang menjadi dasar pembuatan keputusan adalah tinggal dirumah dinas mewah. Jika hanya berdasarkan kebutuhan, rumah sederhana pun akan cukup untuk ditempati. Pemimpin yang lebih banyak memikirkan keinginannya dari pada kebutuhan masyarakatnya akan cenderung melakukan hal-hal yang merugikan banyak kalangan. Contoh nyata yang sering kita tahu adalah korupsi. Korupsi adalah tindakan yang sangat merugikan bagi semuanya. Tindakan yang berdasarkan atas keinginan pribadi atau bahkan kebutuhan pribadi. Kita bisa perhatikan di sekitar kita, hampir sebagian besar pemimpin yang melakukan tindakan tidak patut untuk dicontoh seperti korupsi. Hukuman untuk para koruptor yang tidak setimpal terkadang tidak membuat pelakunya jera. 

Seharusnya, jika sejak awal seorang pemimpin itu sudah memiliki tanda-tanda keegoisan atau lebih mementingkan keinginan pribadi dibandingkan dengan kebutuhan bersama segera lakukan tindakan tegas. Memberikan hukuman yang membuat jera pelaku korupsi. Serta, adanya pelatihan-pelatihan kepemimpinan mulai dari jenjang sekolah menengah pertama hingga perkuliahan. Dengan demikian akan dapat membantu negara dalam menciptakan bibit-bibit ungul sebagai pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan.

Jika saja pemimpin mau bersikap lebih adil dan mementingkan kepentingan bersama, lebih mengutamakan kebutuhan bersama, dan menyadari bahwa semua orang memiliki kepentingan yang sama, maka kondisi suatu lembaga atau pemerintahan akan menjadi lebih baik. Tidak akan adanya kesenjangan sosial dan juga krisis berkepanjangan yang pastinya merugikan semua lapiran masyarakat.


Demikian penjelasan dan pemaparan tentang Contoh Esai Tentang Kepemimpinan, diharapkan dapat membantu kalian. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasaindonesiku.net ya. Ada banyak sekali artikel yang membahas tentang materi pelajaran bahasa Indonesia dengan penjelasan yang sangat mudah dimengerti dan disertai dengan banyak contohnya. Terima kasih 
Contoh Esai tentang Kepemimpinan Terbaru | ikhwan mukhlisi | 5